KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
Rahmita iwan, Novianty Djafri
Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Gorontalo
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu komunikasi yang ada di sebuah organisasi. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualiatif dengan menggunakan pendekatan berbasis kepustakaan yakni mencari referensi melalui artikel yang di pandang relevan dan representatif Komunikasi di dalam organisasi memanglah sangat di pentingkan, bahkan komunikasi dalam organisasi menjadi suatu ttitk pusat untuk menciptakan situasi dan lingkungan yang tenang. Komunikasi juga terjadi ketika seseorang menyapaikan pesan atau informasi kepada orang lain.
Untuk menjalin komuniksi yang berkesinambungan, mampu meningkatkan kepercayaan publik serta mampu meningkatkan citra yang baik terhadap perusahaan atau organisasi. Hal ini juga dapat membantu mengembangkan serta mampu mempromosikan suatu produk atau jasa. Oleh karena itu komunikasi dalam suatu organisasi harus mampu di pahami dengan sebaik mungkin. Dan juga mampu mengaplikasikan serta dikembangkan oleh siapapun baik perorang, masyarakat dan organisasi. biasanya masalah komunikasi di dalam organisasi sering terjadi pada karyawan atau orang-orang yang bersangkutan dalam perusahaan tersebut.
Kata Kunci: Komunikasi, Organisasi
Pendahuluan
Sekelompok manusia atau biasa di kenal dengan organiasi yaitu sekumpulan orang yang mempunyai tujuan yang sama, interaksi antar setiap individu dalam organisasi maka akan memunculkan harapa-harapan. Di dalam organisasi sudah tentu mempunyai seorang pemimpin dan karyawannya. Serta sema orang yang sudah telibat dalam organisasi tentunya memiliki komunikasi yang baik. Tidak ada organiasi yang tidak memliki komunikas, komunikasi di ibaratkan sebagi hubungan antar individu atau sesuatu yang dapat membangkitkan kinerja di suatu perusahaan. Suatu efektivitas organisasi tergantung pada evektifitasnya komunikasi, di karena komunikasi mampu menghasilkan suatu pendapat atau masukan pada perkembangan suatu organisasi maupun pada lingkungannya. Dengan adanya kamunikasi kita juga dapat memberikan tanggapan atau sebuah sanggahan pada suatu masalah yang ada dalam organisasi
Metode Penelitian
Metode yang digunakan pada artikel ini ialah Kajian Pustaka. Pencarian berbasis data elektronik dalam pemilihan artikel peneliti menggunakan pendekatan tema dan analisis pada jurnal.
Hasil Dan Pembahasan
Komunikas dalam organisasi yaitu sebuah interaksi yang di lakukan antar sesama orang atau per kelompok untuk saling berukar pendapat baik dalam perusahaan, organisasi maupun masyrakata.
Di dalam komunikasi antar guru dan sisiwa menggunakan komunikasi yang bersifat verbal, maka dengan harus menggunakan tutur kata yang baik serta harus mempunyai sopan dan santun juga memiliki sikap yang keterbukaan antara siswa dan guru, dan komunikasi yang seperti ini mampu meminimalisir kesenjangan antar guru dan siswa, dan adanya komunikasi mampu meningkatkan rasa ingin siswa terhadap apa yang sedang di sampaikan oleh guru. Adapun komunikasi antar sesama karyawan mampu meningkatkan tujuan dari perusahaan yang muncul dari beberapa pendapat yang di berikan oleh karyawan.
Komunikasi pada suatu perusahaan juga mampu memperkuat hubungan antar sesama karyawan. Dalam komunikasi selain ada yang secara lisan juga mempunyai komunikasi secara tertulis seperti ketika seseorang menyampaikan informasi atau pesan melalui email atau media sosial lainnya. Hal tersebut mampu membangun komunikasi yang baik walaupun sedang berjauhan. Dengan adanya komunikasi tertulis juga mampu membuat siswa menjadi lebih mengerti apa yang sedang di sampaikan oleh gurunya melalui tulisan.
Komunikasi mampu memengaruhi suatu organisasi di karenakan suatu tim atau kerja sama yang baik hingga mampu mencapai suatu tujuan yang di harapkan itu semua di karenakan adanya komunikasi yang baik antar sesama. Komunikasi yang di lakukan antar individu dan sekelompok organisasi mampu menciptakan harapan. Dan dari harapan tersebut mampu membangunkan suatu ide yang bisa menciptakan tujuan yang di harapkan.jika kita bekerja di suatu perusahaan maka kita mampu menjaga komunikasi dengan baik bersama rekan kerja kita. Agar apa yang akan kita lakukan nanti tidak terasa begitu sulit. komunikasi yang baik maka akan menimbulkan harapan serta ide yang mampu membantu untuk mengembangkan suatu perusahaan. Begitu juga jika kita menjadi seorang guru maka kita harus mampu menjaga komunikasi serta perilaku yang baik kepada murid kita. Agar apa yang kita perbuat terhadap siswa kita mampu di ikuti dan di kembangkan dengan sebaik mungkin.
Menjadi seorang guru tidaklah mudah karena komunikasi yang kita perbuat itu akan di tiru oleh siswa kita sendiri. Kominakasi bukanlah hanya tentang hubungan siswa dan guru, karyawan dan atasan. Tetapi komunikasi juga mampu meningkatkan budaya pada daerah kita sendiri yaitu dengan cara kita mengenalkan budaya yang ada di daerah kita pada orang luar melalui komunikasi tulisan maupun secara menyampaikan langsung.
Daftar Pustaka
Dalimunthe, M. H., Fachrina, R., & Suhairi, S. (2021). Dampak Komunikasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Da'watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 1(1), 36--55. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v1i1.479
Julianto, B., & Agnanditiya Carnarez, T. Y. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Organisasi Professional: Kepemimpinan, Komunikasi Efektif, Kinerja, Dan Efektivitas Organisasi (Suatu Kajian Studi Literature Review Ilmu Manajemen Terapan). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 676--691. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.592
Luthfi, M. (2017). Peran Komunikasi dalam Organisasi Perusahaan. Jurnal Warta, 54(9), 1689--1699.
Puspitasari, D., & Putra Danaya, B. (2022). Pentingnya Peranan Komunikasi Dalam Organisasi: Lisan, Non Verbal, Dan Tertulis (Literature Review Manajemen). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(3), 257--268. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i3.817
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H