marketing, pasti sering berpapasan dengan istilah SEO (Search Engine Optimization). Lalu apa sih sebenarnya SEO itu? Singkatnya, SEO adalah proses untuk mengoptimalkan konten-konten yang ada di website kita sehingga bisa muncul di urutan teratas hasil mesin pencarian (search engine) seperti Google, Bing, Yahoo, dll.
Kalau kamu baru terjun atau tertarik di dunia digitalSEO saat ini menjadi perhatian hampir semua bisnis baik yang menyediakan layanan digital maupun non-digital. Mulai dari bisnis E-commerce, penyedia jasa, content creator, blogger, agensi real estate, RnB, institusi pendidikan, layanan keuangan, perusahaan teknologi, dan masih banyak lagi. Makanya tidak heran demand untuk spesialis SEO sangat besar dan akan terus bertambah seiring berkembangnya informasi yang ada.
Kalau kamu tertarik untuk mendalami dunia SEO. Berikut beberapa istilah penting beserta contohnya yang akan membantu kamu memahami SEO.
Website
Kumpulan halaman web yang saling terhubung dan dapat diakses melalui internet menggunakan satu nama domain.
Contoh: "www.cnn.com" merupakan sebuah portal berita yang memiliki berbagai halaman artikel berita, opini, dan video.
Webpage (Halaman web)
Halaman tunggal di dalam sebuah website yang dapat menampilkan teks, gambar, video, dan konten lainnya.
Contoh: "www.cnn.com/tech" adalah halaman web di situs CNN yang khusus membahas berita-berita seputar teknologi.
Kata Kunci (Keywords)
Kata atau frasa tertentu yang digunakan orang dalam mesin pencari untuk menemukan informasi yang mereka cari. Salah satu aspek penting dalam pekerjaan SEO adalah menyesuaikan konten dalam halaman web dengan kata kunci tertentu. Sehingga ketika pengguna mesin pencari memasukkan kata kunci tersebut, halaman web kita akan muncul di peringkat awal sehingga bisa meningkatkan traffic ke website kita.
Contoh: Pada blog www.healthline.com, kata kunci seperti "manfaat kopi untuk kesehatan" atau "cara mengatasi stres" digunakan untuk menarik pembaca yang mencari informasi kesehatan.
Traffic
Jumlah pengunjung yang mengakses sebuah website dalam periode waktu tertentu.
Contoh: Sebuah website dikunjungi 1.000 orang dalam sehari, berarti traffic harian website tersebut adalah 1.000.
Search Intent
Tujuan atau niat di balik pencarian yang dilakukan pengguna di mesin pencari.
Contoh: Jika seseorang mencari "cara membuat kue coklat", search intent-nya adalah untuk menemukan resep atau panduan pembuatan kue coklat. Contoh lainnya seseorang mengetik "Sepatu lari murah" di mesin pencarian, kemungkinan besar search intent-nya adalah untuk membeli atau mencari rekomendasi sepatu lari dengan harga terjangkau.
Ranking
Posisi sebuah website atau halaman web dalam hasil pencarian mesin pencari. Inti pekerjaan SEO adalah untuk meningkatkan peringkat website sehingga bisa muncul di bagian teratas SERP.
Contoh: Jika halaman web kamu muncul di posisi pertama dalam hasil pencarian Google, berarti halaman web tersebut berada di ranking nomor satu untuk kata kunci tersebut.
SERP (Search Engine Results Page)
Halaman yang ditampilkan oleh mesin pencari setelah pengguna memasukkan kata kunci pencarian, berisi daftar hasil pencarian yang relevan.
Contoh: Ketika Anda mencari "restoran dekat sini" di Google, halaman yang menunjukkan daftar restoran adalah SERP.
Domain Rating
Skor yang diberikan untuk mengukur kekuatan dan otoritas keseluruhan sebuah domain, biasanya dari 0 hingga 100. Domain rating ini sangat berpengaruh terhadap ranking di SERP yang bisa diraih sebuah website.
Contoh: Website besar seperti "www.wikipedia.org" mungkin memiliki domain rating tinggi sekitar 90, menunjukkan otoritas yang kuat di internet.
Jadi itulah pengertian mengenai SEO dan beberapa istilah penting di dalamnya. Semoga artikel ini bermanfaat dalam meningkatkan pemahamanmu mengenai SEO.
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H