Setelah mengumumkan akan menambah fitur AI pada berbagai macam produknya, akhirnya Google memperkenalkan fitur search berbasis AI pada konferensi Google I/O beberapa hari lalu. Â
Google Search dipilih sebagai produk pertama yang menjadi momentum evolusi google dengan klaim lebih nyaman secara visual, penggunaan lebih mudah, personal, dan jauh lebih humanis dari sebelumnya.
Meskipun belum pasti tanggal rilisnya, Google memastikan terobosannya ini bisa segera dinikmati dalam waktu dekat oleh khalayak luas secara bertahap.
Lalu apa saja keunggulan yang siap ditawarkan?
Sesuai dengan pernyataan Wakil Presiden Google Search, Liz Reid, pengalaman berselancar yang akan difokuskan nantinya lebih  menyesuaikan kebutuhan dan preferensi generasi muda sebagai target utama.
Hasil Pencarian Lebih Lengkap dan Beragam
Biasanya, butuh beberapa keyword yang dicari terpisah untuk menjawab sebuah permasalahan. Pengguna harus mengumpulkan sendiri jawaban setelah menelusuri beberapa halaman.
Tapi kedepannya, cukup dengan satu kali pencarian saja, pengguna sudah bisa mendapatkan jawaban secara lengkap dengan bantuan AI dalam bentuk ringkasan.
Berkomunikasi Dengan Pengguna
Menjanjikan akan tampil lebih humanis, Google juga memberikan tambahan fitur action lainnya yang bisa dipilih pengguna sebagai tools untuk berkomunikasi lebih lanjut sembari mendapatkan informasi tambahan.
Tools ini juga akan muncul pada hasil pencarian pengguna, tepatnya dibawah penjelasan AI dalam bentuk beberapa follow up questions yang bisa dipilih.
Dengan begitu user akan masuk kedalam conversation mode tanpa harus beralih halaman.
Google Shopping Lebih Mudah
Menyesuaikan kebiasaan belanja online target pengguna yang lebih muda, Google Search juga melakukan perbaikan pada segi riset dan rekomendasi produk apa yang bisa pengguna beli.
Sebagai contoh jika pengguna mencari produk sepeda apa yang harus dibeli untuk kondisi tertentu, maka Google akan membantu untuk menyediakan hasil yang jauh lebih relevan dengan mencantumkan review, harga, toko mana yang menyediakan produk, hingga alasan kenapa produk itu cocok. Hal ini membantu pengguna untuk merasa lebih confident ketika akan berbelanja.
Dengan ketiga hal ini lah, Google berharap bisa semakin mengukuhkan posisinya sebagai platform pencarian 'terpercaya' dengan kemampuan menyempurnakan jawaban yang dicari penggunanya dengan cara yang lebih pintar juga lebih mudah.
Sumber:
https://searchengineland.com/google-search-to-become-more-visual-snackable-personal-and-human-411769Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H