Neurodivergent diawali dari kata neurodiversity. Neurodiversity mengacu pada keragaman semua orang, tetapi sering digunakan dalam konteks gangguan spektrum autisme (ASD), serta kondisi neurologis atau perkembangan lainnya seperti ADHD atau ketidakmampuan belajar. Gerakan keanekaragaman saraf muncul pada tahun 1990-an, yang bertujuan untuk meningkatkan penerimaan dan inklusi semua orang sambil merangkul perbedaan neurologis. Melalui platform online, semakin banyak penyandang autisme yang dapat terhubung dan membentuk gerakan advokasi diri. Dalam Pada saat yang sama, Judy Singer, seorang sosiolog Australia, menciptakan istilah neurodiversity untuk mempromosikan kesetaraan dan inklusi "minoritas neurologis". Meskipun pada dasarnya merupakan gerakan keadilan sosial, penelitian dan pendidikan neurodiversitas semakin penting dalam cara dokter memandang dan menangani kecacatan dan kondisi neurologis tertentu (www.health.harvard.edu).
Kaum neurodivergent merupakan manusia yang memiliki cara pandang berbeda dengan orang-orang pada umumnya atau 'neurotipikal'. Dalam perspektif model medis, istilah neurodivergent dipandang sebagai kumpulan gangguan atau kelainan struktur saraf (neurologis). Dilansir dari Dyslexia Scotland (Citation2022), jenis-jenis kaum neurodivergent adalah:
1. Dyspraxia (gangguan koordinasi perkembangan)
Dispraksia mempengaruhi koordinasi motorik halus dan atau kasar. Hal ini dapat mempengaruhi partisipasi dan fungsi keterampilan hidup sehari-hari. Memiliki tantangan dalam perawatan diri, menulis, mengetik, dan mempelajari keterampilan baru, seperti belajar mengendarai sepeda. Diakui bahwa banyak orang dengan dispraksia juga mengalami tantangan dalam pengorganisasian, perencanaan, daya ingat, dan kecepatan pemrosesan, serta kemampuan berbicara.
2. Dislexia
Disleksia, yang berlangsung seumur hidup, dapat digambarkan sebagai rangkaian kesulitan dalam belajar membaca, menulis, dan mengeja, yang terus berlanjut meskipun telah diberikan kesempatan belajar yang sesuai. Sering kali terdapat kesulitan yang terkait seperti pemrosesan pendengaran dan/atau visual dari informasi berbasis bahasa, kesadaran fonologis, dan keterampilan bahasa serta kefasihan membaca, memori jangka pendek dan memori kerja, pengurutan dan pengarahan, keterampilan angka, dan kemampuan organisasi.
3. Autism spectrum disorder (ASD)
Autisme adalah perbedaan perkembangan saraf seumur hidup yang memengaruhi perkembangan otak. Autisme memengaruhi cara seseorang berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, bagaimana informasi diproses, dan bagaimana orang tersebut memahami dunia.
4. AttentionDeficit (Hyperactivity) Disorder /ADHD
Individu mungkin mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi, mempertahankan perhatian, duduk diam, mengikuti arahan, dan mengendalikan perilaku impulsif. Individu mungkin menunjukkan perilaku kurang perhatian dan hiperaktif. Mereka bisa sangat mudah terganggu, sulit mengingat dan memiliki keterampilan organisasi yang buruk. Mereka mungkin tidak sabar, memiliki gerakan yang berlebihan, mungkin menyela ketika orang lain sedang berbicara serta mengalami kesulitan dalam mengambil giliran.
5. Dysgraphia
Kesulitan khusus dimana anak -- anak tidak bisa menuliskan atau mengekspresikan pikirannya kedalam bentuk tulisan, karena mereka tidak bisa menyusun kata dengan baik dan mengkoordinasikan motorik halusnya (tangan) untuk menulis.
6. Developmental language disorder / gangguan perkembangan Bahasa
Ketidakmampuan atau keterbatasan dalam menggunakan simbol linguistik untuk berkomunikasi secara verbal atau keterlambatan kemampuan perkembangan bicara dan bahasa anak sesuai kelompok umur, jenis kelamin, adat istiadat, dan kecerdasannya
7. Epilepsy, adalah gangguan persyarafan otak yang menyebabkan kejang berulang yang disebabkan oleh aktivitas listrik abnormal di dalam otak.
8. Specific learning difficulties / differences (SpLD)
Seseorang memiliki perbedaan atau kesulitan dengan satu atau beberapa bagian pembelajaran. Anak -- anak dengan SpLD dapat bersekolah namun membutuhkan bantuan atau perhatian ekstra.Â
Akan tetapi beberapa dari kaum neurodivergent memiliki kelebihan sebagai berikut :
1. Pola pikir abstrak dan kritis, serta multidimensi (dari berbagai sudut pandang)
2. Kosakata yang sangat baik sehingga mampu menjadi pembicara yang baik
3. Kemampuan rasional yang baik
4. Sangat fokus
5. Energik
6. Memiliki ingatan yang kuat
7. Pengamatan yang tajam
8. Dapat melakukan berbagai tugas (multi-taskers)
9. Sangat detail dan presisi
10.Keterampilan visual yang baik
11.Memiliki strategi dan memecahkan masalah
Pengalaman saya menyekolahkan putri kami di salah satu Sekolah Luar Biasa (SLB) swasta di Bandung membuat saya melihat jelas anak-anak dengan neurodivergent itu nampak sama namun ternyata karakteristiknya berbeda. Hal inilah yang menjadikan mereka membawa cerita unik dalam kehidupannya.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI