Mohon tunggu...
Putri Wulandari
Putri Wulandari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Content Writer

putriwulandari22022000@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

On Time, Faktor Sederhana tapi Penting agar Customer Datang Lagi dan Lagi

27 Februari 2023   18:00 Diperbarui: 27 Februari 2023   21:59 1086
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Siapa yang pernah pesan makanan online tapi datangnya ngaret alias tidak on time?

Saya pernah, beberapa kali. Dan kembali mengalaminya beberapa hari yang lalu. 

Saya yang hari itu mempunyai kesempatan untuk pulang ke rumah orangtua di kota sebelah. Karena jarang sekali pulang, saya pun ingin sekali-kali memesan jajan secara online untuk orang rumah.

Saat itu, saya memesan beberapa porsi corndog mini dan beberapa makanan lain dengan sistem COD (cash on delivery). Intinya, kami pun janjian di suatu tempat untuk transaksi pembayaran.

Sejak sehari sebelumnya, penjual sudah menentukan jam untuk bertemu, yaitu pukul 10 pagi. Saya pun menyetujuinya dan segera menentukan tempat yang sekiranya berada di tengah-tengah. 

Pukul 10 pagi, saya sudah berada di tempat janjian. Saya juga langsung memberikan kabar kepada penjual agar kita bisa segera bertemu. 10 menit berlalu, penjual tidak segera membalas pesan saya. Bahkan hingga 30 menit setelahnya pesan saya masih centang dua abu-abu alias belum dibaca. Karena mulai kesal, saya mengirimkan pesan lagi dengan intensitas yang sering menanyakan kapan pesanan saya akan dikirim dan posisi si penjual.

Setelah hampir 45 menit menunggu, pesan saya baru dibalas dengan sesuatu yang membuat saya semakin emosi.

Masih di rumah ini mbak. Sebentar, saya berangkat ini. 

Penjual pun datang lima belas menit setelahnya. Ya, saya menunggu hampir 1 jam. Singkat cerita, penjual beserta pesanan saya pun datang. Setelah membayar, saya pun langsung pulang tanpa basa-basi dengan hati yang dongkol. 

Berdasarkan pengalaman saya di atas, ada satu hal sederhana yang harus diperhatikan oleh penjual, yaitu on time atau tepat waktu.

Kenapa On Time Sangat Penting?

Dalam Bahasa Indonesia, kata on time memiliki arti tepat waktu. Jika dijelaskan lebih rinci kata ini memiliki arti benar-benar datang tepat pada waktu yang sudah ditentukan.

Semisal, kita mendapatkan undangan rapat atau pertemuan. Dalam undangan tersebut kita diharuskan hadir pada jam 10.00.

Nah, pada saat hari diselenggarakannya rapat kita benar-benar datang tepat waktu pas jam 10.00. Saat kita datang lebih dari jam 10.00, kita ada pada kondisi  in time.

Walaupun memang ada banyak alasan yang bisa menyebabkan seseorang tidak datang tepat waktu, tetap saja on time adalah hal yang sangat penting.

On time menunjukkan seberapa bagus manajemen waktu dari orang tersebut. Ketidak tepatan waktu juga bisa merugikan orang lain atau pun diri sendiri.

Setidaknya, ada tiga alasan mengapa on time sangat penting dalam bisnis:

Cara menghargai waktu dan customer

Ketepatan waktu adalah cara untuk menghargai waktu dan juga pelanggan. Banyak hal yang bisa kita lakukan dalam suatu waktu.

Apabila kita datang tidak tepat waktu, atau melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan porsi, itu akan menjadi tanda bahwa kita tidak bisa mengatur waktu dengan baik. Ketepatan waktu bisa membuat segala sesuatu tertunda dan terasa sia-sia.

Dengan datang tepat waktu, kita menghargai setiap waktu yang diluangkan pelanggan untuk membeli produk yang kita jual. Dengan begitu, tidak ada waktu yang terbuang percuma dan semua hal bisa terlaksana sesuai porsi masing-masing.

Bisnis yang konsisten dan produktif

Ketepatan waktu adalah tanda bisnis yang konsisten dan produktif. Dulu, saat saya bekerja sebagai admin pengelola sosial media, ada berbagai rutinitas yang harus saya lakukan tiap harinya. Saat jam buka, saya harus membuat beberapa 'pengumuman' bahwa bisnis sudah beroperasi di berbagai sosial media di jam yang sama.

Saya juga harus membuat konten untuk salah satu sosial media tiap harinya. Entah itu postingan, video reels, atau story yang berbeda dari sebelumnya. Semua harus dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah dibuat sesuai dengan analisa waktu produktif. Hal ini dilakukan agar engagement rate di sosial media menjadi makin tinggi. Hasilnya, angka pengikut dan produktivitas akun meningkat dengan signifikan.

Nah, hal ini menunjukkan bahwa ketepatan waktu membuat suatu bisnis menjadi konsisten dan produktif. Dengan melakukan analisa, menentukan target, dan melakukan semuanya tepat waktu, bisa memberikan hasil yang positif terhadap perkembangan bisnis.

Citra yang baik

Orang yang selalu melakukan semuanya tepat waktu memiliki citra yang baik, begitu juga dengan bisnis. Jika produk bisa dikirimkan tepat waktu, atau layanan bisa diberikan dengan cepat tanpa ada delay, bisa meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap bisnis. Ekspektasi dan kepuasan pelanggan akan terpenuhi.

Hal ini juga berlaku sebaliknya. Apabila layanan lambat dan barang tidak datang sesuai estimasi waktu, pelanggan akan kecewa dan tingkat kepuasan akan turun. Ketidakpuasan ini juga akan memberikan citra yang buruk pada bisnis. Oleh karena itu, perhatikan waktu dengan baik. 

Waktu adalah hal yang berharga, dan kita semua harus memanfaatkan waktu dengan baik karena tidak semua hal akan terulang kembali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun