Halooo, akhirnya kita berjumpa kembali dalam pembahasan seputar teori belajar. Oh ya, dari sekian banyaknya teori belajar, kali ini kita beralih pada teori belajar menurut Jerome Bruner. Siapa sih beliau?Â
Jerome Bruner ialah psikolog asal Amerika, nah beliau ini sangat memberikan kontribusinya terhadap psikologi kognitif pada manusia dan teori pembelajaran kognitif dalam psikologi pendidikan. FYI, beliau juga seorang peneliti yang sudah terbilang senior di Fakultas Hukum Universitas New York. Keren yaa beliau gais!Â
Pembahasan pertama : Â perkembangan kognitif menurut Jerome BrunerÂ
Menurutnya, proses belajar itu dapat terlaksana dengan baik  jika menerapkan beberapa tahapan-tahapan. Tahapan-tahapannya apa aja sih? Yuk mari kita bahas satu-persatu yaa :)
Teori Jerome Bruner ini adalah teori belajar matematika  yang terdiri dari tiga tahap :Â
1. Â Tahap enaktif
Pada tahapan ini siswa tuh dibebaskan dalam mereplikasi atau memanipulasi suatu objek yang konkrit secara langsungÂ
2. Â Tahap ikonikÂ
Pada tahapan ini juga siswa dapat memanipulasi objek konkrit ke dalam bentuk gambarÂ
3. Tahap simbolik
Pada tahap terakhir ini, Siswa dapat memanipulasi gambar yang ada pada tahapan sebelumnya ke simbol-simbol matematikaÂ
Gimana guys? masih bingung ya kalau belum ada contoh nyata yang terjadi di lingkungan sekolah
Oke, kita beri contoh-contoh nyata nya dalam menerapkan teori belajar kognitif menurut Jerome Bruner ini !
- Contoh pada tahap enaktif, misalnya kita akan mengenalkan sebuah bilangan pecahan, maka kita bisa gunakan buah pier yang sudah dibagi duaÂ
- Contoh pada tahap ikonik, pada tahapan ini kegiatan penyajian pembelajaran akan dilakukan melalui pikiran/ internalÂ
- Contoh pada tahap simbolik, anak-anak tidak lagi bergantung pada  objek yang ada pada tahapan sebelumnya.Â
Jerome Bruner juga psikolog pencetus discovery learning, apa lagi tuh ?
Okeee, mari kita bahas bersama ya mengenai apa itu discovery learning.
Discovery Learning ini adalah sebuah konsep pembelajaran yang ditemukan oleh Jerome Bruner pada tahun 1961 guys ! Konsep pembelajaran discovery learning  ini memiliki tujuan agar seorang siswa mampu mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru secara mandiri.Â
Gimana menurut kalian guys? apakah kalian setuju dengan teori belajar menurut Jerome Bruner ini? Tetapi yang terpenting, teori Jerome Bruner ini sangat berpengaruh besar terhadap psikologi pendidikan hingga saat ini ya !Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H