Strategi dan taktik Public Relations yang efektif dapat membantu membangun, meningkatkan, dan melindungi reputasi  organisasi atau institusi. Reputasi universitas mengacu pada persepsi dan citra yang dimiliki  masyarakat, mahasiswa, calon mahasiswa, alumni dan kelompok kepentingan lainnya terhadap universitas tersebut. Reputasi merupakan aset berharga bagi perguruan tinggi karena dapat mempengaruhi banyak hal, seperti daya tarik calon mahasiswa, kerjasama dengan mitra industri,  dukungan yang lebih besar dari stakeholder.
Universitas harus berkembang menjadi menjadi lembaga pendidikan yang komprehensif yang menawarkan berbagai program studi di berbagai bidang. Dalam perkembangannya, universitas ini terus memperluas fasilitas pendidikan, meningkatkan kualitas tenaga pengajar dan dosen, serta mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan tuntutan zaman.
Berikut beberapa Strategi dan Taktik Public Relations untuk Meningkatkan Reputasi Universitas:
1. Membangun Identitas Universitas:
Penting untuk membangun identitas yang kuat dan narasi yang menarik tentang universitas. Menggambarkan keunikan universitas, keberhasilan akademik, program unggulan, dan kontribusi positif yang telah dibuat kepada masyarakat. Citra universitas dikomunikasikan secara jelas dan konsisten melalui berbagai saluran komunikasi, seperti website universitas, media sosial, publikasi..
2. Meningkatkan Kualitas Akademik:
Peningkatan kualitas akademik adalah kunci untuk meningkatkan reputasi universitas. Menarik dosen berkualitas tinggi, mendorong penelitian dan publikasi yang berkontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan, serta keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan akademik berkualitas tinggi merupakan taktik penting untuk meningkatkan reputasi universitas.
3. Gunakan media sosial dan platform digital:
Di era digital, media sosial dan platform online memainkan peran penting dalam membentuk citra universitas. Kembangkan strategi yang efektif untuk menggunakan media sosial dan platform digital untuk mempromosikan Universitas. Konten yang menarik, seperti website yang berbagi informasi tentang prestasi universitas, program dan inisiatif universitas kepada publik.. Misalnya, calon mahasiswa yang ingin mengetahui program studi apa saja yang ada di universitas ini, seperti apa proses penerimaannya, berapa biaya kuliahnya, dan lain-lain. Pesan-pesan tersebut harus disampaikan dengan jelas, menarik, informasinya harus up-to-date, mudah  dicari dan relevan dengan kebutuhan calon mahasiswa..
4. Menjaga Hubungan dengan Alumni:
Alumni merupakan salah satu stakeholder yang kuat dalam meningkatkan reputasi universitas. PR harus mengembangkan program dimana alumni ikut serta dalam kegiatan universitas, seperti mengadakan seminar, pendampingan dan kegiatan sosial lainnya, ini akan membangun hubungan yang kuat dengan mereka, memperkuat ikatan dengan almamater.
Inilah beberapa strategi dan taktik yang bisa dilakukan seorang public relations dalam meningkatkan reputasi universitas.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H