Siapa yang pernah pesan makanan online tapi datangnya ngaret alias tidak on time?
Saya pernah, beberapa kali. Dan kembali mengalaminya beberapa hari yang lalu.Â
Saya yang hari itu mempunyai kesempatan untuk pulang ke rumah orangtua di kota sebelah. Karena jarang sekali pulang, saya pun ingin sekali-kali memesan jajan secara online untuk orang rumah.
Saat itu, saya memesan beberapa porsi corndog mini dan beberapa makanan lain dengan sistem COD (cash on delivery). Intinya, kami pun janjian di suatu tempat untuk transaksi pembayaran.
Sejak sehari sebelumnya, penjual sudah menentukan jam untuk bertemu, yaitu pukul 10 pagi. Saya pun menyetujuinya dan segera menentukan tempat yang sekiranya berada di tengah-tengah.Â
Pukul 10 pagi, saya sudah berada di tempat janjian. Saya juga langsung memberikan kabar kepada penjual agar kita bisa segera bertemu. 10 menit berlalu, penjual tidak segera membalas pesan saya. Bahkan hingga 30 menit setelahnya pesan saya masih centang dua abu-abu alias belum dibaca. Karena mulai kesal, saya mengirimkan pesan lagi dengan intensitas yang sering menanyakan kapan pesanan saya akan dikirim dan posisi si penjual.
Setelah hampir 45 menit menunggu, pesan saya baru dibalas dengan sesuatu yang membuat saya semakin emosi.
Masih di rumah ini mbak. Sebentar, saya berangkat ini.Â
Penjual pun datang lima belas menit setelahnya. Ya, saya menunggu hampir 1 jam. Singkat cerita, penjual beserta pesanan saya pun datang. Setelah membayar, saya pun langsung pulang tanpa basa-basi dengan hati yang dongkol.Â
Berdasarkan pengalaman saya di atas, ada satu hal sederhana yang harus diperhatikan oleh penjual, yaitu on time atau tepat waktu.
Kenapa On Time Sangat Penting?
Dalam Bahasa Indonesia, kata on time memiliki arti tepat waktu. Jika dijelaskan lebih rinci kata ini memiliki arti benar-benar datang tepat pada waktu yang sudah ditentukan.