Peran Inovasi Produk Pada Bisnis Bakery Dalam Rangka Meningkatkan Pemasaran dan Keunggulan Bersaing
Bisnis kuliner merupakan bisnis yang tidak akan padam hingga kapan pun, sebab manusia selalu membutuhkan makanan. Dalam hal ini termasuk bisnis bakery. Bisnis ini banyak diminati oleh banyak kalangan baik kalangan muda hingga tua dapat menjalankan usaha ini. Hal ini dikarenakan bisnis yang menjanjikan dan mudah untuk dipasarkan. Bisnis bakery biasanya menjual beraneka ragam makanan dan minuman mulai dari kopi, teh, jus, roti, pastry, donat, kue kering, pie, cinnamon roll, bolu gulung, cheesecake dan masih banyak lagi. Saat ini banyak bakery yang menyediakan untuk layanan pesanan untuk berbagai acara seperti pernikahan, pertunangan, pesta, bahkan pengajian.
Pada saat ini semakin banyak orang yang menyukai kue, roti bahkan tidak jarang dijadikan sebagai makanan utama seperti sebagai menu utama untuk sarapan karena pengolahannya yang mudah. Bisnis bakery juga sangat menjanjikan apalagi jika bisnis ini berada dipusat daerah seperti kantor, sekolah, jalan ramai, pusat bisnis, pabrik dan universitas.Â
Karena banyak para pekerja maupun mahasiswa yang menyukai untuk meluangkan waktu santainya di toko bakery sekedar menikmati minuman dan berbagai roti yang dijual oleh toko bakery.
Dalam memulai usaha bakery ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan diantaranya yakni
1.Menentukan jenis produk
Ketika kita memutuskan untuk membuka bisnis bakery yang perlu kita perhatikan adalah produk apa yang akan kita pasarkan kepada pelanggan nantinya. Untuk awalan kita bisa menentukan beberapa produk andalan, jika produk tersebut bisa diterima dipasaran kita bisa melakukan inovasi dengan menambahkan produk lain. Contohnya bisa dimulai dengan membuat roti tawar, roti manis, bolu, donat, dan pie.
2.Melaksanakan pengembangan produk
 Ketika kita telah menentukan produk apa yang akan kita pasarkan, yang harus kita perhatikan selanjutnya ialah melaksanakan pengembangan produk sebelum produk dipasarkan, sebab kita perlu memastikan produk yang kita pasarkan memiliki rasa yang bisa diterima oleh pelanggan.
3.Memberikan tester kepada keluarga atau teman
Setelah kita melaksanakan pengembangan produk sebelum produk dipasarkan, kita bisa memberikan tester yang sudah kita buat kepada keluarga atau teman terdekat kita. Ketika mereka memberikan saran maka hal itulah yang perlu kita perbaiki, supaya mendapatkan hasil produk yang maksimal.
4.Mengumpulkan modal
Apapun usaha yang akan kita laksanakan modal perlu kita persiapkan mulai dari modal ilmu untuk membuat produk ataupun modal finansial. Modal ilmu yakni berupa kemampuan kita dalam menjalankan usaha mulai dari kemampuan membuat roti, kue, minuman, ataupun kemampuan dalam mengelola keungan, pemasaran, dsb. Modal finansial yakni biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha awal seperti untuk membeli bahan, alat, yang diperlukan untuk usaha bakery.
5.Menentukan tempat
Menentukan tempat untuk usaha sangatlah penting dalam rangka menjangkau lebih luas pelanggan. Bisnis bakery juga sangat menjanjikan apalagi jika bisnis ini berada dipusat daerah seperti kantor, sekolah, jalan ramai, pusat bisnis, pabrik dan universitas. Karena banyak para pekerja maupun mahasiswa yang menyukai untuk meluangkan waktu santainya di toko bakery sekedar menikmati minuman dan berbagai roti yang dijual oleh toko bakery.
6.Konsep
Konsep bisnis merupakan hal yang penting untuk memulai menjalankan bisnis. Contohnya ialah apakah kita akan menentukan menjual produk sesuai dengan tren, sesuai kebutuhan, atau produk yang diinginkan pelanggan. Konsep dalam hal ini juga termasuk desain bakery kita, sebab semakin menarik toko bakery kita, makin pula membuat pelanggan penasaran dengan apa yang kita jual.
7.Melaksanakan pemasaran
Melaksanakan pemasaran adalah hal yang harus kita perhatikan sebelumnya, sebab dengan melaksanakan pemasaran maka toko bakery kita akan menjadi diketahui. Saat ini banyak bisnis yang melakukan pemasaran melalui sosial media sebab cakupan dari pemasaran yang lebih luas dan menghemat biaya.
8.Menentukan supplier
Dalam bisnis bakery kita perlu memperhatikan supplier yang nantinya akan memberikan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat produk. Supplier yang dipilih juga haruslah yang memiliki kualitas yang baik, sebab produk makanan terutama roti bahan yang berkualitas akan menghasilkan roti yang berkualitas pula. Bisnis bakery bukanlah bisnis yang langka, melainkan banyak individu yang menjalankan bisnis ini.Â
Maka untuk meningkatkan pemasaran dan mampu bersaing ialah satunya adalah kita perlu senantiasa meningkatkan inovasi produk Menurut Hitt dalam (Paulus&Wardani 2018) inovasi merupakan kunci yang dicari oleh perusahaan dengan kewirausahaan serta sumber kompetitif bagi tiap perusahaan. Perusahaan yang melaksanakan inovasi akan memperoleh keunggulan sebagai penggerak utama dalam pasaran. Terdapat beberapa faktor yang memacu inovasi diantaranya yakni pandangan akan suatu model yang ada, motivasi berubah karena ada kompetitor, tingkat pengetahuan dan keterampilan para pekerja, kebutuhan pasar, teknologi, dan politik (Walton dalam Paulus&Wardhani 2018).
 Perusahaan yang senantiasa melaksanakan inovasi secara berkelanjutan, konsisten, dan efektif akan mampu bersaing. Sedangkan inovasi produk merupakan perubahan dalam karakteristik atau kinerja produk yang baru. Keunggulan bersaing merupakan nilai atau manfaat yang diciptakan oleh perusahaan bagi konsumen. Dalam hal ini bukti bahwa inovasi dapat meningkatkan keunggulan bersaing seperti pada penelitian yang dilakukan oleh Syukron dan Ngatno (2016), Djobo, dkk (2014), Paulus dan Wardhani (2018), ketiga penelitian tersebut mengungkapkan bahwa menginovasikan bentuk, rasa, kemasan, harga, tampilan dari roti menjadi hal utama yang dipilih oleh pengusaha bakery.
Terdapat beberapa inovasi produk menurut Kotler dan Bes (Nugraha, 2021) diantaranya yakni:
1.Inovasi berbasis modulasi
Inovasi berbasis modulasi merupakan inovasi yang melibatkan pengubahan karakteristik produk dengan menaikkan atau menurunkan karakteristiknya.
2.Inovasi berbasis ukuran
Inovasi berbasis ukuran merupakan membuat produk baru ke pasaran tanpa adanya perubahan kecuali ukurannya.
3.Inovasi berbasis kemasan
Inovasi berbasis kemasan merupakan cara mengubah produk dengan perubahan kemasannya, bertujuan untuk mengubah pemikiran pelanggan akan manfaat produk tersebut.
4.Inovasi desain
Inovasi desain merupakan inovasi yang melibatkan produk dijual sama namun terdapat inovasu dalan tampilannya.
5.Inovasi berbasis pengembangan bahan
Inovasi berbasis pengembangan bahan merupakan inovasi dengan menambahkan bahan dalam suatu produk.
6.Inovasi berbasis pengurangan
Inovasi berbasis pengurangan merupakan inovasi yang dilakukan dengan tidak merubah produk tapi menaikkan ukuran dari pasar.
Kesimpulan yang dapat ditarik adalah Bisnis kuliner merupakan bisnis yang tidak akan padam hingga kapan pun, sebab manusia selalu membutuhkan makanan. Bisnis bakery biasanya menjual beraneka ragam makanan dan minuman mulai dari kopi, teh, jus, roti, pastry, donat, kue kering, pie, cinnamon roll, bolu gulung, cheesecake dan masih banyak lagi. Dalam memulai usaha bakery ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan diantaranya yakni menentukan jenis produk, melaksanakan pengembangan produk, memberikan tester, mengumpulkan modal, menentukan tempat, konsep, pemasaran, dan supplier. Inovasi produk merupakan perubahan dalam karakteristik atau kinerja produk yang baru. Keunggulan bersaing merupakan nilai atau manfaat yang diciptakan oleh perusahaan bagi konsumen. Terdapat beberapa tipe inovasi produk diantaranya yakni inovasi berbasis modulasi, ukuran, kemasan, desain, pengembangan bahan, dan pengurangan.
Â
Referensi
Djobo. Cynhtia Vanesa. Tawas. Hendra N. 2014. Pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk dan keunggulan bersaing terhadap kinerja usaha nasi kuning di kota Manado. Jurnal EMBA Vol 2 No 3. Hal 1214-1224
Paulus Ardianus. Wardhani Zahrah. 2018. Keunggulan bersaing usaha cake dan bakery: peran orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi produk. Jurnal Manajemen Vol 10 No (2) Hal 88-96
Nugraha Alfian. 2021. Sosialisasi pentingnya inovasi produk pada filter coffee dan pelatihan inovasi produk. Majalah Ilmiah Pelita Ilmu Vol 4 No 1
Syukron. Zidni. Ngatno. 2016. Pengaruh oreintasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap inovasi produk dan keunggulan bersaing umkm Jenang du kabupaten Kudus. Jurnal Administrasi Bisnis Vol 5 No 1.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H