Mohon tunggu...
Raffi ArsyadMaulana
Raffi ArsyadMaulana Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa FISIP UAJY 2017

Mahasiswa FISIP UAJY 2017

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Guna SEO dan SEM dalam Penulisan Digital

28 September 2020   14:22 Diperbarui: 28 September 2020   14:24 117
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebagai seorang penulis digital, ketika tulisan selalu ada pada halaman pertama pada pencarian merupakan keuntungan yang sangat besar.

 Bagaimana tidak, jika tulisan selalu ada pada halaman awal akan meningkatkan jumlah pengunjung dan pembaca laman kita. Karena, banyak pencari informasi yang hanya melihat pada beberapa halaman awal saja.

Hal ini dapat terjadi dengan adanya teknologi :

Search Engine Optimization (SEO).

Ketika anda ingin tulisan yang anda buat berada dalam halaman awal pada suatu mesin pencari dan mendapat banyak pengunjung maka SEO merupakan jawabannya.  SEO bekerja untuk menjadikan tulisan anda muncul pada deretan awal artikel pada mesin pencarian.

Dibawah ini merupakan beberapa cara kerja SEO:

  • Crawling

Merupakan proses dimana semua halaman yang ada pada suatu laman dikumpulkan menjadi satu oleh crawler

  • Indexing

Proses penyusunan indeks bagi halaman-halaman yang sudah terkumpul pada database setelah proses crawling, proses ini mengidentifikasi isi konten, meta tag, dan judul tulisan.

  • Penerimaan Hasil

Proses ini mengambil hasil kata kunci yang relevan dan menampilkannya pada daftar pencarian dalam mesin pencarian seperti google.

Terdapat dua komponen penting dalam SEO:

1. On-Page SEO

  • Format URL yang rapi, anda harus merapikan URL yang ada
  • Halaman web yang dimuat dioptimalkan secara cepat
  • Menambahkan target kata kunci pada Head Tag, Judul, dan Meta Description
  • Memadukan media sosial dengan website

2. Off-Page SEO

  • Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa strategi marketing seperti promosi dan membuat blacklink berkualitas.

SEM (Search Engine Marketing)

image: pngegg
image: pngegg

Berbeda dengan SEO, SEM merupakan suatu bentuk penjualan atau pemasaran yang ada pada sebuah jaringan internet dengan cara promosi situs melalui teknik peningkatan visibilitas laman pada suatu mesin pencarian.

Dalam pengunaan SEM, perlu diiperhatikan beberapa kata kunci yang menarik para pembaca agar mengunjungi laman anda.

SEM mengikutsertakan para pengguna pencarian sebagai komponen, seperti bayar perklik (PPC) dan beberapa iklan seperti Ads Google. Sebagian besar bentuk dari SEM merupakan PPC dan iklan.

Search Engine Marketing mempunyai jangkauan yang besar, dan dianggap menjadi marketing dalam internet yang menaikkan visibilitas laman melalui mesin penvarian serta iklan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun