Mohon tunggu...
Ahmad Rafiq
Ahmad Rafiq Mohon Tunggu... Guru - PPPK / SMKN 8 Garut

Saya seorang Pendidik di SMKN 8 Garut Mengajar Mapel Produktif TKJ dan MM

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

LK 3.1. Best Practice Ahmad Rafiq 201502644918 UNP

20 Januari 2023   10:24 Diperbarui: 20 Januari 2023   12:23 310
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lokasi 

SMKN 8 GARUT

Lingkup Pendidikan 

Sekolah Menengah Kejuruan

Tujuan yang ingin dicapai

  • Upaya Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kreativitas Peserta didik
  • Upaya Untuk Mengatasi Kesulitan Memahami Materi Pelajaran 

Penulis 

Ahmad Rafiq, SE

Tanggal 

15 Desember 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

  • Latar belakang

Kondisi yang menjadi latar belakang permasalahan rencana aksi berdasarkan pengalaman dan kondisi sekolah tempat saya mengajar  diantaranya adalah :

  • Peserta didik yang datang terlambat
  • Peserta didik terlihat kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran
  • Peserta didik harus selalu diberi arahan dan kebingungan saat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
  • Peserta didik belum mampu mengembangkan kreatifitasnya dan masih menyukai meniru pekerjaan peserta didik yang lain.

Berdasarkan latar belakang tersebut maka dapat disimpulkan yang menyebabkan rendahnya motivasi dan kreatifitas peserta didik kelas X TKJ pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis yaitu guru belum menerapkan pembelajaran yang inovatif dan masih bersifat teacher center serta penggunaan media pembelajaran yang belum memanfaatkan TPACK secara optimal. Hal ini menyebabkan pembelajarn menjadi menoton yang pada akirnya peserta didik merasa bosan dan jenuh terhadap pembelajaran yang diakukan oleh guru secara tidak langsung hal ini juga berpengaruh terhadap kurang berkembangnya kreatifitas yang dimiliki oleh peserta didik diikuti dengan hasil belajar yang belum mencapai KKM.

Menurut saya praktik pembelajaran  ini penting untuk dibagikan karena diharapkan dapat memotivasi dan menginspirasi rekan guru yang lain. Pada kenyataannya masih banyak guru yang memiliki permasalahan yang hampir sama dengan yang saya alami.

  • Peran dan Tanggung jawab

Peran saya pada rencana aksi ini adalah sebagai guru dan pengatur skenario yang bertanggung jawab untuk melaksanakaan pembelajaran secara efektif, menggunakan metode yang tepat, menyiapkan media pembelajaran yang inovatif sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

 

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

  •  
  • Tantangan Mencapai Tujuan

Dari hasil kajian wawancara dan literatur yang menjadi penyebab masalah untuk mendapatkan tujuan yang ingin dicapai adalah :

  • Guru kurang menguasai metode pembelajaran yang terpusat pada peserta didik.
  • Guru kurang menguasai model pembelajaran inovatif.
  • Pemberian apresiasi atas hasil kerja peserta didik yang masih kurang sehingga tingkat peserta didik menjadi kurang percaya diri.
  • Kondisi internal/kepribadian siswa
  • Kurangnya penerapan media pembelajaran yang menarik perhatian siswa.
  • Peserta didik yang belum terbiasa dengan berpikir kreatif.

Dari penyebab diatas yang menjadi tantangan bagi guru adalah :

  • Memilih media pembelajaran yang inovatif dan bervariatif sehingga menarik minat peserta didik untuk belajar.
  • Memilih metode pembelajaran yang bervariatif dan tepat untuk meningatkan antusias peserta didik.
  • memilih model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan karakteristik materi ajar dan peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
  • Dari semua tantangan tersebut dapat disimpulkan bahwa yang menjadi tantangan guru yaitu guru harus memiliki kompetensi pedagogik dan profesional.
  • Yang Terlibat
  • Moh. Rofik Zen. S.Pd.,M.M.Pd sebagai Kepala Sekolah yang telah memberikan izin terlaksananya Praktik Pembelajaran ini
  • Peserta Didik Kelas X TKJ 1 yang sudah bersedia menjadi Objek pada Praktek Pembelajaran ini.
  • Rekan sejawat yang telah membantu terlaksananya Praktik Pembelajaran ini.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah -- Langkah yang dilakukan

Langkah yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi tantangan tersebut adalah :

1. Pemilihan Media ajar

  • Strategi yang dilakukan dalam pemilihan media ajar dengan memahami materi ajar yang akan diajarkan dan memahami karakter peserta didik sehingga media tersebut bisa meningkatkan motivasi dan kreatifitas peserta didik.
  • Proses membuat media ajar menggunakan aplikasi canva karena lebih mudah diaplikasikan lebih efisien dan tampilan lebih menarik.
  • Sumber daya yang diperlukan untuk membuat media diantaranya yaitu memahami karakter media yang akan digunakan, menguasai media yang akan digunakan, menguasai aplikasi canva yang akan digunakan untuk membuat media video.
  • Pemilihan model dan metode pembelajaran
  • Strategi
  • Guru harus memahami karakter peserta didik,lingkungan belajar dan karakteristik materi yang kan diajarakan. Berdasarkan materi ajar yang saya ambil yaitu KD 3.2 Fungsi dan Unsur Warna CMYK dan RGB dan KD.3.3. Prinsip Tata Letak (Layout) maka Model pembelajaran yang digunakan yaitu PJBL dengan metode ceramah, diskusi dan prkatikum. Model PJBL ini mampu untuk meningkatkan Motivasi dan Kreatifitas peserta didik
  • Memahami sintak sintak yang harus ada pada model PJBL agar pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif. PJBL ada 6 Sintak yang harus di laksanakan yaitu
  • Fase 1. Menentukan Pertanyaann Mendasar
  • Fase 2. Merancang Project
  • Fase 3. Menyusun Jadwal Project
  • Fase 4. Memonitor Kemajuan Project
  • Fase 5. Evaluasi Hasil Project
  • Fase 6. Evaluasi Pengalaman Belajar
  • Sumber daya yang dibutuhkan guru untuk merupakan pemahaman sintak -- sintak PJBL dan memahami materi yang akan diajarkan sehingga pelaksanaan praktik pembelajara ini dapat sesuai.

2. Pemilihan media ajar

  • Strategi yang dilakukan dalam pemilihan media ajar dengan memahami materi ajar yang akan diajarkan dan memahami karakter peserta didik sehingga media tersebut bisa meningkatkan motivasi dan kreatifitas peserta didik.
  • Proses membuat media ajar menggunakan aplikasi canva karena lebih mudah diaplikasikan lebih efisien dan tampilan lebih menarik.
  • Proses Pembuatan Media :
  • Memilih Materi ajar yang akan diterapkan
  • Membuat slide presentasi menggunakan Canva
  • Membuat Video pembelajaran menggunakan Canva dan Filmora
  • Sumber daya yang diperlukan untuk membuat media diantaranya yaitu memahami karakter media yang akan digunakan, menguasai media yang akan digunakan, menguasai aplikasi canva yang akan digunakan untuk membuat media video.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

  • Dampak dari Aksi

Berdasarkan hasil dari pelaksanaan Praktek Pembelajaran yang telah dilakukan dapak yang diperoleh diantaranya :

  • Motivasi dan kreatifitas peserta didik kelas X TKJ 1 mengalami peningkatan. Dengan demikian pemilihan model pembelajaran inovatif PJBL sudah efektif. Peserta didik terlihat antusias untuk mengerjakan project dan kreatifitasnya juga meningkat.
  • Pembelajaran menjadi Student center sehingga peserta didik menjadi lebih bebas untuk mengembangkan kreatifitas dan guru hanya bertindak sebagai fasilitator. Penggunaan metode pembelajaran yang bervariatif mampu meningkatkan motivasi peserta didik karena pembelajaran menjadi tidak menoton.
  • Peserta didik mengalami peningkatan dalam kemampuan memahami materi pelajaran Dasar Desain Grafis. Hal ini terlihat dari hasil project yang dibuat oleh peserta didik yang sudah mampu untuk menerapkan teori yang dipelajari terhadap project yang dibuat.
  • Respon 

Respon peserta didik terhadap pembelajaran ini terlihat positif dimana peserta didik sangat senang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran hal ini bisa dilihat dari respon peserta didik ketika melakukan refleksi dan evaluasi pengalaman belajar.

Berikut ini dilampirkan beberapa hasil project peserta didik :

  • Faktor Keberhasilan

Keberhasilan praktek pembelajaran ini dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya ditentukan oleh kemampuan guru mengkondisikan peserta didik, menguasai materi ajar, mengenal karakter peserta didik dan memahami langkah-langkah model PJBL. Selain itu juga faktor kesiapan peserta didik dan sarana pendukung lainnya.

  • Pembelajaran Seluruh Proses

Yang menjadi Pembelajaran dari keseluruhan proses ini adalah guru harus terus belajar dan mengembangkan keterampilannya sehingga menjadi guru yang kreatif dan inovatif dalam pembelajaran, menggunakan model pembelajaran yang inovatif sehingga proses pembelajaran menjadi student center dan menggunakan metode yang bervariatif sehingga pembelajaran lebih menyenangkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun