Mohon tunggu...
Rahmad Hidayat
Rahmad Hidayat Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa IADU Asahan Daar Al-Uluum

Saya Mahasiswa IAIDU Asahan daar al-uluum, fakultas Dakwah/Prodi KPI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Komunikasi Interpersonal yang Efektif

14 Desember 2023   07:30 Diperbarui: 14 Desember 2023   07:36 154
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengertian Komunikasi Interpersonal

Pengertian Komunikasi Interpersonal Komunikasi secara etimologi atau menurut kata asalnya berasal dari bahasa latin yaitu communico, communication atau communicare yang berarti sama makna mengenai suatu hal. Jadi berlangsungnya suatu proses komunikasi terjadi apabila terdapat kesamaan mengenai hal-hal yang dikomunikasikan ataupun kepentingan tertentu. Komunikasi dapat berlangsung apabila ada pesan yang akan disampaikan oleh komunikator (pengirim pesan) kepada komunikan(penerima pesan) dan di dalamnya terjadi umpan balik antara komunikan dan komunikator.

Komunikasi interpersonal menurut Devito dalam Effendy adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan pesan antara dua orang atau sekelompok kecil orang-orang, dengan beberapa efek dan umpan balik seketika.

Mulyana menyatakan ''komunikasi interpersonal adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung, secara verbal ataupun nonverbal. Komunkasi interpersonal adalah komunikasi dua orang dan dapat berlangsung dengan dua cara yaitu komunikasi tatap muka dan komunikasi bermedia. R.Wayne Pace mengemukakan bahwa komunikasi interpersonal merupakan proses komunikasi yang berlangsung antara dua orang atau lebih secara tatap muka dimana pengirim dapat menyampaikan pesan secara langsung dan penerima pesan dapat menerima dan menanggapi secara langsung.

 

Dengan kata lain, komunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang dilakukan antara komunikator dengan komunikan secara tatap muka dan di anggap paling efektif dalam mengubah sikap, prilaku atau pendapat melalui komunikasi lisan yang dilakukan. Menurut Devito komunikasi interpersonal akan efektif jika komunikator atau komunikan memiliki kepribadian secara:

  • Keterbukaan (openess) komunikator dan komunikan saling mengungkapkan segala ide atau gagasan bahwa permasalahan secara bebas tidak ditutupi dan terbuka tanpa rasa takut atau malu. 
  •  Empati (empathy)dapat mengerti serta memahami dari apa yang komunikator rasakan. 
  • Dukungan (supportiveness) setiap pendapat, ide atau gagasan yang disampaikan mendapat dukungan dari sipendengar. dari adanya dukungingan ini dengan demikian keinginan atau hasrat yang ada termotivasi untuk mencapainya.dukungan membuat seseorang untuk lebih bersemangat dalam melaksanakan aktivitas serta meraih tujuan yang diinginkan.
  • Rasa positif (positiveness) yang dimana saat ingin menyampaikan kepribadian kita mau itu kepribadian baik atau buruk tidak lagi takut akan di ceritakan oleh orang lain. sebenarnya hal yang sulit untuk membuat si pendengar menjaga keburukan yang ada dikepribadian seseorang tapi dengan membangun hubungan yang baik tidak saling merendahkan atau menyakitkan perasaan orang tersebut,kepribadian tersebut tidak akan diceritakan oleh si pendengar
  • Kesamaan (equality) suatu komunikasi lebih akrab dalam jalinan pribadi lebih kuat apabila memiliki kesamaan seperti pendapat,hoby,Dll. karna jika kesamaan ada dalam diri komunikator dengan komunikan hubungan interpersonal ini akan semakin kuat dan lebih lagi jika komunikasi interpersonal ini digunakan dalam dunia online kita bisa mengetahui dunia luar.

Kriteria Kemampuan Komunikasi secara Efektif

Komunikasi dapat dikatakan efektif jika komunikator menyampaikan dengan jelas yang ingin disampaikan dalam arti membuat komunikan paham dengan apa yang disampaikan oleh komunikator, menurut Stewart L. Tubbs dan Silvia Moss (2005: 69) ada 5 hal yang dapat dijadikan ukuran bagi komunikasi yang efektif, yaitu: pemahaman, kesenangan, mempengaruhi sikap, memperbaiki hubungan. Tindakan.

  • Pemahaman

Arti pokok pemahaman adalah penerimaan yang cermat atas kandungan yang dimaksudkan oleh pengirim pesan. Dalam hal ini, komunikator dikatakan efektif apabila penerima memperoleh pemahaman   yang cermat atas pesan yang disampaikannya.

  • Kesenangan

Tentu komunikator atau komunikan merasa nyaman berbicara tentang kepribadian jika topik pembahasan nya membuat ia merasa senang.

  •  Mempengaruhi sikap

Tindakan mempengaruhi orang lain merupakan bagian dari kehidupan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun