Mohon tunggu...
Rahmad Wijaya
Rahmad Wijaya Mohon Tunggu... Wiraswasta - Hanya orang yang kesana-kemari untuk belajar

Semua kisah yang terjadi adalah seni di dalam hidup.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Subsidi Kendaraan Listrik untuk Siapa?

23 Maret 2023   14:46 Diperbarui: 23 Maret 2023   14:59 194
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkembangannya teknologi yang semakin maju dalam berbagai bidang, tak terkecuali Otomotif. Perkembangan Otomotif sudah semakin pesat, lebih dari sekedar meningkatkan performa tapi juga efisiensi terhadap penggunaan bahan bakar. Yang juga kita ketahui Bahan Bakar semakin lama harganya naik.

Kesadaran masyarakat terhadap lingkungan kini juga semakin dewasa. Dunia yang mereka tempati kini tak lagi begitu baik, tingkat polusi yang semakin tinggi dan semakin luas. Perubahan Iklim sudah jelas, dan itu dampaknya semakin terlihat. Bukan hanya para aktivis atau ilmuwan saja yang mengambil peran untuk menghadapi masalah ini, tapi juga Petinggi-petinggi Dunia, dan berbagai Pimpinan-pimpinan Negara lainnya di harapkan untuk mengambil peran ini. Karena ini sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan Manusia di Bumi.

Inovasi Kendaraan Listrik dan Kemajuan Teknologi 


Beberapa tahun belakangan ini, kendaraan listrik di harapkan menjadi sebuah solusi untuk menekan tingkat emisi yang hari semakin tinggi dan luas. Para Produsen otomotif Dunia berbondong-bondong untuk mengambil peran ini. Para Produsen otomotif Dunia berkompetisi menciptakan Kendaraan Listrik mereka, bahkan tidak hanya mereka yang sudah lama berada di Dunia otomotif saja yang berkompetisi di Kendaraan Listrik. Bahkan perusahaan elektronik Sony saja sudah menciptakan mobil listrik mereka, yang bahkan mereka sudah lama bertahun-tahun lalu menunjukkan mereka turun ke dalam kendaraan listrik melalui video di laman YouTube mereka. Itu menjadikan bahwa Dunia Kendaraan Listrik itu sangat kompetitif, tidak hanya di ikuti Perusahaan Otomotif ataupun Elektronik saja, namun juga semakin banyak perusahaan Kendaraan Listrik baru juga bermunculan dan siap bersaing dalam kompetisi ini.

Di dalam dunia kendaraan biasanya kita hanya melihat pabrikan seperti Toyota, Mercedes Benz, Ford, Honda, BMW, Yamaha, Hyundai, Audi, Ducati, FIAT, KTM, Renault, Nissan, Suzuki, ataupun Jeep. Tapi kini kita di suguhkan oleh banyak perusahaan yang kita tidak ketahui namanya, tidak kita ketahui darimana mereka berasal. Ini masih Perusahaan Kendaraan besar berskala Internasional yang sudah memiliki pasar, bagaimana dengan mereka perusahaan-perusahaan kendaraan yang berskala kecil namun yang tidak kita ketahui dan luar jangkauan pikiran kita. Mungkin persaingan ini akan sulit untuk menentukan perusahaan Kendaraan Listrik manakah yang akan menjadi pusat pilihan dari Masyarakat, bukan hanya di dalam negeri, namun secara Global.


China menjadi negara yang bergerak begitu cepat dan melesat tanpa kita duga mereka kini menjadi besar. Perusahaan Otomotif dari China patut untuk di perhitungkan, mungkin juga akan bersiap untuk menghadapi perusahaan Otomotif lain dari berbagai negara besar yang sudah terkemuka sebelumnya seperti Amerika, Jepang, dan Jerman. Mungkin tidak mungkin suatu saat China menjadi kiblat otomotif Dunia.

Berapa Besar Subsidi Kendaraan Listrik di Indonesia


Belakangan ini, kita melihat media-media memberitakan Peraturan Pemerintah untuk memberikan subsidi Kendaraan Listrik. Subsidi bukan hanya di berikan terhadap Motor Listrik saja, namun juga terhadap Mobil Listrik dengan meniadakan PPMBN. Subsidi ini sebagai cara Pemerintah untuk mendorong masyarakat untuk beralih ke Kendaraan Listrik, yang lebih ramah lingkungan. Kita juga ketahui populasi kendaraan di Indonesia adalah salah satu yang terbanyak di dunia, dan itu juga menggambarkan bahwa tingkat polusi di Indonesia juga tinggi. Subsidi Kendaraan Listrik ini di harapkan tidak hanya untuk membuat masyarakat beralih ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan, tapi juga untuk menekan tingkat polusi yang ada di Indonesia.

Subsidi Pemerintah sebesar 7 juta/unit, untuk motor Listrik. Ini bukan nominal yang sedikit, melihat jumlah Subsidi yang akan di berikan juga 250.000 unit kendaraan Motor Listrik untuk berbagai Type dan Merek yang sudah di tetapkan.

 


Kebijakan untuk meniadakan PPMBN bagi Mobil Listrik tertuju pada dua Merek mobil yang sudah memproduksi kendaraan listrik mereka sebelumnya yaitu Hyundai dan Wuling. Wuling dengan Air-EV dan Hyundai dengan IONIQ 5, kedua mobil ini memang menjadi pilihan bagi masyarakat di Indonesia bukan karena hanya merek mereka sudah begitu bagus namun memang kedua jenis mobil inilah yang paling cocok untuk kebutuhan Mobilitas Masyarakat di Indonesia. Namun kedua harga Mobil tersebut bukanlah Mobil dengan harga yang terjangkau seperti kalanya LCGC ataupun LMPV yang sudah sangat menjadi primadona di Indonesia, sebut saja IONIQ 5 dengan harganya berkisar 800jtan yang setara dengan SUV Ladder Frame ataupun Medium Sedan Premium. Harga IONIQ memang lebih layak bagi kelompok masyarakat yang lebih memilih kualitas Premium dan Kemewahan.

Apalagi yang di pikirkan bukan hanya Jakarta saja, ataupun selebihnya Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur. Tapi Pemerintah juga harus memikirkan Masyarakat lain yang juga ingin beralih ke kendaraan listrik di daerah lainnya seperti Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, ataupun di Papua. Pasti bukan jumlah yang sedikit. Apalagi Indonesia mencatatkan penjualan Sepeda Motor konvensional yang juga besar, tidak main-main jumlah penjualan kendaraan Sepeda Motor di Indonesia mencapai angka 5 juta unit. 

Bayangkan berapa banyak pemerintah akan mensubsidi kendaraan listrik, dan berapa besar uang yang akan di keluarkan pemerintah untuk mensubsidi Motor Listrik yang ada di Indonesia. Apakah semua ini akan berdampak untuk semua kalangan Masyarakat di Indonesia, apakah Subsidi ini akan tertuju bagi Masyarakat Miskin, atau hanya Masyarakat di kalangan tertentu saja.

Jika di hitung subsidi yang akan di keluarkan Pemerintah bukanlah angka yang sedikit. Bukan anggaran yang kecil, anggaran ini mungkin lebih dari cukup untuk memperbaiki Transportasi Umum di Jawa Timur dan Jawa Timur untuk saling terintegrasi. Atau mungkin jika di tambahkan sedikit dapat memperbaiki Transportasi Umum berskala Nasional, agar masyarakat dapat beralih ke Transportasi Umum dan meninggalkan kendaraan Pribadi. Hal-hal seperti itu bahkan sebenarnya dapat menekan polusi, bahkan juga dapat menekan angka kepadatan lalulintas di Indonesia. 

Kemajuan Transportasi di Indonesia bukan hanya tentang Kendaraan Listrik.

Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Makassar, Palembang, dan beberapa kota Besar lain di Indonesia memang mengharapkan kendaraan yang maju, yang efisien seperti Kendaraan Listrik. Tapi kota-kota besar di Indonesia juga perlu perbaikan Transportasi Umumnya, bukan hanya Jakarta saja yang perlu di bangun MRT, LRT, Busway. Di Surabaya juga perlu di buatkan agar masyarakatnya dapat lebih nyaman menggunakan Transportasi Umum, ketika mereka nyaman dan merasa lebih baik menggunakan Transportasi Umum, Masyarakat sendiri pun kan meninggalkan Kendaraan Umum mereka, akhirnya tingkat emisi di Indonesia menurun secara perlahan. Atau perlu di bangun transportasi berbasis Listrik agar benar-benar menekan tingkat polusi secara signifikan. 


Baru-baru ini kota Surabaya merilis jenis Angkutan Umum Terbaru mereka. Wira-Wiri Surabaya, menjadi Angkutan Umum yang modern dan juga memiliki fasilitas yang memadai. Kini juga warga Surabaya tak perlu kepanasan dan terjebak oleh asap kendaraan lainnya, Wira-Wiri Surabaya di lengkapi dengan AC, untuk meningkatkan kenyamanan para Penggunanya. Fasilitas yang lengkap pada angkutan umum memang di harapkan dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakan moda Transportasi Umum.

Memang dalam kemajuan Transportasi Umum Kota Surabaya sudah tertinggal jauh di banding dengan Jakarta, bahkan kota-kota di Jawa Tengah saja sudah memiliki TransJateng yang sudah tersebar ke berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Di Jawa Timur hanya baru ada di sekitaran Surabaya, Sidoarjo, & Gresik saja. Malang yang notabene menjadi kota besar kedua di Malang dengan populasi penduduk yang banyak dan angka mobilitas masyarakat yang tinggi, itu saja fasilitasnya masih belum tersedia, dan juga belum di berbagai daerah-daerah lain di Indonesia.


Pembangunan Fasilitas Transportasi Umum yang berada di kota-kota di berbagai daerah di Indonesia, itu bisa langsung di nikmati oleh berbagai kalangan Masyarakat, tidak hanya tertuju bagi kelompok Masyarakat tertentu saja. Memang bukan anggaran yang sedikit untuk membangun Fasilitas Transportasi Umum yang memadai, tapi daripada membuang anggaran hanya untuk menyenangkan suatu kelompok masyarakat tapi tidak menyeluruh ke berbagai Kalangan Masyarakat. Jika Fasilitas Transportasi Umum yang memadai penerapannya sudah tersebar di seluruh kota-kota di Indonesia, itu bisa membuat Masyarakat beralih ke Transportasi Umum, bukan hanya dapat menekan angka Polusi tapi juga dapat menekan Angka Kemacetan di kota-kota besar yang masalahnya sampai sekarang belum terselesaikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun