Mohon tunggu...
Raden YasminQurratu
Raden YasminQurratu Mohon Tunggu... Human Resources - Mahasiswa

Mahasiswa program studi Pendidikan Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia, bidang konsentrasi Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

MBKM Mandiri Prodi Pendidikan Masyarakat UPI: Pelatihan Digital Sales & Visual Merchandise di Industri Retail Fashion Pemagangan Guru BBPPMVP 2024

20 Juni 2024   20:08 Diperbarui: 20 Juni 2024   20:24 259
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Peserta Pelatihan dan HRD PT Shafira Laras Persada sebagai penyelengga/dokpri

Bandung -- Selasa-Rabu, 28-29 Mei 2024 telah berlangsung kegiatan Pelatihan Digital Sales & Visual Merchandise bagi pemagangan guru BBPPMVP BISPAR yang diselenggarakan oleh PT Shafira Laras Persada.

Universitas Pendidikan Indonesia sebagai upaya membantu mengembangkan diri serta proses belajar mahasiswanya, mendukung sepenuhnya berbagai program yang dirancang oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) diantaranya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Terdapat banyak pilihan program yang disediakan oleh MBKM, salah satunya yakni MBKM Magang Mandiri sebagai wadah yang memberi kesempatan bagi para mahasiswa untuk menjalani pembelajaran secara langsung (praktik) di dunia kerja, agar dapat beradaptasi dengan dunia kerja.

Program Studi Pendidikan Masyarakat ikut berkontribusi dan mendukung berbagai kurikulum yang dirancang oleh Universitas Pendidikan Indonesia salah satunya yakni melibatkan/mengikut sertakan mahasiswanya untuk dapat mengikuti program magang mulai dari Semester 6. Terdapat berbagai pilihan magang yang dapat diikuti oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Masyarakat, diantaranya MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) dan MBKM Magang Mandiri ke berbagai perusahaan yang telah bekerjasama dengan prodi Pendidikan Masyarakat. Salah Satunya PT Shafira Laras Persada (Shafira Corporation).

PT Shafira Laras Persada (Shafira Corporation) merupakan perusahaan yang berlokasi di Kota Bandung, bergerak di bidang industri retail yang menghasilkan berbagai produk busana muslim. Pada kegiatan terbarunya, Shafira Corporation menyelenggarakan pelatihan dengan sasaran peserta guru-guru BBPPMVP BISPAR yang sekaligus sedang menjalani kegiatan magang di Shafco. Pelatihan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan guru vokasi (SMK) di bidang digital marketing dan visual merchandise. Selain itu, tentu saja diharapkan melalui pelatihan ini, dapat membantu para guru tersebut untuk dapat mengaplikasikan ilmunya di kehidupan sehari-hari, serta meneruskan ilmu tersebut ke setiap anak didik nya di sekolah vokasi (SMK) masing-masing.

BBPPMVP BISPAR atau Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bisnis dan Pariwisata merupakan lembaga penyelenggara program pelatihan bagi guru-guru PKK (Pendidikan Kesejahteraan Keluarga) pada sekolah kejuruan (SMK) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia. Dalam programnya, setiap guru SMK yang terpilih dapat mengikuti dan berkesempatan untuk belajar secara langsung di industri melalui kegiatan magang.

Pelatihan terbaru yang diselenggarakan oleh Shafira Corporation terfokus pada dua aspek yakni pertama pelatihan visual merchandise dan kedua pelatihan digital marketing/sales yang diselenggarakan selama 2 hari yakni pertama pelatihan visual merchandise pada hari selasa, 28 Mei 2024. Pada hari berikutnya, dilanjutkan dengan pelatihan digital marketing/sales hari Rabu, 29 Mei 2024.

Peserta Pelatihan Visual Merchandise/dokpri
Peserta Pelatihan Visual Merchandise/dokpri
Peserta Pelatihan Digital Sales/Marketing/dokpri
Peserta Pelatihan Digital Sales/Marketing/dokpri

Pemilihan sasaran peserta pelatihan ini tentunya juga sudah dirancang sedemikian rupa sehingga sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dari pelatihan tersebut dan sesuai dengan kemampuan serta minat dari peserta. Peserta pelatihan merupakan guru SMK dari beberapa sekolah yang berbeda, yang sebagian besar profesinya yakni mengajar di bidang/jurusan yang berkaitan seperti marketing, bisnis, dan sejenisnya.

Pada hari pertama kegiatan pelatihan, materi yang disampaikan pada peserta yakni seputar visual merchandise dimana peserta diberi materi hingga praktik bagaimana cara menata produk di toko agar terlihat lebih menarik dan dapat membantu meningkatkan penjualan. Sesi ini dipimpin oleh seorang pemateri yang ahli dan tentu sudah berpengalaman di bidang visual merchandise yakni Bapak Adhi Purnomo selaku General Manager Store Development & Visual Merchandise di Shafira Corporation.

Pada hari kedua kegiatan pelatihan, materi yang disampaikan pada peserta sudah mulai berfokus  pada digital marketing dan digital sales dimana para peserta diberi materi hingga arahan langsung, strategi pemasaran digital hingga pemanfaatan media sosial e-commerce untuk membantu meningkatkan penjualan.

Kegiatan Penyampaian Materi Pelatihan oleh Pemateri Bapak Adhi Purnomo/dokpri
Kegiatan Penyampaian Materi Pelatihan oleh Pemateri Bapak Adhi Purnomo/dokpri

Pada perencanaannya, sebagai bentuk kontribusi penulis yang merupakan mahasiswa magang melalui program MBKM Magang Mandiri di Shafira Corporation dengan peran dan bidang pekerjaan sebagai HRD, yang bertugas merancang dan memfasilitasi berbagai pelatihan yang terselenggara, dalam pelatihan kali ini bertanggung jawab sebagai Fasilitator Pelatihan.

Terselenggaranya kegiatan pelatihan ini tentu memerlukan persiapan yang matang, dibuktikan dengan perencanaan yang dilakukan dari beberapa bulan sebelum kegiatan terselenggara. Tentunya berbagai pihak dari Shafira Corporation (salah satunya tim HRD) bekerjasama dengan baik dalam merancang seluruh rangkaian kegiatan dari mulai perencanaan, perancangan, persiapan, pelaksanaaan hingga memastikan kegiatan pelatihan ini berlangsung dengan lancar sesuai tujuan dan rencana yang telah dibuat.

Pelatihan Digital Sales & Visual Merchandise ini berjalan dengan metode pelatihan presentasi oleh pemateri, diskusi aktif interaktif hingga praktik langsung yang dilakukan oleh setiap peserta, agar setiap peserta mendapatkan kesempatan simulasi untuk menerapkan ilmu pelatihan serta pengetahuan yang mereka miliki dengan baik. Pelatihan ini dapat dikatakan berjalan dengan lancar bahkan sukses sesuai dengan tujuan yang diharapkan ketika perencanaan pelatihan, dibuktikan dengan feedback positif yang diberikan oleh peserta pelatihan setelah kegiatan pelatihan selesai terlaksana.

Menurut Pak Yopi Hadiana salah satu peserta dalam pelatihan ini, menyampaikan pendapatnya "sebagai seorang guru yang mengikuti dan mendapat ilmu baru dari pelatihan ini, saya merasa puas sekaligus senang, karena selain materi yang bermanfaat, pelatihan ini juga berjalan dengan interaktif dan menyenangkan. Semua peserta termasuk saya mendapat kesempatan belajar (praktik) yang sama, dan akan bermanfaat untuk kami di lapangan mengajar, terima kasih kepada tim HR Shafco sudah memberi fasilitas"

Pelatihan ini diharapkan dapat memberi dampak jangka panjang bagi para guru serta para siswanya di sekolah vokasi (SMK) nanti dengan melalui peningkatan kompetensi para guru di bidang digital sales dan visual merchandise dan semoga melalui program Merdeka  Belajar Kampus Merdeka, BBPPMVP BISPAR, maupun semua pihak terkait yang sudah mendukung terselenggaranya pelatihan ini, semoga dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan tentu relevan dengan kebutuhan industri.

Penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Universitas Pendidikan Indonesia dan tentu program studi Pendidikan Masyarakat FIP yang telah memberi kesempatan bagi penulis untuk dapat menjalani pembelajaran/praktik langsung di dunia kerja melalui program yang disediakan yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka - Magang Mandiri, kemudian PT Shafira Laras Persada (Shafira Corporation) yang telah memberi kesempatan bagi penulis untuk mempelajari banyak hal di perusahaan ini serta kepada pihak terkait lainnya. Tanpa dukungan dari berbagai pihak, tentu kegiatan magang maupun pelaksanaan pelatihan tidak akan berjalan dengan baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun