Mohon tunggu...
RABIATUL ADEWIYA
RABIATUL ADEWIYA Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya seorang mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tahapan dan Strategi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini: Perspektif Psikologi

26 Mei 2024   00:21 Diperbarui: 26 Mei 2024   00:23 161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Perkembangan bahasa pada anak usia dini adalah area penelitian yang luas dan penting dalam psikologi perkembangan. Melalui pengamatan dan analisis perkembangan bahasa pada anak usia dini, para ahli psikologi dapat memahami bagaimana anak-anak memperoleh, memahami, dan menggunakan bahasa dalam konteks yang berbeda. Dalam artikel ini, kami akan mengeksplorasi mengapa perkembangan bahasa pada anak usia dini menjadi subjek penting dalam psikologi, menguraikan tahapan perkembangannya, serta memperkenalkan strategi yang didukung oleh para ahli untuk mendukung perkembangan bahasa anak usia dini.

Pentingnya Studi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini dalam Psikologi

Perkembangan bahasa pada anak usia dini adalah hal yang sangat penting dalam psikologi perkembangan. Menurut Jean Piaget, seorang psikolog perkembangan terkenal, bahasa adalah cermin dari pemahaman anak tentang dunia di sekitarnya. Ini berarti perkembangan bahasa mencerminkan perkembangan kognitif dan konseptual anak-anak. Lebih lanjut lagi, bahasa juga merupakan alat penting dalam membentuk hubungan sosial, membantu anak-anak berkomunikasi dengan orang lain dan memahami emosi mereka sendiri serta emosi orang lain. Para ahli psikologi seperti Lev Vygotsky menekankan peran bahasa dalam pembentukan konsep dan keterampilan berpikir anak-anak. Oleh karena itu, studi tentang perkembangan bahasa pada anak usia dini memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana anak-anak tumbuh dan berkembang dalam berbagai aspek kehidupan mereka.

Tahapan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini dalam Psikologi

Psikologi perkembangan mengklasifikasikan perkembangan bahasa anak usia dini ke dalam beberapa tahapan yang berbeda, masing-masing dengan ciri-ciri khas dan milestone perkembangan yang spesifik:

Tahap Pralinguistik (0-12 bulan)

  • 0-3 Bulan: Pada tahap ini, bayi mulai menunjukkan reaksi terhadap
  • suara, terutama suara orang tua. Mereka mengekspresikan kebutuhan dan perasaan mereka melalui tangisan dan berbagai suara non-verbal.
  • 4-6 Bulan: Bayi mulai membuat suara-suara babbling seperti "ba-ba" atau "da-da" tanpa makna tertentu. Mereka bereksperimen dengan berbagai suara dan mulai mengenali pola intonasi dari suara orang di sekitar mereka.
  • 7-12 Bulan: Bayi mulai memahami beberapa kata sederhana seperti "mama" dan "dada." Mereka dapat mengikuti instruksi sederhana dan menunjukkan pemahaman melalui gerakan atau suara.

Tahap Linguistik Awal (12-24 bulan)

  • 12-18 Bulan: Anak mulai mengucapkan kata-kata pertama mereka dan mengasosiasikan kata-kata dengan objek atau orang tertentu. Kosakata mereka mulai berkembang, meskipun masih terbatas.
  • 18-24 Bulan: Kosakata anak berkembang dengan cepat, dan mereka mulai menggabungkan dua kata untuk membentuk frasa sederhana, seperti "mau susu".  Mereka juga mulai menggunakan kata-kata untuk mengekspresikan keinginan dan perasaan mereka.

Tahap Linguistik Lanjutan (2-3 tahun)

  • Anak mulai menggunakan kalimat yang lebih kompleks dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang struktur bahasa. Mereka bisa mengikuti instruksi yang lebih kompleks dan mulai mengerti konsep-konsep dasar seperti warna dan bentuk.
  • Mereka mulai menceritakan cerita sederhana dan mengajukan pertanyaan untuk memahami lingkungan mereka lebih baik.

Tahap Penguasaan Bahasa (3-5 tahun)

  • Pada tahap ini, anak-anak mampu menggunakan kalimat yang lebih panjang dan kompleks, serta memahami dan menggunakan aturan tata bahasa dasar. Mereka dapat menceritakan cerita dengan lebih detail dan mengerti serta menggunakan kata ganti, kata sambung, dan kata sifat dengan benar.
  • Anak-anak juga menunjukkan peningkatan dalam kemampuan mendengarkan dan berbicara, mampu mengikuti percakapan dengan lebih baik, dan mulai belajar keterampilan literasi dasar, seperti mengenali huruf dan kata.

Implikasi untuk Pembelajaran dan Intervensi Psikologis dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

Pemahaman tentang perkembangan bahasa anak usia dini memiliki implikasi penting bagi pembelajaran dan intervensi psikologis. Beberapa strategi dan pendekatan yang dapat diambil meliputi:

Strategi Pembelajaran

  • Lingkungan Kaya Bahasa: Psikolog dan pendidik mendorong penciptaan lingkungan yang kaya bahasa, di mana anak-anak terpapar pada berbagai bentuk komunikasi, termasuk percakapan, buku, lagu, dan permainan. Paparan ini membantu memperkaya kosakata dan pemahaman bahasa anak.
  • Interaksi Sosial: Mendorong interaksi sosial melalui permainan peran, kegiatan kelompok, dan diskusi membantu anak-anak mengembangkan keterampilan bahasa dalam konteks yang bermakna dan relevan. Anak-anak belajar melalui interaksi dengan teman sebaya dan orang dewasa yang dapat memberikan umpan balik konstruktif.

Intervensi Dini

  • Penilaian Bahasa: Penggunaan alat penilaian bahasa untuk mengidentifikasi anak-anak yang mungkin mengalami keterlambatan atau gangguan perkembangan bahasa sangat penting. Penilaian ini membantu dalam merancang intervensi yang sesuai dengan kebutuhan individu anak.
  • Terapi Wicara: Terapi wicara sering kali menjadi bagian dari intervensi untuk anak-anak dengan gangguan komunikasi. Terapi ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan berbahasa melalui latihan yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik anak, membantu mereka mengatasi kesulitan dan mencapai milestone perkembangan yang diharapkan.

Pengembangan Kurikulum

  • Integrasi Bahasa dalam Kurikulum: Kurikulum yang terintegrasi dengan pengembangan bahasa membantu anak-anak memperluas kosakata dan keterampilan komunikasi mereka. Aktivitas membaca, menulis, dan berbicara yang dirancang untuk berbagai tingkat perkembangan membantu anak-anak mencapai potensi penuh mereka.
  • Pendekatan Holistik: Kurikulum yang holistik mencakup berbagai aspek perkembangan anak, termasuk bahasa, kognitif, sosial, dan emosional. Pendekatan ini memastikan bahwa anak-anak menerima stimulasi yang diperlukan untuk perkembangan yang seimbang dan komprehensif.

Kesimpulan

Perkembangan bahasa pada anak usia dini adalah topik yang penting dalam pembelajaran psikologi perkembangan. Bahasa tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi tetapi juga memainkan peran penting dalam perkembangan kognitif, sosial, dan emosional anak. Melalui pemahaman tahapan perkembangan bahasa dan penerapan strategi pembelajaran serta intervensi yang tepat, psikolog dan pendidik dapat membantu anak-anak mencapai potensi penuh mereka. Dengan lingkungan yang mendukung dan intervensi dini, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan bahasa yang kuat, yang akan menjadi dasar bagi kesuksesan mereka di masa depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun