KEBUDAYAAN DI LINGKUNGAN KELUARGA
Rahmita Iwan¹, Novianty Djafri²
Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Gorontalo
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana kebudayaan dalam lingkungan keluarga, Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualiatif dengan menggunakan pendekatan berbasis kepustakaan yakni mencari referensi melalui artikel yang di pandang relevan dan representatif. Â dengan adanya perkembangan kebudayaan tersebut mampu membentuk suatu karakter yang ada dalam suatu keluarga baik anak maupun orang tua. Dan negara indonesia juga merupakan salah satu negara yang terkenal akan budaya yang kuat.
Dalam kebudayaan yang mampu membentu karakter seseorang juga bisa melalui pendidikan yaitu di sekolah dan budaya tersebut bisa di ajarkan pada anak sejak dini. Makna dari Kebudayaan yang di ajarkan oleh orang tua di rumah pada anak-anaknya yaitu yang akan di tanamkan dan di lakukan sehari-hari. Adapun kebudayaan yang di gunakan untuk pembentukan perilaku keagamaan yaitu seperti saling menghargai budaya orang lain, menghormati yang lebih tua dari kita. Dan kebudayaan juga hendaknya mengembangkan budaya literasi pada anak sejak dini. Keaktifan orang tua sangatlah berperan dalam upaya mengembangkan literasi budaya membaca anak dan juga membentuk karakter kebudyaan pada keluarga.
Kata Kunci: Kebudayaan, Keluarga.
Pendahuluan
Setiap orang punya cara masing-masing untuk mengembangkan budayanya sendiri, termasuk orang tua yang mendidik anaknya hal ini sangat berpengaruh pada perkembangan anak dalam keluarga. Kebudayaan juga berkaitan dengan keagamaan seseorang yaitu seperti menghargai agama orang lain. Agama adalah suatu tingkah laku manusia dalam kehidupan sehari-hari dalam membentuk akal yang baik nantinya juga akan terbawa pada perilaku sehari-hari. Kebuayaan dalam lingkungan keluarga juga berkaitan dengan budaya literasi, hal ini bukan hanya di lakukan di sekolah tetapi juga di lakukan di rumah berbagai informasi yang di dapatkan dari kebudayaan luar juga melalui mendengan, dan mengalami peristiwa serta banya membaca beberapa informasi yang ada di sosial media. Kegiatan membaca dan mendongeng ataupun bercerita tentang kebudayaan kita pada orang lain juga merupakan bagian dari kebudayaan yang ada dalam keluarga atau ligkungan.
Metode Penelitian
Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualiatif dengan menggunakan pendekatan berbasis kepustakaan yakni mencari referensi melalui artikel yang di pandang relevan dan representatif.
Hasil Dan Pembahasan
Kebudayan dalam lingkungan keluarga yang di maksud yaitu dimana kedua orang tua mengajarkan anak-anaknya tentang budaya, melalui hal-hal kecil yaitu saling menghargai budaya orang lain juga menghargai agama yang berbeda dari kita sendiri. Budaya di indonesia memang sangatlah menonjol serta memiliki berbagai macam budaya yang berbeda-beda. Kebudayaan juga bukan hanya di rumah melainkan ada juga di sekolah yaitu mengenai tentang perilaku kebudayaan seorang siswa yang di ajarkan oleh gurunya sendiri, yaitu menghormati orang lebih tua juga menghormati kebudayaan teman-temannya. Kebudayaan yang di sekolah itu seperti anak di budayakan untuk menggunakan bahasa gorontalo setiap hari jumat. Peran guru memang sangat berpengaruh pada kebudayaan siswa di sekolah, karena setiap kebudayaan yang di ajarkan akan di lakukan atau di terapkan pada kehidupan sehari-hari. Dalam usaha mempertahankan budaya di perlukan peran yang baik dari orang tua, guru, maupun dari pemerintah yang merupakan orang tua ke dua dari siswa tersebut. Setiap daerah memiliki kebudayaan sendri oleh karena itu kita harus menjaga dan mengembangkan lagi budaya yang sudah kita punya sejak xaman dahulu. Upaya untuk melestarikan budaya yang ada di indonesia di butuhkan penurus generasi yang nanttinya akan melanjutkan perjuangan generasi saat ini dalam memperjuangkan budaya indonesia hingga keluar negri. Hal ini juga di butuhkan dorongan dari orang tua yang sudah mengenali terlebih dahulu tentang kebudayaan yang ada di daerah mereka sendiri.
Daftar Pustaka
Irhandayaningsih, A. (2019). Menanamkan Budaya Membaca pada Anak Usia Dini. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 3(2), 109--118. https://doi.org/10.14710/anuva.3.2.109-118
Nurhayati, R. (2019). Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini dalam Keluarga. Jurnal Pembangunan Masyarakat, 4(1), 79--88.
Sumarto, S. (2020). Pembentukan Perilaku Keagamaan melalui Budaya di Lingkungan Keluarga. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak, 2(1), 92. https://doi.org/10.29300/hawapsga.v2i1.2938
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H