Mohon tunggu...
Rafika CahyaMaharani
Rafika CahyaMaharani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Malang

Saya adalah mahasiswa dari jurusan manajemen

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran dalam Perekonomian

23 Desember 2023   21:17 Diperbarui: 23 Desember 2023   21:40 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Permintaan dan penawaran adalah dua konsep utama dalam perekonomian yang memengaruhi harga dan kuantitas barang dan jasa yang ditawarkan di pasar. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran dalam perekonomian serta dampaknya terhadap dinamika pasar. Pengetahuan tentang faktor-faktor ini akan membantu kita memahami bagaimana keputusan konsumen dan produsen berkaitan dengan permintaan dan penawaran di pasar.

  Permintaan adalah jumlah keseluruhan barang dan jasa yang ingin dibeli konsumen pada berbagai tingkat harga.Yang berperan dalam permintaan adalah konsumen,sedangkan penawaran adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu,pelaku ekonominya adalah penjual atau produsen. 

Dalam kegiatan perekonomian,keduanya merupakan kekuatan-kekuatan yang membuat perekonomian pasar bekerja,dengan adanya permintaan dan penawaran yang seimbang dan ditambah dengan daya beli konsumen yang tinggi,maka pertumbuhan pada ekonomi tersebut akan tinggi.Begitu juga sebaliknya,jika permintaan dan penawaran yang rendah terhadap barang dan jasa menjadi penyebab melemahnya pertumbuhan ekonomi sebuah negara.Maka dari itu didalam permintaan dan penawaran terdapat faktor yang mempengaruhi guna mewujudkan keseimbangan harga barang dan jasa.

  Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaaan

 1.Harga barang atau Jasa

           Harga barang yang relatif murah namun memiliki kualitas yang baik akan mendatangkan banyak peminat dan permintaan menjadi tinggi.Sebaliknya,jika harga cenderung mahal,maka permintaan terhadap barang tersebut akan naik.

 2.Pendapatan Konsumen

       Pendapatan konsumen menjadi faktor yang mempengaruhi permintaan karna semakin tinggi pendapatan konsumen,semakin besar kemampuan mereka untuk membeli barang dan jasa

 3. Selera dan Preferensi Konsumen

     Selera dan preferensi konsumen menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi permintaan karena konsumen membuat keputusan untuk membeli suatu barang dan jasa berdasarkan selera dan preferensi mereka.Mereka cenderung akan membeli barang jka masuk pada selera dan cenderung menghindari barang yang tidak sesuai dengan selera dan preferensi mereka.

4.Faktor-faktor Demografis

    Usia,jenis kelamin,lokasi geografis,dan komposisi penduduk dapat mempengaruhi jenis barang dan jasa yang diminati oleh konsumen.Misalnya,para lansia yang memiliki kecenderungan untuk memiliki produk yang berkaitan dengan kesehatan dan perawatan sehinggan permintaan dari suatu barang tersebut meningkat.

Faktor-faktor yang mempengaruhi Penawaran

1.Biaya Produksi

   Biaya produksi seperti bahan baku,tenaga kerja,dan modal akan mempengaruhi penawaran.Jika semakin tinggi biaya produksi,semakin sedikit juga barang yang bisa diproduksi oleh produsen.Halini dapat menyebabkan harga produk naik seungga mengurangi jumlah penawaran produk.

2.Teknologi

   Dengan perkembangan teknologi produsen dapat mengubah cara produksi,meningkatkan efisiensi produk ,mengurangi biaya,dan meningkatkan penawaran suatu produk dan jasa.

3.Peraturan Pemerintah

   Kebijakan pemerintah,seperti regulasi dan pajak dapat mempengaruhi penawaran karena mempengaruhi harga barang,biaya produksi dan daya beli konsumen.Sehingga produsen memperlukan strategi pemasaran untuk menghindari dampak yang terjadi dari regulasi dan pajak ini.

4.Persaingan di Pasar

   Tingkat persaingan di pasar menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi penawaran karena produsen harus bersaing dengan produsen lain untuk menarik konsumen.Jika terdapat banyak produsen yang menawarkan produk yang sama,maka yang akan meningkat adalah penawaran namun harganya akan menjadi turun.Persaingan juga dapat mempengaruhi kualitas produk dan inovasi,karena produsen akan berusaha untuk membuat produk itu memiliki kualitas dan inovasi yang terbaik.

DAMPAK HUBUNGAN PERMINTAAN DAN PENAWARAN

 Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran saling terkait dan dapat mempengaruhi satu sama lain.Misalnya,peningkatan pendapatan konsumen dapat menjadi pendorong untuk permintaan yang lebih tinggi,namun ketersediaan barang dan jasa dalam penawaran memiliki peran yang penting.Ketidakseimbangan antara permintaan yang tinggi dan penawaran yang terbatas dapat menyebabkan kenaikan harga sebagai respons alami dalam pasar.Sehingga,pemahaman hubungan antara permintaan dan penawaran itu penting untuk meramalkan perubahan ekonomi.

SIMPULAN

Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran memiliki peran penting dalam memahami dinamika pasar.Harga barang atau jasa,pendfapatan konsumen,selera dan pereferensi konsumen,biaya produksi,teknologi,peraturan pemerintah,dan tingkat persaingan di pasar adalah faktor-faktor yang mempunyai peran penting untuk mempengaruhi permintaan dan penawaran.Pemahaman yang baik tentang hubungan permintaan dan penawaran akan membantu kita dalam pengambilan keputusan ekonomi yang tepat di masa yang akan datang

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun