Mohon tunggu...
Raditya Abel Yudanta
Raditya Abel Yudanta Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang anak laki-laki yang tertarik dengan film dan dunia sepak bola (hanya penonton)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengemas Evaluasi Pembelajaran dengan Media yang Menarik

12 Juli 2022   20:11 Diperbarui: 12 Juli 2022   20:15 929
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proses pembelajaran menjadi aktivitas perpindahan informasi dari pendidik ke peserta didik. Setiap melakukan proses perpindahan suatu hal tentunya perlu adanya sarana. Sarana dapat dikatakan sebagai media, dalam konteks pendidikan bisa disebut media pembelajaran. 

Media dan proses pembelajaran merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Media pembelajaran merupakan suatu alat dengan berbagai bentuknya yang digunakan oleh pendidik guna mempermudah guru dalam berinteraksi dengan peserta didik ketika menyampaikan materi. 

Keberadaan media pembelajaran dapat menjadikan proses pembelajaran lebih efektif dan efisien. Dapat juga dikatakan media pembelajaran dapat mempermudah guru dalam menjalankan proses pembelajaran.

Pada dasarnya media pembelajaran menjadi alat yang digunakan sebagai alternatif modus belajar dari pengalaman langsung.Maka dari itu, media pembelajaran harus dirancang agar inovatif, efektif, dan efisien. Dengan begitu media ini dapat memberikan pengalaman baru bagi peserta didik. 

Dalam perancangan media pembelajaran ini kreativitas pendidik benar-benar dioptimalkan. Pendidik harus kreatif dalam merancang media pembelajaran agar proses pembelajaran tidak bersifat monoton agar  peserta didik tidak merasa bosan. Media pembelajaran harus dikombinasikan dengan proses pembelajaran yang variatif. 

Pembelajaran tidak selalu komunikasi satu arah di mana guru banyak bertindak. Dengan media pembelajaran kegiatan belajar dapat diselingi dengan kuis ataupun permainan yang masih menyangkut dengan materi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik. Berkat variatifnnya media pembelajaran ini memungkinkan meningkatkan motivasi belajar peserta didik karena mereka merasa kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan.

            Proses pembelajaran terdiri dari berbagai tahapan, dari perencanaan hingga evaluasi. Bagi peserta didik biasanya tahap evaluasi ini yang menjadi ganjalan dalam proses pembelajaran. Guna mengatasi hal tersebut mengkombinasikan tahap evaluasi pembelajaran dengan media pembelajaran dapat menjadi pilihan yang tepat. 

Sebab media pembelajaran  dirasa lebih variatif dan dapat menjadikan pengalaman baru bagi peserta didik. Evaluasi dalam proses pembelajaran memiliki peran yang vital. 

Dengan evaluasi ini guru mampu mengetahui perkembangan kemajuan pembelajaran dari peserta didik. Sehingga guru dapat memerbaiki kekurangan dari proses pembelajaran tersebut. Yang pada akhirnya akan bermuara pada hasil lulusan yang kompeten karena memenuhi standar tertentu.

            Pembelajaran bahasa Indonesia dalam melakukan proses evaluasi dapat menggunakan berbagai macam jenis penilaian. Apabila ingin menguji aspek keterampilan peserta didik penilaian yang cocok yaitu dengan menggunakan penilain hasil kerja, penilaian kinerja, atau juga bisa menggunakan penilaian proyek. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun