Mohon tunggu...
RAHMATULJANNAH
RAHMATULJANNAH Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN SUSKA RIAU

Hobi membaca dan menari

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Memanfaatkan Teknologi Digital untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

10 Juni 2024   21:11 Diperbarui: 10 Juni 2024   21:11 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Memanfaatkan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Rahmatuljannah dan Vera Sardila

Pendidikan Bahasa Indonesia

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaru manfaat dari teknologi dalam kualitas pembelajaran. artikel ini menjelaskan bahwa teknologi sangat berpengaruh dalam kualitas pembelajaran yang dilakukan. Teknologi adalah suatu perkembangan dari media yang dapat digunakan untuk mempermudah dan mempersingkat waktu dalam permasalahan. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran meningkatkan kreativas bagi peserta didik maupun pendidik dalam proses pembelajaran. oleh karena itu, dalam proses kegiatan pembelajaran menggunan teknologi ini sangat membantu dalam kegiatan pembelaran iini.

Kata Kunci

Teknologi, Kualitas Pembelajaran

Pendahuluan

Di era globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, pemanfaatan teknologi digital telah menjadi salah satu aspek penting dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan. Transformasi digital tidak hanya mengubah cara kita berkomunikasi dan bekerja, tetapi juga memberikan dampak terhadap metode pembelajaran. Teknologi digital menawarkan berbagai alat dan platform yang dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif, personal, dan efektif.

Dalam konteks pendidikan, teknologi digital dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menyediakan akses ke berbagai sumber belajar yang lebih luas, memfasilitasi kolaborasi antara siswa dan guru, serta memungkinkan penerapan metode pembelajaran yang lebih inovatif. Penggunaan teknologi seperti e-learning, aplikasi pendidikan, dan alat kolaboratif online membuka peluang bagi siswa untuk belajar secara mandiri dan fleksibel, di mana saja dan kapan saja. Selain itu, teknologi juga dapat membantu guru dalam menyusun materi pelajaran yang lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan individual siswa, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar.

Meskipun, potensi teknologi digital dalam dunia pendidikan sangat besar, implementasinya tidak selalu berjalan mulus. Terdapat berbagai tantangan yang perlu dihadapi, seperti keterbatasan infrastruktur, kurangnya kompetensi digital di kalangan pendidik, serta resistensi terhadap perubahan metode pembelajaran tradisional.

Artikel ini akan membahas berbagai aspek pemanfaatan teknologi digital dalam pendidikan, termasuk keuntungan yang ditawarkan, tantangan yang dihadapi, serta strategi untuk mengatasi hambatan dalam implementasinya. Dengan memahami dinamika ini, diharapkan kita dapat mengoptimalkan peran teknologi digital dalam menciptakan sistem pendidikan yang lebih efektif dan adaptif di masa depan.

Pembahasan

Teknologi

Teknologi secara umum diartikan sebagai pengetahuan dan keterampilan dalam menciptakan alat, metode, dan sistem untuk menyelesaikan masalah dan memenuhi kebutuhan manusia. Teknologi berasal dari bahasa Yunani, yakni dari kata techne dan logos, techne yang berarti seni, kerajinan, atau keterampilan sedangkan  logos yang berarti ilmu atau studi. Jadi teknologi adalah sebuah ilmu pengetahuan yang membahas seni kerajinan atau keterampilan tertentu. Menurut Dayat Suryana (2012:26) dalam Sulastini (2021) "Teknologi merupakan perkembangan suatu media/alat yang dapat digunakan dengan lebih efisien guna memproses serta mengendalikan suatu masalah". Teknologi adalah suatu alat yang digunakan seseorang  yang bertujuan untuk mempermudah dan mempersingkat waktu seseorang melakukan aktivitas yang dilakukan.

Menurut Y.Maryono (2008:3) dalam Erwan (2023) "Teknologi yaitu usaha pengembangan dan penerapan berbagai peralatan atau sistem untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari." Teknologi yang digunakan suatu pembaruan dari yang digunakan sebelumnya yang digunakkan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian teknologi yang digunakan merupakan suatu pembaruan yang dibuat oleh manusia untuk mempermudah suatu masalah.Dengan berkembangnya teknologi, salah satu yang paling kita rasakan adanya internet. Internet ini membuat sumber informasi yang dulunya terbatas sekarang bisa diakses dengan mudah dan bisa dilakukan dimana saja asalkan terjangkau oleh jaringan terebut.

Internet merupakan salah satu media pendidikan yang sangat besar peranannya terhadap dunia pendidikan khususnya pada proses pembelajaran di sekolah. (Abd Muis et al., n.d., 2021). Pemenfaatan teknologi internet ini salah satunya adanya perpustakaan online. Dengan adanya perpustakaan online ini mempermudah seseorang menemukan sumber bacaan yang akan dicari. Perpustakaan ini salah satu sumber informasi atau referensi yang sangat penting, terutama bagi pelajar, mahasiswa, guru, dosen serta pihak pihak lain di dunia pendidikan maupun lainnya.

Adanya internet ini memungkinkan seseorang yang berada di Indonesia bisa mengakses perpustakaan yang ada di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri. Dengan ini membuat mahasiswa tertolong berkat adanya internet dalam pembuatan tugas, makalah, penelitian dan tugas akhir. Selain itu komunikasi dan kerjasama antar peserta didik dan pengajar yang lokasinya berjauhan dapat dilakukan dengan mudah, baik itu untuk tujuan melakukan pembelajaran dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan handphone ataupun laptop. Hal ini bsa dilakukan dengan adanya aplikasi seperti whatsapp, zoom meeting atau aplikasi lainnya yang menggunakan internet hingga melakukan pembelajaran secara daring.

Akan tetapi adanya internet ini memiliki dampak yang buruk bagi pelajar dan mahasiswa. Contoh dampak buruk dari internet ini kecanduan game online. Dengan pesatnya perkembangan teknogi maka perkembangan dari game ini semakin marak. Kecanduan ini menyebabkan para peserta didik maupun mahasiswa lalai akan kewajibannya untuk menuntut ilmu. Oleh karena itu, perlunya pengawasan dari orang tua serta lebih bijak dalam menggunakan internet .

Kualitas Pembelajaran

Pembelajaran adalah suatu proses yang untuk seseorang belajar dari yang tidak mengerti menjadi mengerti. Menurut Daryanto menyebutkan bahwa kualitas pembelajaran adalah suatu tingkatan pencapaian dari tujuan pembelajaran awal termasuk didalamnya adalah pembelajaran seni, dalam pencapaian tujuan tersebut berupa peningkatan pengetahuan, keterampilan dan pengembangan sikap peserta didik melalui proses pembelajaran dikelas (Prasetyo, 2013: 12). Meningkatkan kualitas pendidikan adalah sebuah investasi jangka panjang bagi masa depan bangsa. Dengan komitmen dan usaha bersama, kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mencapai kemajuan di berbagai bidang. Dapat disimpulkan kualitas pembelajaran dapat mengukur hasil sejauh mana tingkat yang dicapai oleh pembelajran itu sendiri.

Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Dalam dunia pendidikan, peran teknologi dibutuhkan di zaman sekarang. Dengan adanya teknologi mempermudah kegiatan dalam pembelajaran baik itu peseta didik maupun pendidik. Beberapa manfaat teknologi dalam menngkatkan kualitas pembelajaran:

  • Mendukung kegiatan pembelajaran

Teknologi dapat mendukung kegiatan pembelajaran, seperti adanya pembelajaran daring. Dengan adanya pembelajaran daring ini mempermudah kegiatan pembelajaran dan bisa melalui jarak jauh tidak harus tatap muka langsung. Teknologi digital membuka gerbang informasi dan sumber belajar yang tak terbatas. Melalui internet, peserta didik dapat mengakses berbagai referensi dan materi pembelajaran dari berbagai penjuru dunia. Hal ini memungkinkan siswa untuk memperoleh pengetahuan yang lebih mendalam dan luas, tidak hanya terpaku pada materi yang disampaikan di kelas.

  • Mempermudah mendapat informasi

Pada saat ini, teknologi berguna dalam mngakses informasi. Bagi peserta didik, mereka dapat mempermudah memperoleh pengetahuan yang terjadi saat ini. Teknologi digital memudahkan komunikasi dan kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua. Guru dapat menggunakan platform online untuk memberikan pengumuman, tugas, dan materi pembelajaran. Siswa dapat berdiskusi dan mengerjakan tugas secara online bersama dengan teman sekelasnya. Orang tua pun dapat memantau perkembangan belajar anak mereka dengan mudah melalui platform online.

  • Meningkatkan kualitas pendidikan

Teknologi digital menyediakan berbagai pilihan format pembelajaran yang dapat mengakomodasi berbagai gaya belajar siswa. Siswa yang lebih visual dapat belajar melalui video dan gambar, sedangkan siswa yang lebih auditori dapat belajar melalui podcast dan audiobook. Siswa yang kinestetik dapat belajar melalui simulasi dan praktikum virtual.

Beberapa penerapan teknologi dalam kegiatan pembelajara. Pembelajaran daring (online learning): Guru dan siswa dapat melakukan pembelajaran secara online melalui platform seperti Zoom, Google Meet, atau Schoology. Dengan ini guru dan siswa bisa melakukan proses pembelajaran tanpa tatap muka langsung. Ada juga pembelajaran daring (online learning): Guru dan siswa dapat melakukan pembelajaran secara online melalui platform seperti Zoom, Google Meet, atau Schoology.

Meskipun teknologi digital menawarkan banyak manfaat untuk pembelajaran, namun terdapat pula beberapa tantangan yang perlu dihadapi. Tantangan dari adanya penerapan teknologi dilakukan pada dunia pendidikan. Adanya kesenjangan akses, tidak semua siswa memiliki akses yang sama terhadap teknologi digital. Hal ini dapat menyebabkan kesenjangan dalam pembelajaran. Keterampilan digital, guru dan siswa perlu memiliki keterampilan digital yang memadai untuk menggunakan teknologi digital secara efektif dalam pembelajaran. Ketika seseorang tidak mempunyai keahlian maka akan sulit menggunakannya dan membuat seseorang akan malas untuk mmenggunakannya lagi.

Beberapa solusi untuk mengatasi tantangan-tantangan ini. Pemerintah perlu menyediakan infrastruktur dan akses teknologi digital yang merata bagi semua siswa.Guru perlu diberikan pelatihan dan pengembangan profesional untuk meningkatkan keterampilan digital mereka. Sekolah perlu menerapkan kebijakan yang mengatur penggunaan teknologi digital di lingkungan sekolah. Orang tua perlu mendampingi dan membimbing anak-anak mereka dalam menggunakan teknologi digital secara bertanggung jawab.

Penutup

Berkembangnya teknologi digital memberikan beberapa manfaatdalam pembelajaran. Manfaat ini mendukung kegiatan pembelajaran dapat mempermudah akses informasi, dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Pada masa sekarang ini penggunaan teknologi ini menjadi perhatian karena dibutuhkan oleh peserta didik dan pengajar. Pembelajaran sekarang lebih mengacu pada perkembangan teknologi dan perkembangan teknologi ini telah mampu berperan malam mendukung pembelajaran saat ini.

Teknologi ini jika digunakan dengan tepat dan strategis dapat memberikan manfaat bagi peserta didik dan pendidik untuk mengembangkan potensi masing- masing. Namun, walaupun teknologi sekarang ini semakin baik tapi tetap tidak akan menggantikan peran pendidik sebagai seorang pembimbing, motivator dan keteladanan. Sehingga, peran pendidik sangat dibutuhkan oleh peserta didik dalam pembelajaran. Dengan demikian, pemanfaatan teknologi yang tepat dan strategis dalam pendidikan, akan mendukung pendidikan yang lebih baik dan menciptakan pembelajaran yang berkualitas.

DAFTAR PUSTAKA

Lukman Hakim. 2022. Manfaat Teknologi Digital Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik

Erwan Efendi, d. (2023). Teknologi Sistem Informasi. Journal Of Social Science Research.

Sakti, A. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik.

Santoso, A. M. (2017). Peningjatan Kualitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Merakit Personal Komputer Menggunakan Structured Dyadic Methods. Peningkatan Kualitas dan Hasil Belajar.

Sari, N. H. (2022). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Matematika Pasca Pandemi Covod-19. Prosiding Konferhensi Ilmiah Pendidikan .

Sulastini, f. H. (2021). Pengaruh inovasi dan Informasi Terhadap Kinerja . Jurnal Bisnis dan Pembangunan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun