Mohon tunggu...
Rachmah Dewi
Rachmah Dewi Mohon Tunggu... Penulis - DEW | Jakarta | Books Author | Certified Content Writer and Copywriter

Books Author | Certified Content Writer and Copywriter | Email: dhewieyess75@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Membuat Kuliner-kuliner Indonesia Naik Level di Hari Kuliner Nasional

4 Mei 2018   07:38 Diperbarui: 4 Mei 2018   08:32 902
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: anakjajan.com

Hari Kuliner Nasional atau yang disingkat dengan Harkulnas, memang masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Ya, tahun ini, pertama kalinya GOJEK, penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi terdepan di Indonesia menyelenggarakan kegiatan kuliner raksasa terbesar di Indonesia.

Lalu, kapan Harkulnas itu dihelat? Harkulnas dihelat mulai tanggal 5 Mei-13 Mei 2018. Sebanyak lebih dari 7000 merchant outlet GO FOOD dan rekan usaha GO-PAY turut serta ikut dalam acara Harkulnas selama 1 minggu ini.

Sesi konferensi pers, sudah digelar oleh pihak GOJEK pada tanggal 2 Mei 2018 kemarin di Hotel Atlet Century Park. Dalam sesi konferensi pers ini, turut dihadiri oleh Catherine Hindra S, selaku Chief Commercial Expansion GOJEK. Dan juga turut didampingi oleh Ibu Nila Marita dan Ibu Nadia Tenggara dari pihak GOJEK Indonesia.

saat konferensi pers, 2 Mei 2018 bersama Ibu Nila, Ibu Nadia, dan Ibu Catherine dari GOJEK | Sumber: dokumen pribadi
saat konferensi pers, 2 Mei 2018 bersama Ibu Nila, Ibu Nadia, dan Ibu Catherine dari GOJEK | Sumber: dokumen pribadi
Adapun latar belakang dari GOJEK menyelenggarakan event raksasa kuliner di Hari Kuliner Nasional ini adalah , menurut Catherine selaku Chief Commercial Expansion GOJEK adalah karena Indonesia mempunyai berbagai macam kuliner yang tersebar di berbagai kota-kota besar.

Hal ini sejalan dengan visi dan misi dari GOJEK yang ingin menyejahterakan masyarakat Indonesia, dengan membantu masyarakat Indonesia untuk mengakses jangkauan pasar yang lebih luas dalam hal kuliner. Serta bagi para mitra UMKM yang bekerjasama dengan GOJEK, dengan adanya Hari Kuliner Nasional ini pun juga bertujuan untuk memperluan outlet yang ada lewat GO FOOD Festival.

Lalu, lokasi GO FOOD festival itu sendiri kini sudah ada di 9 lokasi di Indonesia. Adapun lokasi dari GO FOOD Festival itu sendiri ada di: Gelora Bung Karno (Jakarta), Pasaraya Blok M (Jakarta), PASARMOI Kelapa Gading (Jakarta), Grand Galaxy Park (Bekasi), Bale Binarum (Bogor), Cirebon Super Block Mall (Cirebon), Eatout Karebosi Link (Makassar), Palembang Indah Mall (Palembang), dan Grand City Mall (Surabaya).

Awalnya GOJEK memang hanya menyediakan jasa transportasi namun seiring meningkatnya kebutuhan bagi masyarakat, khususnya masyarakat urban Jakarta, GO JEK kini semakin memperluas fitur layanan. Ada penyedia jasa antar barang, pemesanan makanan, jasa untuk membeli tiket, jasa untuk membeli pulsa, dan lain sebagainya. Seperti pada gambar berikut:

Fitur yang ada di GOJEK | Sumber: www.go-jek.com
Fitur yang ada di GOJEK | Sumber: www.go-jek.com
Di Hari Kuliner Nasional ini, tentunya pihak dari GOJEK sudah menyiapkan berbagai promo-promo menarik untuk para customer. Ada promo secara online dan ada juga promo secara offline. Pasti kalian pada kepo kan? Untuk menjawab kekepoan kalian, baiklah saya akan bocorkan beberapa promo dari GOJEK di Hari Kuliner Nasional. 

Untuk promo online-nya, ada promo GO FOOD melalui voucher, yakni promo berbentuk potongan harga senilai Rp 20.000 dengan minimum transaksi Rp 50.000. Selain itu, ada juga promo saat kalian berkunjung langsung ke GO-FOOD Festival, salah satu promo yang menarique alias promo yang kece adalah kamu bisa mengikuti kompetisi foto di Instagram dengan mencantumkan hashtag #HarkulnasdiGFF. 

And you know what, hadiahnya nanti aka nada bagi-bagi saldo GO-PAY lho, berapa nominalnya? Ya, biar kalian-kalian semua penasaran mendingan kunjungi langsung saja ke GO FOOD Festival.

Acara konferensi pers pada tanggal 2 Mei 2018 lalu, yang dihadiri oleh rekan-rekan media tersebut, banyak pertanyaan menarik yang diajukan teman-teman media kepada pihak dari GOJEK, di antaranya:

1. Adakah kriteria penyeleksian UKM yang ingin bergabung di GO FOOD Festival?

2. Adakah driver khusus yang akan mengangkut makanan-makanan yang dipesan customer melalui GO FOOD?

Yang menjawab pertanyaan pertama adalah Ibu Catherine dari pihak GOJEK, beliau menjawab perihal penyeleksian UKM yang ingin bergabung menjadi mitra dari GOJEK, Ibu Catherine menjelaskan bahwa pada dasarnya GOJEK menerima dengan tangan terbuka bagi mitra-mitra UKM yang ingin bergabung, dari pihak GOJEK biasanya akan menyeleksi dengan lokasi yang cocok. 

Misalnya untuk GO FOOD Festival di daerah Senayan, GOJEK juga membuka UKM dari daerah Balikpapan. Karena daerah Balikpapan terkenal dengan rotinya yang enak, misalnya. Jadi untuk GO FOOD Fesrival yang akan dibuka di Senayan ini, pihak GOJEK membuka juga bagi pelaku UKM di daerah lain yang ingin bergabung di GO FOOD Festival.

Dan yang menjawab pertanyaan kedua adalah Ibu Nina, Konsultan Komunikasi dari GOJEK, beliau menjawab untuk driver khusus, saat ini belum ada. Karena dari pihak GOJEK sendiri betul-betul mengupayakan bagaimana agar driver memeroleh pendapatan yang semaksimal mungkin. 

Banyak driver-driver wanita di GOJEK, yang mengaku sangat terbantu dari segi finansial saat mereka bekerja menjadi driver di GOJEK. Karena driver-driver wanita pun bisa menarik penumpang tapi juga tidak melupakan tugas mereka sebagai ibu rumah tangga. Dengan bekerja di GOJEK penghasilan mereka menjadi terbantu sekali untuk menghidupi keluarga mereka.

Saya pun juga mengakui dengan adanya GOJEK dan dengan adanya fitur GO FOOD membuat waktu saya lebih efisien. Di mana saya bisa memesan makanan yang saya suka, memesan makanan yang sedang happening dengan cukup meminta tolong bapak driver yang memesankannya untuk saya. Di samping itu, dari segi transportasi GO RIDE sangat membantu saya untuk melewati jalanan Jakarta yang super padat jika saya tengah buru-buru untuk sampai ke lokasi yang saya ingin tuju.

Dengan adanya Hari Kuliner Nasional ini, GOJEK pun berharap agar para mitra UKM yang bergabung pendapatannya semakin meningkat dan mereka juga bisa membuka outlet-outlet selanjutnya. Karena fokus utama GOJEK itu sendiri adalah memberdayakan para pekerja sector informal di Indonesia.

Dan menurut pihak GOJEK sendiri, usaha kuliner memiliki potensi untuk terus berkembang di Indonesia yang hal demikian bukan tanpa fakta, karena Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia pada tahun 2017 melakukan riset yang menyatakan bahwa UMKM yang bergabung dalam platform GOJEK di 9 kota, berkontribusi lebih dari 1,7 Triliun rupiah kepada perekonomian Nasional. Salut sama GOJEK untuk pencapaiannya yang luar biasa ini!

Suasana Countdown Harkulnas saat konferensi pers | sumber: dokumen pribadi
Suasana Countdown Harkulnas saat konferensi pers | sumber: dokumen pribadi
Senyum dari Ibu Nila, Ibu Nadia, dan Ibu Catherine | Sumber: dokumen pribadi
Senyum dari Ibu Nila, Ibu Nadia, dan Ibu Catherine | Sumber: dokumen pribadi
Kuy, mari kita ramaikan Hari Kuliner Nasional tanggal 5 Mei -13 Mei 2018. Hari Kuliner Nasional menjadikan kuliner Indonesia naik level! Selamat berburu makanan wahai food lovers! (DEW)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun