Mohon tunggu...
Rahmawati
Rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Mahasiswi Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS UPI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kampus Mengajar Perintis: Solusi Konkret Kemdikbud RI dalam Atasi Pendidikan Saat Pandemi Covid-19 di SDN Cidokom 03

6 Oktober 2021   00:35 Diperbarui: 6 Oktober 2021   00:38 335
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI) menghadirkan program Kampus Mengajar Perintis (KMP) untuk pertama kalinya. Program KMP merupakan bagian dari kebijakan Merdeka-Belajar Kampus-Merdeka (MBKM). 

Program KMP adalah solusi konkret yang digagas oleh Kemdikbud RI untuk membantu sekolah yang terdampak pandemi Covid-19. Sekolah yang disasar dalam program KMP adalah sekolah yang terakreditasi C, B, atau sekolah yang dianggap perlu dibantu dalam proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Sebanyak 2.500 mahasiswa dilibatkan dalam program KMP untuk membantu dan/atau mendampingi sekolah selama proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Dari 2.500 mahasiswa yang terlibat, ada dua orang mahasiwa Universitas Pendidikan Indonesia yang terpilih dalam program KMP, yaitu Rahmawati dan Anggi Dwi Cantika. 

Keduanya merupakan mahasisiwi Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS UPI. Rahmawati dan Anggi Dwi Cantika terpilih untuk membantu SDN Cidokom 03 yang terletak di Kampung Jengkol, Desa Mekarjaya, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, 16350. 

Sejauh ini, SDN Cidokom 03 masih terakreditasi B. Mahasiswa yang terpilih untuk terjun ke sekolah, diharapkan dapat membantu sekolah, baik dalam administrasi, adaptasi teknologi, dan/atau mendampingi guru di kelas. Titik tekan dalam KMP ini adalah mahasiswa mampu membantu guru dan sekolah sesuai dengan kebutuhan yang ada di sekolah.

Program KMP merupakan program yang memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Hadirnya program KMP diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengasah kemampuan interpersonal, serta memberikan pengalaman mengajar. 

Selain bermanfaat bagi mahasiswa, program KMP ini diharapkan dapat membantu guru dan sekolah dalam memecahkan permasalahan selama PJJ berlangsung. Dalam waktu sepuluh pekan yang dimulai pada tanggal 12 Okrober 2020 s.d. 18 Desember 2020 diharapkan mahasiswa dapat membantu pembelajaran yang lebih efektif, meningkatkan literasi, melakukan sosialisasi pentingnya protokol kesehatan kepada masyarakat sekitar.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Program KMP merupakan program yang sistematis dan terencana. Sebelum terjun ke sekolah, setiap mahasiswa diwajibkan mengikuti pembekalan. Kegiatan pembekalan ini dibuka secara langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A.. 

Pembekalan ini dilaksanakan selama tujuh hari yang memberikan bekal materi seputar, 1) peran mahasiswa dalam PJJ; 2) strategi belajar Luring dan Daring; 3) konsep pembelajaran literasi dan numerasi; 4) kegiatan literasi dan numerasi berimbang; 5) memahami kemampuan murid dengan menggunakan asesmen diagnostik; 6) adaptasi sosial dan komunikasi dalam sektor pendidikan; 7) mentoring dan evaluasi Kampus Mengajar Perintis dalam portal MBKM untuk mahasiswa; dan 8) keilmuan dasar Covid-19 oleh Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia. Dengan begitu, mahasiswa memiliki bekal yang cukup ketika terjun ke sekolah.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Pihak Kemdikbud RI mengarahkan setiap mahasiswa untuk mengunjungi Dinas Pendidikan setempat untuk meminta izin dan bersilaturahmi. Selepas dari Dinas Pendidikan, setiap mahasiswa langsung menuju sekolah dasar untuk mulai melaksanakan program KMP. 

Selama terjun membantu di SDN Cidokom 03, saya menemukan cukup banyak problematika, seperti sulitnya akses internet, belum banyak siswa yang memiliki gawai, dan siswa yang sulit dalam membeli kuota internet. 

Tiga problematika itu merupakan faktor terbesar yang menghambat proses pembelajaran. Melihat problematika tersebut, Kepala Sekolah SDN Cidokom 03 menentukan strategi agar pembelajaran tetap efektif dan mengedepankan keselamatan. 

Strategi yang dibuat adalah dengan melakukan sistem pembelajaran Luring bergilir. Setiap kelas memiliki jadwal masuknya tersendiri, yaitu 2 hari belajar secara Luring dalam satu minggu. Dengan begitu, siswa tidak masuk di waktu yang sama guna menghindari kerumunan.

Selama program KMP berlangsung, banyak kegiatan yang dilakukan. Saya yang diamanahkan mendampingi guru kelas 3, lebih berfokus pada penguatan literasi dan numerasi, sebab ada 3 orang siswa di kelas 3 yang seluruhnya berjumlah 8 orang belum bisa membaca dan berhitung. Pembelajaran yang dilakukan lebih memperbanyak latihan membaca dan berhitung agar siswa dapat memahami materi-materi selajutnya. Hal itu dikarenakan, keterampilan membaca dan berhitung merupakan dasar yang harus dikuasai oleh siswa.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Selain berfokus pada penguatan literasi dan numerasi, saya pun menekankan pada praktik pembelajaran. Di masa Pandemi Covid-19, suasana belajar harus dibuat semenarik mungkin agar siswa tetap bersemangat untuk sekolah. Selain mengimbangi materi dan praktik, saya bersama Anggi Dwi Cantika pun berinisiatif untuk memberikan jam tambahan di luar jadwal yang telah diberikan. 

Pelajaran tambahan itu diisi dengan penanaman nilai-nilai karakter, seperti cinta kepada tanah air, rasa kepemilikan terhadap kearifan lokal melalui permainan tradisional dan lagu-lagu pupuh, dan lain-lain. Tentu, ide tersebut disambut baik oleh siswa dan sekolah.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Selama program KMP ini berlangsung, ada kemajuan berupa penambahan kuantitas siswa yang ikut serta dalam KBM. Biasanya siswa kelas 3 yang hadir berkisar 3-4 orang saja, tetapi selama kegiatan KMP berlangsung siswa yang ikut serta dalam KBM bertambah menjadi 8 orang atau seluruhnya hadir. 

Tentu penambahan kuantitas siswa dalam KBM menjadi salah satu pencapaian yang diharapkan oleh Kemdikbud RI. Kemdikbud RI menekankan bahwa menjaga motivasi siswa untuk terus giat belajar adalah kunci utama kesuksesan program KMP ini.

Dengan demikian, program KMP yang salah satunya berlangsung di SDN Cidokom 03 dapat membantu pembelajaran di masa pandemi Covid-19, seperti membuat minat literasi siswa meningkat, meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, dan mampu menanamkan nilai-nilai karakter kepada siswa.

Ditulis oleh Rahmawati.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun