Mohon tunggu...
Rafid Fathan Fahmi
Rafid Fathan Fahmi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta

Hobi Travelling, Bermain futsal dan bola

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Iklan Kopi Luwak Shin Tae-yong

14 Juli 2022   18:46 Diperbarui: 14 Juli 2022   18:51 1728
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Quotes Shin Tae-yong, sumber: minews.id)

Siapa yang tidak tahu kopi luwak? Ya, biji kopi yang diambi dari sisa kotoran hewan luwan atau musang kelapa karena biji kopi ini diyakini memiliki rasa yang berbeda dari kopi lainnya.

Brand kopi ini beberapa saat lalu telah memproduksi iklan di televisi yang dibintangi oleh pelatih kepala Tim Nasional Indonesia yakni, Shin Tae-yong dan 2 pemain Timnas Indonesia yaitu, Alfeandra Dewangga dan Ramai Rumakiek.

(Shin Tae-yong, sumber: sports.sindonews.com)
(Shin Tae-yong, sumber: sports.sindonews.com)

Setelah Shin Tae-yong memutuskan untuk melatih tim nasional Indonesia, ia jadi begitu dikenal oleh masyarakat Indonesia. Bahkan sebelum Piala AFF 2020 kemarin, jumlah followers Instagram pelatih asal Korea Selatan tersebut hanya 100 ribu dan sekarang jumlah followersnya sudah menyentuh angka 1,1 juta followers per Kamis (14/7/2022) di media sosial Instagram.

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini Shin Tae-yong adalah sosok yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Sehingga banyak produk yang ingin memakai jasanya sebagai bintang iklan atau brand ambassador, salah satunya adalah produk khas Indonesia yaitu kopi luwak pun tertarik memakai jasanya untuk membintangi produk kopi luwak tersebut. Diharapkan masyarakat banyak yang mengkonsumi kopi luwak ini.

Didalam iklan tersebut Shin Tae-yong dan 2 pemain Timnas Indonesia, Alfeandra Dewangga dan Ramai Rumakiek melakukan proses shooting yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Diawal video terlihat Shin Tae-yong menyampaikan kata "Beri aku secangkir kopi dan 11 pemuda, akan ku goncangkan dunia" tidak asing ditelinga kita bahwa kata itu mirip dengan yang di sampaikan oleh presiden Indonesia pertama yakni bapak Ir. Soekarno saat berpidato untuk perjuangan kemerdekaan Indonesia.

(Quotes Shin Tae-yong, sumber: minews.id)
(Quotes Shin Tae-yong, sumber: minews.id)

Kemudian memperlihatkan Shin Tae-yong di ruang ganti pemain memegang produk kopi luwak tersebut dan menyeduhnya untuk diminum, Kamera menyoroti dengan frame size medium close up saat Shin Tae-yong minum tersebut untuk mempertegas bahwa kopi luwak sangat nikmat Ketika hangat.

Berikutnya didalam iklan Shin Tae-yong memberikan arahan atau instruksi kepada pemain dari pinggir lapangan, kamera menggunakan frame size medium shot karena mempertegas sosok dari Shin Tae-yong yang tegas dan disiplin didalam maupun diluar lapangan.

Selanjutnya dalam iklan tersebut memperlihatkan proses pembuatan kopi luwak menggunakan teknologi slow roasting yang menjadikan kopi hitam kental dan tidak terlalu manis, mungkin cocok bagi yang mengkonsumsi rendah gula.

Lalu 2 pemain Tim Nasional Indonesia tersebut pun menikmati kopi luwak sama seperti Shin Tae-yong, kopi luwak bisa dinikmati dari kalangan remaja sampai dewasa. Kamera mengambil frame size medium close up untuk memperlihatkan 2 pemain yang menikmati kopi luwak dan Bahagia.

Setelah meminum kopi luwak 2 pemain timnas, Alfeandra Dewangga dan Ramai Rumakiek melakukan aksinya di dalam lapangan dengan sangat dan diakhiri tendangan Ramai Rumakiek yang membuahkan gol. Dalam frame tersebut kamera menggunakan frame size extra long shot yang memperlihatkan lapangan Stadion Kapten I Wayan Dipta yang hijau dan sangat rapih sehingga pemain nyaman ketika bermain.

Jingle dalam iklan kopi luwak sangatlah menarik karena menggunakan lagu apuse yang berasal dari papua namun hanya liriknya saja yang diubah untuk menarik minat konsumen terhadap kopi luwak. Ini merupakan suatu hal yang patut di apresiasi atau dibanggakan karena dapat mengenalkan dan mengingat kembali lagu apuse yang berasal dari papua kepada masyarakat bahwa papua adalah bagian dari Indonesia juga untuk tidak membedakan suku maupun ras.

Ketika Ramai Rumakiek mencetak gol, Shin Tae-yong mengapresiasi dengan senang dan bangga dari pinggir lapangan. Lalu, mereka merayakan gol tersebut bersama pemain lainnya.

Selanjut didalam iklan ada tagline yang cukup menarik yaitu "engga kemanisan, mantap" yang diucapkan Bersama oleh Shin Tae-yong, Alfeandra Dewangga, dan Ramai Rumakiek. Kamera mengambil ukuran frame size knee shot untuk memperlihatkan setelah meminum kopi ketiga bintang iklan tersebut dengan membawa secangkir kopi luwak dibawa oleh masing-masing bintang yang membuat mereka bahagia dan senang setelah mengkonsumsi kopi luwak tersebut .

Dan diakhiri dengan logo kopi luwak yang khas dengan hewan luwaknya, hal inilah yang membedakan ciri khas pada kopi lainnya.

Iklan ini dapat menginspirasi masyarakat agar mendukung timnas Indonesia di manapun berlaga karena semua dukungan adalah doa kita semua yang terbaik untuk timnas Indonesia agar menjadi lebih baik dan menjadi sebuah kebanggaan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun