Mohon tunggu...
Radiatul Adawia
Radiatul Adawia Mohon Tunggu... Wiraswasta - Mahasiswa

Baca buku

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas UAS tentang Piskologi Belajar Manfaat dan Cara Menjadi Pengajar Baik

25 Desember 2022   14:08 Diperbarui: 25 Desember 2022   14:19 158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kegiatan mengajar tidak hanya berhubungan dengan pemahaman dan penyampaian materi, melainkan juga berhubungan erat dengan psikologi belajar. Mengapa? Sebab dalam kegiatan mengenyam pendidikan biasanya berlangsung dalam kurun waktu yang lama. 

Di Indonesia sendiri misalnya, masyarakat diwajibkan menuntut pendidikan dasar selama 9 tahun. Mulai dari jenjang SD, kemudian SMP, dan berlanjut ke jenjang SMA. Masa 9 tahun tentu bukan masa yang singkat.

 

Maka tenaga pendidik terutama di lingkungan perguruan tinggi perlu melibatkan psikologi dalam kegiatan mengajar. Pengetahuan tentang psikologi dalam mengajar membantu para dosen untuk bisa menyesuaikan tuntutan zaman. 

Mulai dari pemahaman materi pembelajaran yang relevan dengan kondisi terkini. Sampai memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan yang sesuai untuk mahasiswa bisa punya daya saing tinggi di dunia kerja dan saat terjun ke tengah masyarakat. Lalu, apa itu psikologi belajar? 

Pengertian Psikologi Belajar

Hal penting pertama yang perlu dipahami tenaga pendidik adalah pengertian dari psikologi belajar yang juga dikenal dengan sebutan psikologi pendidikan. Sebelumnya, perlu mengetahui dulu pengertian psikologi secara umum. 

Psikologi secara etimologi atau secara asal kata berasal dari bahasa Yunani, yaitu psyche yang artinya "jiwa". Kemudian juga dari kata logos yang artinya "ilmu pengetahuan". Maka secara etimologi, psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa baik mengenai macam-macam gejalanya, prosesnya maupun latar belakangnya.

Beberapa ahli mendefinisikan psikologi sebagai ilmu jiwa, dan beberapa lagi mendefinisikannya sebagai ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia. Sedangkan psikologi belajar maka pengertian psikologi digabungkan dengan pengertian belajar. 

Belajar merupakan aktivitas yang dilakukan individu secara sadar untuk mendapatkan sejumlah kesan dari apa yang telah dipelajari sebagai hasil dari interaksinya dengan lingkungan sekitarnya.

Sehingga psikologi belajar atau psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tentang prinsip-prinsip manusia dalam proses belajar dan pembelajaran. 

Melalui psikologi pendidikan ini, seorang tenaga pendidik memiliki kesempatan untuk mengetahui kondisi kejiwaan peserta didiknya. Sehingga tenaga pendidik tersebut tahu kapan peserta didik paham dan kapan sebaliknya, kemudian bisa menjelaskan ulang.

Belajar merupakan aktivitas yang dilakukan individu secara sadar untuk mendapatkan sejumlah kesan dari apa yang telah dipelajari sebagai hasil dari interaksinya dengan lingkungan sekitarnya.

Sehingga psikologi belajar atau psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tentang prinsip-prinsip manusia dalam proses belajar dan pembelajaran. 

Melalui psikologi pendidikan ini, seorang tenaga pendidik memiliki kesempatan untuk mengetahui kondisi kejiwaan peserta didiknya. Sehingga tenaga pendidik tersebut tahu kapan peserta didik paham dan kapan sebaliknya, kemudian bisa menjelaskan ulang.

Lister D. Crow and Alice Crow

Definisi yang pertama dikemukakan oleh Lister D. Crow dan juga Alice Crow. Melalui buku mereka yang berjudul "Educational Psychology" keduanya menjelaskan pengertian dari psikologi belajar. 

Menurut mereka, psikologi belajar adalah Ilmu pengetahuan praktis yang berusaha untuk menerangkan belajar sesuai dengan prinsip-prinsip yang ditetapkan secara ilmiah dan fakta-fakta sekitar tingkah 

W.S. Winkel

u manusia.

Pendapat yang kedua disampaikan oleh W.S Winkel yang menjelaskan definisi psikologi pendidikan melalui bukunya yang berjudul "Psikologi Pendidikan dan Evaluasi.   

Winkel menjelaskan, psikologi pendidikan adalah salah satu cabang dari psikologi praktis yang mempelajari prasarat-prasarat (fakta- fakta) bagi belajar di sekolah berbagai jenis belajar dan fase-fase dalam semua proses belajar.

James Drever

Pendapat ketiga datang dari James Drever yang menjelaskan definisi psikologi pendidikan dalam bukunya yang bertajuk "Kamus Psikologi". Beliau menjelaskan bahwa psikologi pendidikan adalah cabang dari psikologi terapan (applied psychology) yang berkenaan dengan penerapan asas-asas dan penemuan psikologis problema pendidikan ke dalam bidang pendidikan.

H. Carl Witherington

 Belajar". 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun