Mohon tunggu...
Raffa Ramadhina
Raffa Ramadhina Mohon Tunggu... Mahasiswa - universitas mercu buana
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Raffa ramadhina, NIM : 44522010082 , DOSEN Apollo, prof. Dr,M.Si.Ak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemahaman Kepemimpinan, Disiplin, dan Manajemen Waktu

26 September 2022   22:58 Diperbarui: 26 September 2022   23:19 363
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

NAMA : RAFFA RAMADHINA

NIM : 44522010082

DOSEN : Apollo, prof. Dr,M.Si.Ak

Universitas mercu buana

pada artikel ini saya akan mengungkapkan perihal apa itu kepemimpinan,disiplin, dan  manajemen waktu berserta model dan  teori teori yg mendasari. sehabis membaca artikel ini pembaca diharap bisa memahami materi yang ada pada artikel.

APA ITU KEPEMIMPINAN (LEADERSHIP) ?

Secara harfiah, kepemimpinan berasal asal kata "pimpin" yang merupakan mengarahkan, membina, mengatur, menuntun, membagikan, atau memengaruhi. Pemimpin adalah Mereka menetapkan arah, menciptakan visi yang menginspirasi, dan  membentuk sesuatu yg baru.

PENGERTIAN KEPEMIMPINAN dari PARA pakar

1. George R. Terry
pengertian kepemimpinan merupakan hubungan yg terdapat pada seseorang atau pemimpin dan  efek yg lain untuk mau bekerja secara sadar pada kaitannya dengan tugas untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

2. William G. Scott (1962)
berpendapat pengertian kepemimpinan adalah proses mempengaruhi kegiatan yg diselenggarakan dalam kelompok dalam upaya mereka untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

4. Weschler dan  Massarik (1961)
merupakan efek antar pribadi, yg dijalankan dalam situasi eksklusif, dan  diarahkan melalui proses komunikasi, untuk mencapai tujuan eksklusif atau lebih.

5.  P. Pigors (1935)
menyatakan bahwa pengertian kepemimpinan ialah proses mendorong serta mendorong melalui hubungan yg berhasil berasal perbedaan individu, pengendalian kekuatan seseorang dalam mengejar tujuan bersama.

6. Sutarto Wijono
berdasarkan Sutarto, arti kepemimpinan artinya rangkaian aktivitas penataan berupa kemampuan seorang pada mempengaruhi sikap orang lain pada situasi tertentu supaya bersedia bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

7. wahjosumidjo
dari Wahjosumidjo, pengertian kepemimpinan ialah kemampuan yg terdapat pada diri seseorang leader yang berupa sifat-sifat tertentu, seperti:

- Kepribadian (personality)
- Kemampuan (ability)
- Kesanggupan (capability)

8. Moejiono
Kepemimpinan artinya imbas satu arah, karena pemimpin bisa saja memiliki kualitas-kualitas eksklusif yg membedakan dirinya dengan pengikutnya

TUJUAN KEPEMIMPINAN

Kepemimpinan artinya kemampuan seorang manajer untuk mendorong orang yg beliau pimpin untuk bekerja dengan percaya diri dan  semangat. kepemimpinan jua memiliki tujuan untuk memberi motivasi kepada orang lain. seseorang pemimpin ada seorang yang sebagai sarana untuk mencapai tujuan, menggunakan memperhatikan apakah tujuan tercapai atau tidak serta bagaimana cara mencapai tujuan tersebut, maka kita mampu mengetahui jiwa kepemimpinan berasal seorang. Tujuan lain nya ialah buat memotivasi orang, pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu memotivasi pengikut/ bawahan buat mencapai tujuang yang diinginkan.

FUNGSI KEPEMIMPINAN dari HADARI NAWAWI

- Fungsi Instruktif
Pemimpin berfungsi menjadi komunikator buat menentukan seluruh aspek di pada sebuah organisasi. Cara mengerjakan perintah, melaksanakan serta melaporkan hasil, serta kawasan mengerjakan perintah harus diperhatikan agar setiap keputusan dapat berjalan efektif.

- fungsi konsultatif
Pemimpin menggunakan fungsi konsultatif menjadi komunikasi 2 arah. Komunikasi ini dipergunakan saat pemimpin hendak menetapkan kebijakan atau keputusan serta memerlukan pertimbangan dari gerombolan  yang dipimpinnya. menggunakan begitu, keputusan pun dapat diambil secara efektif serta maksimal .

- fungsi partisipasi
Fungsi partisipasi melibatkan anggota buat ikut serta dalam setiap pengambilan kebijakan.

- fungsi delegasi
pada fungsi delegasi, pemimpin wajib  mampu mempercayakan seorang yg dipimpinnya, seperti pelimpahan kewenangan dan  turut andil pada penentuan keputusan.

- fungsi pengendalian
Pemimpin wajib  bisa mengatur aktivitas dari para anggota agar tetap terarah. Pemimpin wajib  bisa memberi arahan, bimbingan, dan  model yg baik terhadap anggota.

fungsi kepemimpinan mempunyai 2 aspek yaitu

1. Fungsi administratif
pengadaan formula kebijakan administrasi di dalam suatu organisasi serta menyediakan segala fasilitasnya.

2. Fungsi menjadi top manajemen
fungsi pemimpin pada proses kegiatan pembuatan planning, Organizing, Staffing, Directing, Commanding, serta Controlling.

GAYA GAYA KEPEMIMPINAN

1. gaya kepemimpinan parsitipatif
Gaya kempemimpinan ini ialah atasan memberikan izin berpatisipasi pada bawahan dengan melibatkan bawahan pada mengambil keputusan selama sesuai dengan tujuan yg di capai, atasan akan melibatkan bawahan dalam hal apapun mengenai organisasi. umumnya suasana yg tercipta pada organisasi menjadi lebih nyaman antara atasan serta bawahan.

2. Gaya kepemimpinan delegatif
pada gaya kepemimpinan ini atasan menyampaikan ruang pada bawahan buat mengambil keputusan dan  melakukan sesuatu yg mereka yakini, tetapi hal ini umumnya terjadi apabila atasan telah yakin serta percaya kepada kemampuan/pengetahuan bawahan tersebut.

3. Gaya kepemimpinan otokratis
Gaya kepemimpinan ini bersifat otorkratis atau bisa di bilang pemimpinan yang paling dominan dalam pengambilan keputusan, pada gaya kepemimpinan ini bawahan hampir tidak ada kesempatan buat memberikan masukan pada pemimpin, korelasi antara pemimpin dan  bawahan pada gaya kepemimpinan ini adalah terlihat jelas terdapat batasan antara atasan serta bawahan.

4. Gaya kepemimpinan birokrasi
Gaya kepemimpinan inti dilakukan secara sistematis dan  terarah dengan jelas, dalam penerapannya, ada aturan-hukum eksklusif yang menghasilkan para bawahan wajib  mengikuti semua peraturan yg terdapat.

TEORI TEORI KEPEMIMPINAN

1. The great-man theory (teori orang hebat)
Teori kepemimpinan ini menyatakan bahwa pemimpin yg hebat memiliki sifat kepemimpinan yg terbawa asal lahir. Pemimpin tipe ini membawa sifat-sifat alami, seperti kecerdasan, keberanian, menciptakan kepercayaan diri, intuisi, dan  pesona. contoh, pada ketika umur 5 tahun keliru satu anak sudah bisa menjadi sosok yang disiplin dan  bisa memotivasi sahabat teman nya buat mengikuti perintah yang terdapat.

2. Trait theory (teori sifat)
Teori ini bersifat alami berdasarkan karakter/sifat kita, Sifat yg dimiliki, diantaranya daya tarik, kecerdasan, dan  kharisma.

3. Behaviour theory (teori perilaku)
Teori perilaku berfokus di sikap, sikap, serta lingkungan yang membentuk Anda sebagai pemimpin hebat. semisal anda meniru dari pemimpin sebelum nya atau dari lingkungan kurang lebih.

4.Transactional Theory of Management Theory (Teori Transaksional atau Teori Manajemen)
Prinsip yg dipergunakan pada teori transaksional ialah kesepakatan  antara pemimpin dan  bawahan perihal apa yang seharusnya dilakukan buat mendapatkan penghargaan, serta apa yg tidak seharusnya dilakukan buat menghindari hukuman.

5. Situational theory (teori situasional)
dalam teori ini, pemimpin akan menyesuaikan gaya kepimpinan nya bedasarkan situasi yang sedang di hadapi. Teori kepemimpinan situasional sangat mengedepankan fleksibilitas.

6. Transformational theory (teori transformasi)
Teori ini menyajikan hipotesis bahwa pemimpin yang ideal bisa membarui kesadaran, membangun semangat, serta menginspirasi orang-orang yg dipimpinnya.

ASPEK KEPEMIMPINAN

1. Transparasi
Pemimpin yg transparan merupakan pemimpin yang dapat perubahan atau bersedia melakukan perubahan

2. Percaya diri
Percaya diri adalah salah satu aspek primer berasal karakterisik pemimpin, pemimpin yang bersikap percaya diri cenderung disenangi dengan anggotanya, pemimpin yang tidak percaya diri cenderung bersikap arogan.

3. Ketegasan
Ketegasan sangat diharapkan pada sifat pemimpin karena dalam hal pengambilan keputusan, Hal ini memberikan komitmen yang akan melahirkan konsistensi.

4. Rendah hati
dengan sikap rendah hati seorang pemimpin akan tetap dekat dengan sekitarnya, pemimpin yg rendah hati akan menganggap kritik menjadi kesempatan buat berkembang.

seseorang pemimpin dapat mengkategorikan mempunyai sifat kepemimpinan trasformasional manakala mempunyai perilaku menjadi berikut :

1. Credible, sifat konsisten serta komitmen yg tinggi apa yang diucapkannya dengan yang diperbuat.
2. Creation Opportunities, membentuk peluang bagi orang lain buat meningkatkan pengetahuan serta ketrampilan.
3. Carying, membagikan kepedulian pada orang lain sebagai akibatnya menghasilkan bawahan merasa diakui sebagai bagian dari organisasi.
4. Communication, memiliki keterampilan komunikasi yang baik dengan orang lain.

model KEPEMIMPINAN yang BAIK

1. memiliki perilaku yg amanah dan  baik
2. Bertanggung jawab dengan segala keputusannya
3. Menghargai orang lain serta dapat mendapatkan kritik asal anggota organisasi/bawahan
4. Peduli dengan sekitarnya
5. bisa menyelesaikan masalah dan  berani

APA ITU DISIPLIN?

dari segi etimologi istilah, kata disiplin sendiri berasal asal bahasa Latin yaitu Discere yang merupakan belajar. disiplin merupakan sebuah kesadaran seorang buat mau dan  mampu mengendalikan diri dan  mematuhi aturan atau nilai-nilai yang sudah disepakati, yang berkaitan menggunakan hukum maupun tata cara yang berlaku diri sendiri maupun pada lingkungan sosial.

PENGERTIAN DISIPLIN berdasarkan PARA ahli

1. Bejo siswanto
pengertian disiplin artinya suatu perilaku menghargai serta menghormati, serta patuh dan  taat terhadap peraturan-peraturan yg ada, baik aturan yg tertulis maupun tidak, lalu mampu menjalankannya dengan baik serta menerima hukuman yg terdapat saat melakukan pelanggaran.

2. Suharsimi arikunto
pengertian disiplin adalah sebuah kepatuhan yg terdapat pada diri seseorang yang secara sadar dan  tanpa adanya paksaan, buat menjalankan aturan juga tata tertib yang terdapat.

3. Gary dessler
pengertian disiplin ialah sebuah prosedur yg dirancang buat mengoreksi atau menghukum seorang bahawan saat melanggar aturan.

4. Malayu S.P. Hasibuan
pengertian disiplin ialah kesadaran serta kesediaan orang-orang untuk mentaati semua peraturan perusahaan serta tata cara-adat sosial yang berlaku.

5. James drever
pengertian disiplin ialah kemampuan seorang buat mengendalikan perilakunya sinkron menggunakan tata cara yang berlaku.

karakteristik waktu

1. tak mampu terulang
waktu artinya suatu hal yang tidak mampu terulang, apalabila kita telah melewati suatu insiden, peristiwa tadi tidak bisa di ulangi lagi

2. mutlak
merupakan ketika adalah suatu hal yang tidak bisa pada ubah, tidak bisa pada percepat/perlambat, dan  waktu ialah suatu hal yg akan selalu terdapat.

TUJUAN DISIPLIN berdasarkan pakar

Sedangkan pendapat asal Emile Durkheim, tujuan asal disiplin ialah menjadi berikut:

- untuk mengembangkan suatu keteraturan dalam tindakan insan
- untuk memberikan target tertentu sekaligus membatasi cakrawala

Disiplin dibagi menjadi beberapa bagian, antara lain

1. Disiplin eksklusif : disiplin pribadi ialah kepatuhan seorang terhadap diri sendiri yang dapat memengaruhi perilaku.
2. Disiplin sosial : kepatuhan terhadap aturan yg berlaku dalam lingkungan bermasyarakat, sejalan dengan peraturan pada lingkungan tersebut.
3. Disiplin nasional : ketaatan suatu bangsa terhadap hukum yang berlaku pada berbangsa dan  bernegara yang menjadi perilaku mental serta cerminan suatu bangsa secara keseluruhan.

TUJUAN perilaku DISIPLIN

- buat membentuk suatu keteraturan dalam diri
- buat memperbaiki norma jelek
- buat membantu dan  berbagi pengendalian atas diri
- buat membangun prinsip agar seseorang bisa mencapai sasaran eksklusif dalam hidup

JENIS JENIS TINDAKAN DISIPLIN

1. Disiplin pada ketika
contoh tindakan disiplin pada ketika : mengerjakan/mengumpulkan tugas tepat waktu, tidak terlambat masuk kelas, dan  bekerja sesuai dengan waktu yang dipengaruhi.

2. Disiplin dalam menjalankan peraturan
contoh tindakan disiplin dalam menjalankan aturan : menjaga kebersihan lingkungan, tak mencoret coret tembok kawasan umum , dan  menaati peraturan lalu lintas.

3. Disiplin pada beribadah
contoh tindakan disiplin pada beribadah : bagi umat muslim melakukan sholat lima waktu, sembayang pada pura bagi umat hindu, saling menghargai terhadap kepercayaan  lain/toleransi.

4. Disiplin pada berbangsa serta bernegara
model tindakan disiplin pada berbangsa serta bernegara merupakan : membayar pajak sesuai dengan saat yang ditentukan, patuh pada peraturan kemudian lintas, membuang sampah pada tempatnya.

MANFAAT DISIPLIN

1. Menumbuhkan kepekaan
Bagi mereka yang telah pada ajarkan kedisiplinan sedari kecil akan menjadi insan yang peka/perduli terhadap orang lain.

2. Menumbuhan kepedulian
tidak hanya menumbuhkan kepekaan, kedisiplinan sedari kecil dapat menyebabkan rasa kepedulian terhadap sesama.

3. Mengajarkan keteraturan
Anak yg di ajarkan kedisiplinan akan menjadi teratur dan  patuh terhadap peraturan yang ada dan  dapat mengelola saat menggunakan baik.

4. Menumbuhkan rasa percaya diri
sikap disiplin akan menumbuhkan rasa percaya diri terhadap apapun yg dilakukan.

5. Menumbuhkan kemandirian
sikap disiplin dapat menumbukan perilaku kemandirian, dan  bisa mengikuti keadaan menggunakan lingkungan dengan baik.

6. Menumbuhkan sikap patuh
Kedisiplinan akan membentuk seseorang sebagai patuh terhadap peraturan/perintah dari orang lain.

7. Menumbuhkan ketenangan
karena menggunakan perilaku disiplin, kita melakukan segala hal nya dengan cara terorganisir, jadi setiap hal yg di lakukan, pada lakukan dengan benar serta tepat waktu.

contoh contoh sikap DISIPLIN

1. Disiplin pada sekolah
- mengerjakan pr tepat waktu
- tidak tiba terlambat
- mengikuti rapikan tertib sekolah

2. Disiplin pada jalan
- tak menerobos lampu merah
- menaati rambu rambu lalu lintas
- membawa surat surat lengkap

3. Disiplin pada tempat tinggal  
- menjaga keamanan lingkungan rumah
- menjaga kebersihan lingkungan rumah
- tidak Mengganggu tetangga

APA ITU MANAJEMEN waktu (time management) ?

Manajemen waktu merupakan bentuk upaya yg mampu dilakukan guna membagi porsi waktu yg Anda punya untuk masing-masing kegiatan tersebut. menggunakan istilah lain, pengertian time management adalah upaya menentukan skala prioritas waktu supaya permanen efektif dipergunakan dalam keseharian Anda. Tujuan primer asal manajemen saat ialah untuk melakukan pekerjaan secara efektif dan  efisien

PENGERTIAN MANAJEMEN waktu menurut PARA pakar

1. Abraham maslow
menyampaikan bahwa konsep manajemen waktu artinya tahu seberapa penting elemen waktu yg kita punya pada hidup serta menetapkannya buat memenuhi kebutuhan.

2. Forsyth
manajemen waktu ialah cara untuk mengendalikan waktu sebagai akibatnya bisa mencapai taraf efektivitas dan  produktivitas.

3. Orr
konsep pengaturan waktu adalah cara memanfaatkan waktu buat melakukan aktivitas yang dianggap penting serta tercatat pada tabel kerja.

4. Atkinson
manajemen waktu artinya suatu jenis keterampilan yang berkaitan menggunakan banyak sekali bentuk upaya dan  tindakan individu yang dilakukan menggunakan bersiklus supaya seseorang bisa memanfaatkan saat sebaik mungkin.

5. Leman
manajemen waktu ialah penggunaan dan  pemanfaatan saat sebaik mungkin menggunakan menghasilkan rencana aktivitas yang tersusun.

6. Frederick winslow taylor
manajemen waktu adalah sebuah proses pencapaian tujuan utama kehidupan sebagai yang akan terjadi berasal mengenyampingkan aktivitas yg kurang berguna dan  memakan banyak saat.

7. Davidson
manajemen waktu artinya sebuah cara buat memanfaatkan saat dengan sebaik mungkin dimana seorang mampu merampungkan pekerjaan menggunakan cepat serta cerdas.

8. Haynes
dari Haynes, pengertian manajemen waktu merupakan suatu proses langsung menggunakan memanfaatkan analisis dan  perencanaan pada menggunakan waktu untuk menaikkan manfaat serta efisiensi.

ciri MANAJEMEN waktu yg SUKSES

1. planning dan  prioritas
Sebelum melakukan suatu kegiatan atau aktifitas terdapat baiknya kita merencakan dulu serta memprioritas kan aktivitas tersebut, dengan begitu kita bisa jadi lebih teratur, mengerjakan segala hal nya tepat waktu serta seluruh sesuai menggunakan yang di inginkan.

2. evaluasi
Luangkan waktu sesudah melakukan kegiatan pada hari itu buat mencatat hal apa saja yg telah tercapai dan  apa yang belum tercapai, dengan begitu kita mampu mengevaluasi apa yg menganggu/merusak pencapain yang dituju.

3. Rehat
Buatlah jadwal buat beristirahat dan  menjernihkan pikiran. Rencanakan olahraga yg teratur dan  masukkan ke pada rutinitas harian atau mingguan kamu agar tetap sehat dan  bugar. berhenti melakukan pekerjaan jika telah merasa lelah atau tidak fokus.

4. Delegasi
Jika terdapat pekerjaan yang besar , delegasikan tugas kepada bawahan atau rekan kerja. Jika terdapat rekan kerja atau bawahan yg siap membantu, jangan tolak, terima donasi tersebut buat menghemat waktu.

MANFAAT MANAJEMEN waktu

1. Manajemen waktu bisa menghasilkan seorang menjadi disiplin dan  tepat waktu
2. Manajemen waktu bisa membuat seseorang sebagai terorganisir
3. Manajemen waktu bisa menaikkan rasa percaya diri serta moral seorang
4. Membantu mengurangi kecenderungan buat menahan-nunda pekerjaan yg harus diselesaikan
5. bisa membantu untuk mencegah terjadinya bentrok waktu pada mengerjakan dua atau lebih pekerjaan dalam waktu yang bersamaan
dampak MANAJEMEN waktu yg jelek

1. terburu buru
Dikarenakan pengaturan waktu yg buruk, kita bisa jadi terburu buru dalam segala hal sebab perhitungan/pengaturan waktu yg buruk.

2. tak tepat waktu
tidak tepat waktu menjadi salah satu dampak bila kita tidak mampu mengatur saat, kemungkinan buat terlambat/tak tepat waktu sangat besar.

3. Disorganisasi
cobalah catat pekerjaan yang ingin engkau  kerjakan dan  tentukan waktu pengerjaannya supaya waktu sehari-harimu tetap teratur.

4. Kurang tidur
karena tidak mampu mengatur saat, terpaksa kita melakukan hal yang tidak terlaksanakan pada malam hari, akhirnya berdampak kepada jam tidur yang kurang.

TIPS MELAKUKAN MANAJEMEN waktu

1. rencana kan semua hal yang kelak akan dilakukan, menggunakan melakukan perencaan, segala hal akan terlaksanakan secara terorganisir

2. Selalu disiplin memperhatikan waktu setiap saat

3. Tegas mengatakan tidak
Terkadang kita wajib  tegas berkata tidak pada diri sendiri terhadap keinginan kita, kita harus tetap fokus /memprioritaskan tujuan awal kita
4. menetapkan batas ketika buat menuntaskan tugas
belajarlah buat memutuskan batas saat buat setiap tugas. kamu bisa coba time boxing, keliru satu teknik manajemen waktu yang mampu membentuk kita menjadi lebih disiplin serta penekanan pada menyelesaikan pekerjaan.

5. Hindari multitasking
Multitasking dapat menurunkan keproduktivitias sebanyak 40%, kita cenderung sering berganti-ganti tugas/pekerjaan buat merampungkan semuanya. Ini menghasilkan tugas tidak terselesaikan dengan maksimal  dan  membentuk kita jadi lebih praktis lelah.

6. penekanan/ batasi distraksi
ada banyak hal yg mampu menghasilkan penekanan jadi buyar atau terganggu. contohnya, push notifikasi, email, chat di group WhatsApp, serta lainnya. coba buat mute/matikan handphone sejenak ketika melakukan pekerjaan agar permanen penekanan serta tidak ter distract  pada hal lain.

konklusi

Kepemimpinan, disiplin, serta manajemen waktu adalah hal yg saling berafiliasi, kemimpinan adalah suatu hal yang kita butuhkan buat memimpin suatu organisasi/perusahaan, untuk menjadi seorang pemimpin, kedisiplin artinya salah satu karakteristik seseorang pemimpin, begitu juga manajemen waktu, Pengelolaan ketika yg baik bisa membantu Anda buat meningkatkan kinerja dan  karier Anda. Manajemen waktu yg baik memungkinkan Anda bekerja lebih cerdas bukan lebih keras sehingga Anda dapat menuntaskan lebih banyak dalam waktu yg lebih singkat. manajemen waktu dapat ditentukan oleh beberapa faktor diantaranya usia, jenis kelamin, adanya target yang jelas, adanya prioritas kerja, penundaan pekerjaan, pendelegasian tugas, penataan ruang kerja.

Sekian penerangan saya perihal kepemimimpinan, disiplin, dan  manajemen waktu

Pusaka :

https://accurate.id/lifestyle/pengertian-disiplin/

Portal Universitas Quality
http://portaluniversitasquality.ac.id ...PDF
BAB II URAIAN TEORITIS 2.1 Kepemimpinan 2.1.1 Pengertian ...

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
https://pauddikmasdiy.kemdikbud.go.id ...
Disiplin membangun Karakter Bangsa - BP PAUD dan Dikmas DIY

UIN Suska Riau
https://repository.uin-suska.ac.id ...PDF
BAB II LANDASAN TEORI A. Kerangka Teori 1. Manajemen waktu a ...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun