Di dunia kehumasan, dikenal istilah PENCILS yang dipopulerkan oleh Philip Kotler – ahli manajemen pemasaran. Untuk perusahaan otomotif, PENCILS merupakan implementasi dari komunikasi pemasaran terpadu. Dalam kaitannya dengan Kompasiana Drive & Ride bersama Mitsubishi New Mirage, Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) Mitsubishi telah menerapkan PENCILS secara baik, berikut penjelasannya:
P > Publication
Pada saat briefing pagi hari, Kompasianer dibagikan publikasi berupa slides yang memaparkan keterangan terkait produk New Mirage. Dalam hal ini, apa yang ditampilkan pada saat presentasi bisa diketahui lebih jauh oleh peserta melalui sesi tanya jawab.
E > Event
Pengumuman event telah ditayangkan di bagian HL Kompasiana, yang memunculkan rasa penasaran dan ketertarikan bagi Kompasianer (yang terverifikasi) untuk mendaftarkan diri. Rangkaian kegiatan berupa lomba makeover penampilan, live tweet competition dan lunch-dinner bareng merupakan daya tarik tersendiri. Diadakannya post-event berupa photo contest dan blog competition akan mempopulerkan produk New Mirage.
N > News
Berbeda dari lomba irit sebelumnya, city tour bersama New Mirage juga menghadirkan key persons dari KTB Mitsubishi, diantaranya Bapak Jerry Amran (Section Head MMC PR Section), Bapak Duljatmono (Operating General Manager of Mitsubishi Corporation Marketing Division) dan Ibu Intan Vidiasari (Department Head MMC Public Relation Dept. MMC Product Strategy Group) yang mendampingi rangkaian kegiatan peserta di event ini. Sehingga dari sisi penulisan berita, peserta dapat memperoleh informasi yang akurat, lengkap dan konklusif.
C > Community
Sebagian peserta city tour bersama New Mirage merupakan test-driver yang memiliki minat otomotif dan pernah berpartisipasi di event terdahulu. Komunitas ini difasilitasi secara baik dengan menambah crew Kompasiana yang bertugas untuk memastikan kelancaran acara.
I > Identity media
Jelang penutupan acara, panitia membagikan goodie bag yang berisi Polo shirt, kaos dan topi bertuliskan Mirage sebagai bagian dari atribut identity. Hal ini sangatlah baik, dimana Kompasianer bisa memiliki kenang-kenangan terhadap event yang sudah diikutinya.
L > Lobbying
Sebagai salah satu pelaku industri otomotif, Mitsubishi telah menggandeng salah satu lembaga penelitian terkemuka yaitu Fakultas Teknik UI dalam uji efisiensi New Mirage (mencapai 24,20 km/liter berkat teknologi ramah lingkungan). Sebagaimana diketahui, isu lingkungan merupakan salah satu concern pemerintah. Konten tersebut bisa dilihat pada brosur sebagai salah satu keunggulan New Mirage.
S > Social Investment
Secara tidak langsung, lomba irit New Mirage ini merupakan edukasi kepada para Kompasianer agar senantiasa mengendarai mobil secara efisien dan tentunya mematuhi rambu-rambu lalu lintas guna mengurangi tingkat kecelakaan.
Sejauh yang saya amati, New Mirage mendapat testimoni yang positif dari para Kompasianer, termasuk saya yang memberi caption “Berkat New Mitsubishi Mirage, nggak perlu extra effort untuk stylish dan sporty” di galeri foto Kompas Otomotif. Kesimpulannya, acara ini telah dikemas dengan baik dan bisa menjadi inspirasi untuk event yang akan datang. Terima kasih kepada PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Kompasiana dan Kompas Otomotif.
Salam Kompasiana, have a nice Friday!
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI