Di era digital seperti sekarang, salah satu bisnis yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang secara online adalah dengan membuat situs web atau blog. Anda bisa memonetisasi konten blog Anda dengan memasang iklan google adsense, menulis konten bersponsor, affiliate marketing, menulis review, tutorial dan lain sebagainya.
Anda juga bisa menggunakan konten blog untuk mempromosikan produk, toko online atau layanan Anda.
Jadi tidak cukup hanya membuat website atau blog saja. Anda tetap harus berusaha membawa pengunjung untuk melihat, membaca dan berinteraksi dengan konten blog Anda.
Bagaimana cara memperbanyak pengunjung blog? Caranya adalah dengan mengoptimasi blog Anda sehingga mudah ditemukan audiens Anda.
Cara Mengarahkan Trafik Pengunjung ke Blog Anda
Sebenarnya ada beberapa sumber yang dapat Anda gunakan untuk membawa trafik pengunjung ke blog Anda. Diantaranya adalah:
- Trafik Langsung: Saat pengunjung tiba langsung di situs web atau blog Anda (yaitu, mereka mengetik URL Anda ke browser mereka).
- Trafik Referral: Ketika pengunjung mengklik tautan di situs web atau blog lain untuk tiba di situs Anda. Tautan ini dapat berada di dalam konten situs blog itu.
- Trafik Berbayar: Saat pengunjung tiba di blog Anda dengan mengeklik iklan berbayar (seperti iklan penelusuran atau iklan bergambar).
- Trafik Email: Saat pengunjung datang melalui tautan di salah satu kiriman email Anda.
- Trafik media sosial: Saat pengunjung datang melalui tautan di postingan media sosial Anda.
- Trafik Organik: Saat pengunjung menelusuri istilah atau kueri tertentu di mesin pencari seperti google, dan konten Anda muncul sebagai hasilnya. Pengunjung kemudian mengklik hasil itu, membawa mereka ke situs web atau blog Anda.
Namun, untuk blog baru, ada baiknya menargetkan trafik organik. Pengunjung ini secara aktif mencari informasi yang disediakan konten Anda, dan sebagai hasilnya, mereka lebih cenderung terlibat dengan konten tersebut (dan bahkan mungkin menjadi prospek).
Dengan mengingat hal ini, berikut adalah 6 langkah utama yang dapat Anda lakukan untuk mulai membangun trafik organik situs blog Anda.
1. Kenali dan Pahami Audiens Anda
Langkah awal yang penting dilakukan untuk membawa trafik pengunjung ke blog adalah memahami audiens yang ingin Anda jangkau. Ini termasuk memiliki pemahaman yang kuat tentang apa kebutuhan, kekhawatiran, masalah, pain point, dan minat mereka, karena ini akan membantu memandu konten yang Anda buat.Â
Cara yang sangat efektif untuk mengenal target audiens Anda adalah dengan pergi ke mana mereka pergi. Dalam konteks online, ini biasanya berarti grup media sosial, forum, webinar, dan acara online lainnya.
2. Lakukan Riset Kata Kunci (keyword)
Keyword sangat penting dalam hal menghasilkan trafik organik. Kata kunci atau keyword ini adalah kata, kueri, atau frasa yang diketik pengguna ke mesin pencari, dan sering kali dapat menjadi titik awal bagaimana pengunjung menemukan situs blog Anda.Â
Elemen inti untuk memperoleh trafik blog adalah mengidentifikasi keyword yang paling cocok untuk niche atau bisnis Anda, dan kemudian membuat konten yang menargetkan keyword tersebut. Silahkan lihat cara riset keyword secara gratis menggunakan keyword tool terbaik.
3. Buat Strategi Konten Anda
Pada tahap ini, Anda sekarang harus memiliki daftar kata kunci atau keyword yang relevan dan efisien yang cukup besar untuk membuat konten blog Anda. Langkah selanjutnya adalah membangunnya dengan mencari tahu cara membuat konten yang memanfaatkan kata kunci tersebut.
Cara yang relatif sederhana untuk melakukan ini adalah dengan memasukkan kata kunci ke mesin pencari dan kemudian secara manual meninjau 10 hasil teratas. Secara khusus, Anda harus mempertimbangkan judul, sudut pandang, dan struktur hasilnya, sehingga akan memberi Anda ide yang bagus tentang jenis konten yang dicari oleh pengunjung.
4. Susun Subtopik Anda
Ada baiknya untuk memecah subjek yang menyeluruh menjadi subtopik yang lebih kecil, terutama ketika blog Anda baru. Selain membantu Anda menargetkan kata kunci dengan lebih efisien, ini juga memungkinkan Anda membangun aliran topik yang berkelanjutan untuk ditulis.
5. Â Mulai Menulis!
Setelah Anda menemukan keyword dan topik Anda, langkah selanjutnya adalah duduk dan bersungguh-sungguh menulis postingan blog Anda. Bagi banyak orang, di sinilah bagian tersulitnya.
Memang, aspek penulisan pembuatan konten bisa sangat melelahkan, berlebihan, dan menyita waktu, terutama bagi Anda yang sibuk. Tetapi ada banyak cara untuk membuat langkah proses ini tidak terlalu melelahkan dan menyita waktu.
6. Publikasikan dan Promosikan Postingan  Anda
Setelah Anda menerbitkan dan menayangkan postingan blog Anda, Anda tidak boleh tinggal diam. Anda juga harus aktif membawa trafik pengunjung ke situs blog Anda.
Perlu diingat, Konten dalam bentuk apa pun tidak mendapat peringkat di mesin pencari dalam semalam. Butuh waktu bagi algoritma mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dll untuk menilai relevansi dan kualitas konten, dan juga konten itu sendiri untuk mendapatkan backlink dan memenuhi faktor peringkat lainnya.
Kesimpulan
Membawa trafik pengunjung yang berpotensi menjadi pelanggan ke blog baru tidaklah mudah, tetapi dapat dicapai jika Anda aktif melakukan langkah-langkah untuk menjangkau mereka diantaranya seperti yang telah disebutkan pada artikel ini. Semoga Bermanfaat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H