riset keyword (kata kunci) merupakan bagian penting dari pekerjaan SEO (Search Engine Optimization). Riset keyword adalah proses mencari dan menganalisis kata atau frasa yang digunakan oleh pengguna mesin pencarian seperti Google.
MelakukanPada umumnya, pengguna mencari keyword tertentu karena ingin menemukan informasi, produk, atau layanan yang mereka butuhkan. Sebagai spesialis SEO, tujuan kita melakukan riset keyword adalah untuk menilai keyword mana yang relevan dan berpotensi mendatangkan traffic ke website kita.Â
Dengan melakukan riset keyword, kita juga bisa mendapatkan ide-ide untuk konten baru yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya. Sehingga website kita bisa terus menyediakan konten yang update dan dibutuhkan oleh pengguna.Â
Berikut ini panduan mudah untuk memahami proses riset keyword:
Menentukan Topik
Sebelum melakukan riset keyword, kita harus menentukan terlebih dahulu topik/tema besar yang relevan dengan bisnis atau website kita. Tema besar ini akan menjadi panduan pembuatan konten di halaman web kita.
Contoh: Website kita utamanya ditunjukkan untuk menjual produk pakaian wanita.Â
Maka topik atau tema besar yang yang bisa dipilih untuk pembuatan konten adalah seputar fashion wanita.
Buat List Seed keywords
Seed keywords adalah sekumpulan keyword yang berkaitan dengan tema yang kita pilih dan memiliki cakupan yang luas.
Contoh: Untuk tema fashion maka seed keywordnya bisa seperti berikut ini.
Tren fashion | Gaya fashion | Fashion wanita | Outfit of the day (OOTD) | Aksesori fashion | Tren warna pakaian | Tips berpakaian
Seed keywords ini dapat digunakan sebagai dasar untuk menemukan keyword yang lebih spesifik dan terkait dengan tema website kita.Â