Teknik Evaluasi merupakan suatu teknik yang digunakan sebagai alat dan sarana penilaian bagaimana tingkat keberhasilan dari program yang sudah direncanakan. Setiap evaluasi memiliki kriteria, karakteristik dan prosedur yang berbeda-beda.
Setiap program yang sistematis membutuhkan evaluasi. Evaluasi sebagai alat dan sarana penilaian bagaimana tingkat keberhasilan dari program yang sudah direncanakan. Setiap evaluasi memiliki kriteria, karakteristik dan prosedur yang berbeda-beda.
evaluasi diartikan sebagai proses perbaikan hasil pencapaian siswa dalam menyerap dan menerapkan apa yang sudah dipelajari dikeseharian anak. Kemudian bagaimana dengan prosedur evaluasi untuk pendidikan anak usia dini apa kriteria dan cara penilaiannya akan dijabarkan dalam tulisan ini.
Prosedur evaluasi atau penilaian pendidikan anak usia dini melalui perumusan kegiatan, menyiapkan alat penilaian dan menentukan kriteria penilaian. Adapun evaluasinya PAUD berupa deskripsi dari sejumlah data-data yang diperoleh dari proses pengumpulan data saat observasi/pengamatan terhadap peserta didik.
Menurut Trianto ( 2007 : 87 ) evaluasi merupakan sebuah penilaian data yg diperoleh dari menganalisis, kemudian di jabarkan / di tafsirkan. Berisikan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
Evaluasi merupakan sebuah usaha yang dilakukan guna mendapatkan informasi secara sistematis secara menyeluruh tentang proses dan hasil belajar, yang bertujuan mempermudah mengambil sebuah keputusan atas paham atau tidaknya peserta didik tersebut.
Tujuan Evaluasi
Pertama, untuk mengetahui tingkat kemajuan yang telah dicapai oleh siswa dalam suatu kurun waktu proses belajar tertentu. Kedua, untuk mengetahui posisi atau kedudukan seorang siswa dalam kelompok kelasnya.
Ketiga, untuk mengetahui tingkat usaha yang dilakukan siswa dalam belajar. Keempat, untuk mengetahui hingga sejauh mana siswa telah mendayagunakan kapasitas kognitifnya (kemampuan kecerdasan yang dimilikinya) untuk keperluan belajar. Kelima, untuk mengetahui tingkat daya guna dan hasil guna metode mengajar yang telah digunakan guru dalam proses mengajar-belajar siswa(PMB).
Manfaat Evaluasi
Disamping memiliki tujuan, evaluasi belajar juga memiliki fungsi-fungsi sebagaimana tersebut dibawah ini.Â
- Fungsi administratif untuk menyusun daftar nilai dan pengisian buku raport
- Fungsi promosi untuk menetapkan kenaikan atau kelulusan.
- Sebagai bahan pertimbangan pengembangan pada masa yang akan datang atau kurikulum baru yang akan datang
Teknik Evaluasi
Dalam kegiatan pembelajaran setiap hari, Paud Al muhajirin Cerme Gresik menggunakan berbagai teknik dalam mengevaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini, sebagai berikut :
- Tes
Metode tes menggunakan alat berbentuk tes. Karena berbagai aspek pertimbangan seperti, tujuan kegiatan anak Paud, namun tes ini jarang digunakan.
Metode tes yang sering digunakan di paud al-muhajirin cerme gresik yaitu metode standart dan metode buatan guru. Metode standart sendiri terdiri dari tes intelegasi, minat, bakat dan kepribadian peserta didik. Sedangkan metode tes buatan guru biasanya guru memilih secara teliti dengan memberikan sebuah pertanyaan yang bertujuan dengan apa yg ingin di capai.
- Non Tes
Paud Al-muhajirin juga memberikan sebuah teknik dalam mengevaluasi pembelajaran anak usia dini, berupa metode teknik non tes seperti, pemberian tugas, percakapan dan penilaian diri sendiri. Berikut penjelasan dari berbagai aspek metode teknik yang digunakan :
- Pemberian Tugas
Pemberian tugas biasanya diberikan kepada peserta didik yang bertujuan untuk mengasah kemampuan peserta didiknya, melihat kemandirian dalam mengerjakan tugas dan melihat seberapa cerdas, cermat peserta didiknya dalam mengerjakan tugas.
- Percakapan
Percakapan biasanya berupa komunikasi yang dilakukan seorang guru seperti anak sendiri, hal tersebut bertujuan untuk membuat peserta didik  nyaman dan mau untuk melakukan apa yang di berikan guru, seperti mau menyanyi, berdoa, dan melakukan kegiatan lainnya
- Penilaian Diri Sendiri
Penilaian diri sendiri / penilaian peserta didik biasanya digunakan dengan cara diatas yaitu memberikan tugas, mengajak percakapan seperti anak sendiri. Apabila peserta didik kurang maka akan dinilai paling rendah diangka 1, jika peserta didik tanggap, cermat dan cerdas maka akan di nilai diangka 10.
Jadi dalam menggunakan Teknik dalam mengevaluasi pembelajaran anak usia dini dirasa cukup efektif, jika menggunakan teknik sesuai dengan prosedur yang tepat. Dua metode teknik yang digunakan bermanfaat untuk evaluasi belajar juga memiliki fungsi-fungsi sebagaimana Fungsi administratif untuk menyusun daftar nilai dan   pengisian buku raport. Fungsi promosi untuk menetapkan kenaikan atau kelulusan. Sebagai bahan pertimbangan pengembangan pada masa yang akan datang atau kurikulum baru yang akan datang.
Evaluasi merupakan sebuah usaha yang dilakukan guna mendapatkan informasi secara sistematis secara menyeluruh tentang proses dan hasil belajar, yang bertujuan mempermudah mengambil sebuah keputusan atas paham atau tidaknya peserta didik tersebut.
Setiap program yang sistematis membutuhkan evaluasi. Evaluasi sebagai alat dan sarana penilaian bagaimana tingkat keberhasilan dari program yang sudah direncanakan. Setiap evaluasi memiliki kriteria, karakteristik dan prosedur yang berbeda-beda.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H