Menjelajah fitur EVENT Kompasiana ada beberapa pengembangan yang sifatnya memberi kemudahan. Apresiasi untuk Kompasiana yang mengawali tahun 2017 dengan slogan baru #BeyonBlogging, dengan menyajikan fitur untuk menunjang kebutuhan Kompasianer yang setia ‘Ngompas’ di Kompasiana. Seperti apa pengembangan fitur?
Untuk yang Demen Acara Offline
Seperti diketahui setiap ada event offline (Nangkring, Blogshop, coverage dll), Kompasiana akan membuka berita acara pendaftaran sebagai langkah awal menjaring peserta.
Dulu. Dengan menggunakan metode kirim email, kemudian menggunakan form google.doc. Terus terang sebelumnya saya suka yang system pertama, dengan model email. Laaa gampang, gak ribet. Saya cumin tinggal isi persyaratan: Nama, No Tlp, Alamat dan Url Kompasiana. Lalu send, selesai. Tinggal nunggu email balasan terpilih atau tidak. Bagi pendaftar/ saya enak, ga ribet, soalnya pendaftaran even lainnya, tinggal copy paste doang datanya lalu send. Kelar. (Yang ribet admin Kompasiananya, mesti cek email satu-satu dan balesin).
Cuman yang empet-empetan yaaa, nunggu balesan emailnya itu. Soalnya semakin cepat mendapat kepastian lolos tidaknya, lebih baik. Biasa, biar bisa seting jadwal acara. Kers sibuk acara getu loorrr hahaaa.
Ini beda banget dengan google.doc. yang bagi saya merepotkan. Merepotkan mengisi formnya, laaa kolom yang mesti isi banyak. Kalau kita sudah simpan data kita di ms word, misalnya, mesti copy paste satu-satu. Capek dehhh heheee. Nah di sini Admin Kompasiananya yang dienakin, karena data sudah otomatis ‘ngumpul’.
Kita cuman diminta isi JENIS KELAMIN saja.  Entah kenapa ga dibikin otomatis yaa? Soalnya gender ini kayaknya ga berubah deh. Ehhh belum tentu ding hahaa. Siapa tahu tahun depan mau operasi ganti kelamin. Bisa…bisaa. BTW #rapopo Min, secara cuman milih gender doang, simple kok.
Nah data-data bisa diganti/edit kecuali nampaknya email. Yaaa email, kucari-cari tombol editnya tak ada. Yaa okelah. Nah saat mengedit salah satu kolom, misalnya NAMA, maka akan berubah tampilan nama kita di data akun. Aku coba ubah akun nama BOZZ MADAYNG dengan nama RAHAB GANENDRA, eh berubah dia. Dan aku harus ganti lagi kalau tetep mau nama akun seperti sebelumnya. (lihat foto cover di atas)
Ada lagi kolom CATATAN (paling bawah) namun tak wajib diisi (gak ada tanda bintang kecilnya). Gak tau kolom ini untuk catatan apa. Hmmm mungkin buat catatan ngrayu admin agar dilolosin apa yak…  hehee
Setelah klik KIRIM, maka kita dapat notifikasi email bahwa sudah berhasil mendaftar dan akan dilakukan proses oleh tim verifikator Kompasiana. Jika lolos, maka kita dapat email berisi barcode. Tanpa barcode ini peserta tak bisa masuk di acara. Keren ini. Menangkal Kers-kers yang… getu-getulah hehee. Dan juga Akun Kompasiana yang kita daftarin akan nongol di bawah BERITA ACARA Event yang kita daftarin. Yess kelar. Dan tinggal nunggu hari H.
Sejauh ini fitur ini udah cakep. Cakep karena simple/ memudahkan buat pendaftar dan keknya simple juga buat Admin Kompasiana. Okelah skor imbang hahaaa. Sama-sama ga dibikin ribet. Pendaftar asekkk, Admin K pun hasyeekkkk. Tosss! Secara sebagai warga Kompasiana militan alias 4 L hahahaa, inovasi fitur pendaftaran ini sangat bermanfaat. Asli. Kamsiaaaa K.
Batalin Pendaftaran, Gimana?
Setelah aku ubek-ubek fitur, pengen tahu, gimana yaaa cara membatalkan keikutsertaan? Maksudnya sudah lolos verfikasi pendaftaran, terus  ternyata belakangan gak bisa hadir di event karena sesuatu sebab dan pengen membatalkan diri. Agar seatnya bisa digunakan oleh pendaftar lainnya (Bila pendaftar berlebih). Kalau yang udah kenal Admin dan punya nomor HPnya, bisa langsung kasih tau. Tapi kalau Kers yang ga punya kontak Admin? Ataukah masih model email? Mungkin bisa dipikirkan fitur PEMBATALAN.
Kalau aku seeh jarang mbatalin, soalnya pan Kers berkomitmen tinggi hahaaa. #KeplakCepekan
Untuk Penggila Blog Competition
Nah bagi yangs erring ikutan Blog Competition, Blog Review yang digelar Kompasiana, tentu familiar dengan LABEL, Artikel yang DITANGGAPI.
Nah kadang LABEL ini krusial loorr, soalnya kalau salah ketik bisa gak tampil di deretan tag artikelnya. Ini yang bisa jadi artikel gagal dinilai. Otomatis gak bakal menang deh. Hahaa. Sayang khan artikelnya mestinya potensial menang jadi KO gegara factor elementer gini. Pernah ngalami?
Nah sekarang gak bakalan terjadi. Jika saat kita sudah login, dan masuk ke Pengumuman Blog Competition atau semacamnya, ada kolom MULAI TULIS. Tinggal klik itu, diarahkan ke dashboard TULIS ARTIKEL. Lengkap dengan LABEL yang sudah terisi otomatis. Sip ini. Untuk cek jumlah kata (bagi yang nulis langsung di dashboard) seperti biasa ada di pojok kanan bawah. Tau khan jumlah kata artikel blog dibatasin 1500. Hehee
Dibawah LABEL ada kolom Artikel yang ditanggapi. Ini tak otomatis terisi. Namun tulisa yang sudah ‘setor’ udah otomatis masuk ke KUMPULAN ARTIKEL BLOG COMPETITION di bawah artikel Pengumuman Blog Competition. Jadi bisa di cek langsung dimare tulisan setoran Anda. Cuman jadinya kolom Artikel yang ditanggapi,udah gak berfungsi alias ga diperlukan lagi dong Min? Jika demikian, hapus aja deh. Bikin menyemak hihiii.
1. Sampai saat ini, kalau mau copy paste di kolom JUDUL Artikel kok ga bisa yaa. Jadi harus diketik langsung tuh JUDUL. Ini khan ribet tho Min, apalagi kalau judulnya puanjang hehee. Dulu sih oke-oke saja, bisa copy paste.
2. Setuju deh, kalau ada usul untuk fitur Komunitas tersendiri. Agar memudahkan mencari info-info berita dari kegiatan komunitas. Soalnya gak hapal akun masing-masing komunitas yang segetu banyak (Meski yang aktif lum banyak). Siapa tau bisa menambah semangat komunitas untuk lebih berkegiatan dengan dimanjakan fitur special itu. Admin pun mudah untuk cek ricek kegiatan, keaktifan komunitas. Â Â
3. Usul dong upload fotonya bisa langsung banyakan, gak satu-satu. Saat ini mesti insert satu foto khan yaa. Nah kadang dalam jeda paragraph yang mau diinsertin foto, kita mau insert foto lebih dari satu. Bisa langsung insert banyak getu Kayak di blogspot itu. Captionnya satu-satu gak papa. Secara demen posting foto banyakan hihiii.
4. Pengennya ada fitur komunikasi user dan Kompasiana. Biar kesulitan/ kendala berkaitan aktivitas menulis bisa langsung diketahui/tertangani Admin. Segala keluhan bisa tertampung dan mudah diakses Admin. Tapi nampaknya akan makin bikin Admin susah dan sibuk yaa. Ga usah wesss. Abaikan ini hihihi.
5. Semoga lancar bebas eror-eror wes.
Wes getu ajah. Maaf kalau ada tak berkenan kata. Semoga Kompasiana semakin cemerlang di tahun ini dan selanjutnya dengan inovasi-inovasi yang memudahkan user dan juga Kompasiana sendiri. Jozzzzzzzzzzzzzzz!!
#BeyondBlogging
@rahabganendra
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H