UMKM merupakan usaha produktif yang dimilki perorangan sebagai usaha mikro. UMKM ini memilki tujuan untuk memperluas lapangan pekerjaan serta memberikan layanan pada masyarakat agar lebih luas. Sebelum menjadi UMKM seseorang harus memenuhi persyaratan umum yauitu memilki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan memiliki Surat Keterangan Usaha. UMKM bisa bergerak pada beberapa bidang yaitu bergerak di bidang induastri, manufaktur, dan sumber daya manusia. UMKM memilki fungsi terhadap perekonomian Indonesia meliputi sarana pemerataan pada tingkat ekonomi rakyat kecil.
Saat ini Indonesia menjadikan salah satu dari 20 negara dengan perekonomian di dunia. Pada saat ini UMKM sangat mempengaruhi perekonomian negara. Besarnya pengaruh UMKM pada perekonomian negara menyebabkan berbagai kementrian dan lembaga-lembaga memberikan perhatian khusus termasuk Bank Indonesia. Bank Indonesia Sulawesi Selatan ditunjuk untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti :
1.Sosialisasi BBI &BWI Kepada Zilenial
Sosialiasi tersebut merupakan pembuatan video edukasi kepada Zilenial agar menumbuhkan nilai-nilai bangga kepada produk buatan dalam negri dan bangga dengan banyaknya wisata di Indonesia agar bisa keterkaitan sejak dini.
2.On Bording UMKM
On Bording UMKM merupakan kegiatan yang bekerja sama dengan beberapa top brand e-commerce memfasilitisai lebih dari 500 UMKM sebagai peserta.
3.Kurasi Produk UMKM
Kurasi produk UMKM merupakan kegiatan yang mengevaluasi produk yang melibatkan lebih dari 650 produk UMKM binaan Indonesia.
4.UMKM Reward
UMKM reward merupakan program untuk mengembangkan melalui seleksi dan terpadu agar bisa menghasilkan UMKM campion.
5.Showcasing UMKM
Showcasing UMKM merupakan program untuk memasarkan produk local, telah dilakukan showcasing UMKM pada 10 Provinsi Maluku dan Papua.
6.Pangandreang
Merupakan tempat promosi kuliner local yang bermitra dengan beberapa platfrom digital.
7.Citarasa Sulampua
Citarasa Sulampua merupakan program untuk mempromosikan kopi loka dari Salampua yang didisplay dikedutaan besar di Tokyo.
8.Bisnis Matching UMKM
Program ini telah tersalurkan ktredit lebih dari 31.000 UMKM dengan total nilai sampai 1,3 Trilliun. Transaksi eksport lebih dari 1,6 ton dengan nilai 2,1 M.
9.Bangga Fashionta
Ekspedisi 100 baju yang dimodifikasi dengan beberapa suasana bertujuan agar masyarakat mampu meningkatkan minat masyarakat menggunakannya.
Maka dari itu, kita sebagai masyarakat Indonesia harus mengutamakan produk didalam negri. UMKM saat ini sangatlah berpengaruh dengan perekonomian Indonesia, minat yang dimilki oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia untuk terjun pada UMKM sangatlah tinggi. Perhatian khusus pemerintah sangatlah penting untuk meningkatkan minat dari masyarakat Indonesia.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI