Mohon tunggu...
Rafi Hanif Mudzaky
Rafi Hanif Mudzaky Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menyukai informasi terkait wisata, games dan kuliner

Selanjutnya

Tutup

Love

Tips Manajemen Waktu Supaya Keluarga Harmonis

4 Desember 2022   19:27 Diperbarui: 4 Desember 2022   19:36 525
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mengelola waktu (sumber: shutterstock)

Pernah gak sih kalian merasa waktu yang kalian gunakan itu nggak cukup? Padahal kita sama-sama punya waktu 24 jam, tapi rasanya tetap kurang. Bahkan seringkali merasa semuanya berantakan dan banyak yang tidak terurus, hingga akhirnya menimbulkan konflik di dalam kehidupan. Tapi banyak juga lho orang yang meskipun sama-sama memiliki aktivitas padat, tetap dapat meluangkan waktu untuk keluarga dan bisa jalan-jalan santai sehingga kehidupan berjalan harmonis. Kok bisa yaa? apa alasannya?

Ternyata itulah pentingnya melakukan “Manajemen Waktu”

Apa sih manajemen waktu itu ?

Menurut Forsyth, manajemen waktu adalah suatu cara menggunakan waktu menjadi terkendali sehingga menjamin terciptanya sebuah efektivitas dan efisiensi maupun produktivitas. Atau secara garis besar, manajemen waktu adalah cara kita membagi dan mengelola waktu yang kita miliki untuk berbagai aktivitas agar bisa memaksimalkan produktivitas untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Jadi semakin baik manajemen waktu yang digunakan, maka akan semakin cepat dan semakin banyak kita menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan jadi akan semakin produktif deh.

Manajemen waktu dalam keluarga 

manajemen waktu di dalam keluarga meliputi perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi efesiensi waktu. Hal tersebut dilakukan agar keluarga memiliki satu kesatuan tujuan dalam pengelolaan waktu untuk mencapai kepuasan dalam mengalokasikan kegiatan sehari-hari. Menurut Sunarti, alokasi waktu dalam keluarga terdiri dari penyediaan makanan, pemeliharaan rumah, pemeliharaan fisik anggota keluarga, pencucian pakaian, pencucian alat makan, mengasuh, merawat dan mendidik anak.

Manfaat manajemen waktu

Mengatur waktu dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dapat memberikan dampak yang besar dan positif bagi Anda. Dalam periode waktu yang singkat anda lebih banyak kebebasan waktu, sehingga anda fokus lebih baik, mengurangi stres, memungkinkan anda menjadi lebih produktif dan dapat menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat Anda.

Keuntungan dari manajemen waktu yang baik akan berdampak pada segala kegiatan, seperti pekerjaan Anda menjadi lebih produktif dengan waktu yang efektif dan efisien. Selain itu, dapat meningkatkan keterampilan dalam bekerja sehingga menemukan strategi yang baik dalam pekerjaan Anda. Ketika Anda dapat mengelola dan memfokuskan diri Anda dari aktivitas ringan akan memberikan dampak yang besar dan mudah pada aktivitas Anda yang berat.

Manfaat yang akan anda dapatkan diantaranya:

  1. Meningkatkan fokus

Ketika Anda mencoba fokus pada satu titik dari aktivitas terkecil, perlahan akan mengerti cara mengolah waktu dari aktivitas terpenting dan dapat menerapkannya pada aktivitas yang besar. Memprioritaskan kegiatan seperti mengerjakan tugas menjadi salah satu investasi waktu yang berharga dalam peningkatan fokus kerja.

  1. Mengurangi stres

Mengatur waktu untuk istirahat yang cukup dan aktivitas ringan pada selingan pekerjaan dapat mengurangi tingkat stres, seperti mendengarkan musik dan tidur siang. Kita akan mudah lelah dan merasa kewalahan saat tidak memiliki kendali waktu untuk kegiatan yang dikerjakan.  

  1. Meningkatkan produktivitas kerja

Waktu yang anda atur dengan porsi untuk bekerja dan istirahat akan memberikan tenaga atau energi pada diri Anda. Sehingga ketika anda fokus saat mengerjakan tugas yang panjang, Anda telah memperoleh energi yang besar setelah istirahat. Hal tersebut tanpa Anda sadari telah meningkatkan produktivitas saat bekerja.

  1. Merasa lebih bebas, sederhana, dan mudah

Manajemen waktu yang efektif akan membuat segalanya menjadi lebih sederhana dan mudah. Selain itu, Anda akan merasakan lebih percaya diri dan jelas dalam menginvestasikan waktu dan energi yang akan Anda lakukan. Anda juga lebih bebas memilih waktu Anda untuk kegiatan yang paling penting, seperti waktu bersama keluarga atau menjalankan hobi Anda.

  1. Waktu untuk berpikir

Manajemen waktu yang efektif akan memberikan anda waktu berpikir lebih banyak dalam merencanakan, menyusun strategi dan menetapkan tujuan Anda yang sangat penting. Kebanyakan orang memiliki sedikit waktu untuk duduk berpikir apa yang akan dilakukan kedepannya dan mereka capai. Sehingga mengontrol waktu Anda penting untuk berpikir.

Manajemen waktu harus dimanfaatkan sebaik mungkin agar daapt meningkatkan energi dan fokus kita. Ketika Anda fokus pada hal kecil dapat memberikan dampak besar bagi orang lain maupun Anda ketika bekerja dan saling membantu satu sama lain. Hal tersebut akan lebih mudah bagi Anda dalam mencapai tujuan lebih cepat dan memperoleh hasil yang besar.

Tips Manajemen waktu

  1. Membuat daftar aktivitas yang harus dilakukan

Pertama, kamu bisa membuat daftar aktivitas yang akan kamu lakukan. Tulis semua hal dan pekerjaan yang harus diselesaikan. Buatlah berdasarkan skala prioritas,  mulai dari urutan kegiatan yang paling penting dan mendesak. Dengan memiliki daftar perencanaan akan membuat kamu tetap fokus dan juga termotivasi. Selain itu akan ada perasaan puas ketika setiap kali menandai tugas yang sudah terselesaikan dari daftar tersebut. 

  1. Disiplin

Disiplin diri adalah kemampuan untuk melakukan apa yang harus dilakukan, bahkan jika kamu tidak ingin melakukannya. Tanpa disiplin diri, semua prinsip, teknik, dan nasihat sukses lainnya tentu tidak ada gunanya. Setelah membuat daftar aktivitas tadi, kita harus disiplin untuk menyelesaikan tugas-tugas dari daftar tersebut agar waktu yang digunakan benar-benar produktif. 

  1. Fokus

Apakah kamu tipe yang susah fokus? Jangan khawatir karena solusinya kamu harus mulai mengerjakan satu persatu pekerjaan yang sebaiknya kamu lakukan lebih dulu. Dengan kamu menulis list pekerjaan yang harus dikerjakan lebih dulu, akan membuat kamu tetap fokus. Selain itu dengan menetapkan batasan waktu untuk menyelesaikan tugas, akan membantu kamu lebih fokus dan efisien. 

  1. Membuat perencanaan ke depan

Pastikan kamu memulai setiap hari dengan perencanaan dan hal apa yang akan dilakukan dan perlu diselesaikan hari itu dengan jelas. Biasakan diri juga, setiap di akhir kerja, tuliskan daftar "tugas" untuk hari kerja berikutnya. Dengan cara itu kamu bisa mengelola dan mengatur waktu dengan baik dan maksimal.

  1. Istirahat sejenak

Ketika kamu melakukan banyak tugas tanpa istirahat, tentu akan lebih sulit untuk tetap fokus dan termotivasi. Jadi beristirahat juga tidak kalah penting. Berikan waktu istirahat di antara tugas-tugas yang sedang kamu kerjakan, tentunya untuk menjernihkan pikiran dan menyegarkan diri. Kamu bisa tidur sebentar, berjalan-jalan sebentar, bermeditasi, bikin teh, main sama kucing di rumah, dan banyak hal lainnya yang bisa kamu lakukan ketika beristirahat.

Referensi :

Forsyth P. 2009. Janganlah Sia-Siakan Waktumu. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sunarti E. 2018. Modul Ketahanan Keluarga. Bogor: IPB Press.

https://manajemen.uma.ac.id/2020/11/10-manfaat-utama-manajemen-waktu/

https://www.gramedia.com/blog/tips-jitu-manajemen-waktu-yang-efektif/

Penulis: Adinda Putri Damayanti, Rafi’ Hanif Mudzaky, Rina Rifana Nurfaida

Dosen Kuliah: Dr. Ir. Lilik Noor Yulianti, MFSA Dr. Ir. Istiqlaliyah Muflikhati, M.Si

Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, FEMA IPB

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun