Menembus ruang dan waktu, proses penggapaian penonton Dilan 1990(2018)
Siapa yang tidak tahu film Dilan 1990 (2018)? Disutradarai Pidi Baiq, film ini dapat meraup 400 ribu penonton pada hari pertama tayang di bioskop. Hasil akhir dari film ini adalah remaja Indonesia yang kriteria pacarnya seromantis Dilan, candaan Dilan yang berbentuk parodi, dan sampai iklan layanan masyarakat mereferensikan film ini.Â
Kira-kira apa yang membuat film ini bisa sangat terkenal? Dari sisi spasialisasi film ini sudah bersiap-siap dari awal syuting untuk mencoba mempromosikan film ini dengan bagus.Â
Spasialisasi dimengerti sebagai konsep yang berkaitan dengan bagaimana media menyajikan produknya kepada masyarakat yang prosesnya terbatas ruang dan waktu, dilihat dari promosi film Dilan 1990(2018) ada beberapa cara yang dilakukan untuk mendukung kesuksesan film ini.
Publikasi dari Aktor
Sekitar bulan November 2017 sudah mulai ramai di media sosial membahas tentang siapa yang akan berperan sebagai Dilan. Keramaian ini didukung novel Dilan 1990 yang sudah ramai pembacaya yang kemudian akan dibuat film. Saat pengumuman Iqbal Ramadhan akan menjadi Dilan, banyak kontroversi yang terjadi.Â
Banyak pembaca novel yang tidak setuju karena merasa Dilan masih terlalu kekanak-kanakan namun juga banyak pihak yang optimis menunggu hasil akting Iqbal dalam film. Kontroversi ini membuat film DIlan 1990(2018) semakin ditunggu penonton untuk melihat hasil akting Iqbal membawakan peran idola para remaja wanita yang sangat romantis yaitu Dilan.
Waktu Penayangan dan Meet and Greet
Waktu film ini pertama ditayangkan di bioskop adalah pada hari kasih sayang, sehingga banyak penonton yang mencari film bergenre romansa untuk melengkapi perayaan hari kasih sayang. Saat masa penayangan Meet and Greet juga sering dilakukan di beberapa kota, yang khusus adalah kota yang menjadi latar cerita yaitu Bandung dengan sambutan hangat dari Walikota Ridwan Kamil.
Interaksi Pemain dan Penonton
Keasikan film ini berlanjut dengan interaksi pemain di media sosial. Seperti saat Debo Andryos yang memerankan Nandan berjanji akan mewarnai rambut jika film mencapai tiga juta penonton, Brandon Lim yang akan memberi properti shooting jika mencapai lima juta penonton, dan pemeran utama wanita yang akan menghampiri pemeran utama laki-laki di Amerika jika mencapai tujuh juta penonton.Â
Pendapat Figur Publik
Figur Publik tentunya memiliki banyak pengikut, dan banyak yang secara volenteer membagikan opini tentang film Dilan. Hal ini membuat masyarakat semakin ingin menonton. Terlebih penggunaan kata-kata yang diucapkan Dilan dalam film, seperti penggunaan kata Rindu, Berat, dan memanggil pasangan laki-lakinya dengan Dilan. Bahkan beberapa artis membuat parodi, contohnya Indra Bekti sebagai Dilan.Â
Dari usaha menggapai penonton dengan berbagai cara, mencoba menembus hambatan ruang dan waktu, film Dilan 1990(2018) berhasil membuat hati masyarakat Indonesia baper.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI