Mohon tunggu...
Rachmat PY
Rachmat PY Mohon Tunggu... Penulis - Traveler l Madyanger l Fiksianer - #TravelerMadyanger

BEST IN FICTION 2014 Kompasiana Akun Lain: https://kompasiana.com/rahab [FIKSI] https://kompasiana.com/bozzmadyang [KULINER] -l Email: rpudiyanto2@gmail.com l IG @rachmatpy @rahabganendra

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Mau Lebih Mudah Gotong Royong untuk Sehat Bersama ? Mainkan Jarimu!

1 Oktober 2017   22:04 Diperbarui: 1 Oktober 2017   22:57 2004
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi. Sumber: www.bpjs-kesehatan.go.id

Kemajuan teknologi digital memang selayaknya harus digunakan sebaik-baiknya.Termasuk di bidang layanan kesehatan. Satu langkah maju dilakukan BPJS Kesehatan. Sebagai unsur yang berbasis layanan, BPJS Kesehatan mau tak mau mesti meningkatkan metode layanan lebih baik. Dan demi memperluas cakupan kepesertaan JKN-KIS, BPJS Kesehatan menghadirkan Mobile JKN Apps. Aplikasi untuk kemudahan mengakses BPJS Kesehatan hanya dengan jari!

Ilustrasi. Sumber: www.bpjs-kesehatan.go.id
Ilustrasi. Sumber: www.bpjs-kesehatan.go.id

Ketika mendengar tentang BPJS Kesehatan, Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), tak lepas dari soal layanan. Berbasis layanan itu terkait dengan kepuasan peserta. Dan pemandangan yang nampak di fasilitas kesehatan (faskes) salah satunya adalah antrean, ketidak pastian layanan. Sebenarnya itu  jamak terjadi di sudut-sudut layanan di masyarakat kita, bukan hanya layanan peserta. Dan gebrakan dari BPJS Kesehatan  untuk memberikan kepastian layanan pun dilakukan.

Menarik data dari BPJS Kesehatan yang disampaikan  Bpk Gunadi, selaku Deputi Direksi Bidang Operasional Teknologi dan Informasi BPJS Kesehatan. Ia buka kartu tentang evaluasi yang dilakukan BPJS Kesehatan terkait salah satu indikator yaitu customer survey indeks yang dilakukan BPJS Kesehatan. Yang mana itu merupakan latar belakang dari dihadirkannya aplikasi kesehatan. 

Fakta bahwa pencapaian BPJS Kesehatan di sisi peserta dan faskes belum sesuai target, menjadi catatan tersendiri. Data BPJS Kesehatan 2016 seperti dijelaskan Bpk Gunadi menyebutkan bahwa BPJS Kesehatan mematok target 79% untuk peserta. Dari target tersebut tercapai 78,6%. Sementara untuk faskes, pada 2016 ditargetkan 77%. Dan yang tercapai 76.7%. Artinya target yang dipatok belum tercapai. Dan ini menjadi catatan BPJS untuk melakukan pengembangan sarana layanan.  Inovasi dengan membuat satu sistem yang dapat mendukung pencapaian target. 

"Teknologi harus bisa mensuport itu semua, yang akhirnya membuat suatu system untuk mendukung pencapaian tadi. Lalu hadirlah aplikasi MobileJKN," kata Gunadi di di Sinau Kaffe Hausen & Eatery di kawasan  Blok M, Jakarta Selatan, senin (25/9/2017) yang lalu.

Hadirnya Mobile JKN Apps ini sangat memudahkan akses beragam pelayanan. Semua hal terkait layanan kesehatan kepersertaan BPJS Kesehatan bisa diakses melalui gadget. Tinggal unduh dan install aplikasi ini, maka akses kesehatan bisa dilakukan hanya dengan melalui jari kita alias operasi aplikasi. 

Aktifkan Jari Anda untuk Mengakses Kesehatan  

Hadirnya Mobile JKN Apps mengubah system akses kesehatan menjadi lebih kekinian. Artinya bisa lebih mudah, cepat, ga perlu ribet. Kemudahan itu memang seyogyanya dihadirkan untuk peserta BPJS Kesehatan. Dampaknya tentu positif, misalnya dapat semakin menjangkau lebih banyak peserta karena kemudahan dalam mengaksesnya. Juga bisa lebih menampung 'aware' masyarakat dengan layanan yang memudahkan.

Tentu jika peserta puas, maka akan disiplin dan rajin membayar kewajiban iurannya. Ini bagus seiring konsep gotong royong untuk sehat. Dana bisa untuk saling subdisdi. Peserta JKN KIS yang sudah mencapai 181.701.561 jiwa (data hingga 15 September 2017), pun potensial makin bertambah. Dampaknya konsep "Sehat Bersama" ini akan terjaga keberlanjutannya dan semakin bermanfaat buat banyak orang.

Lalu kemudahan apa saja dengan MobileJKN Apps?

Home Mobile JKN Apps. (SC Ganendra)
Home Mobile JKN Apps. (SC Ganendra)
Dengan aplikasi itu, peserta BPJS Kesehatan bisa mendapatkan banyak manfaat. Misalnya saja peserta memperoleh kemudahan untuk mendaftar dan mengubah data, lebih mudah mengetahui informasi data peserta BPJS, mudah mengetahui informasi tagihan, mudah mendapat pelayanan di faskes dan mudah menyampaikan keluhan seputar JKS KIS. 

Contoh paling simpleadalah soal pembayaran iuran.  Ada fitur Pembayaran Iuran yang memudahkan peserta bisa melakukan pembayaran melalui internet banking, mobile banking. Sooo, jelas ini mempermudah banget, karena para peserta tidak perlu mengantre berlama-lama di bank.  Artinya bisa memangkas 'budaya antre' yang jamak terlihat di setiap layanan  bidang apa pun dalam masyarakat kita.

Meski sudah diluncurkan fitur-fitur dalam aplikasi ini masih dalam pengembangan. Misalnya saja untuk fitur Layanan Kesehatan, faskes sudah tersedia namun ada yang masih dalam pengembangan. Juga di fitur Pengaduan yang terhubung langsung ke 1500400.

Nah satu fitur terkait keluhan "Pengaduan" ini simple banget, sekali klik langsung terhubung ke Care Center BPJS Kesehatan, 1500 400. Jadi gak perlu repot-repot harus pencet nomor. Ini merupakan layanan informasi seputar terpusat BPJS Kesehatan. Tentu peserta JKN KIS berharap layanan ini responsive dan bisa menjadi jalur mengurai keluhan.

Terkait fitur ini ada sedikit ekspektasi yang meleset di benak saya. Awalnya dengan memencet fitur Pengaduan ini, saya membayangkan ada tampilan kasus-kasus tentang pengaduan peserta JKN KIS. Dengan begitu bisa membaca kasus-kasus. Manfaatnya adalah bisa lebih luas mengetahui kasus yang terjadi dan tentu bermanfaat untuk peserta lainnya.

Namun karena fitur ini masih dalam pengembangan, masih bolehlah saya berharap nantinya fitur ini bisa mengakomodir peserta lebih baik dan inovatif. Intinya segala keluhan bisa terlayani dengan baik, terkait masalah peserta BPJS Kesehatan.  

Media eksternal INFOBPSJS. (Foto Ganendra)
Media eksternal INFOBPSJS. (Foto Ganendra)
Lepas dari itu, saya menilai hadirnya aplikasi MobileJKN BPJS Kesehatan ini adalah bentuk dari inovasi BPJS Kesehatan mengikuti perkembangan zaman, yang semakin 'kekinian' yaitu simple, efektif, mudah dan cepat. Tentu hal ini berkaitan dengan komitmen BPJS Kesehatan untuk meningkatkan layanan, kepada para pesertanya. Karena basisnya adalah layanan, maka kepuasan sudah pasti menjadi hal yang mesti diwujudkan. Salam Sehat Bersama. Sehat Negeriku.

IG @rahabganendra
#BlogerKesehatan #SahabatJKN

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun