Mohon tunggu...
Putu budi artawan
Putu budi artawan Mohon Tunggu... Lainnya - Budi artawan

Nama : putu budi artawan Nim : 2012061015 Prodi : ilmu komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Usaha Online Shop Snack Bouquet

27 Juli 2022   22:35 Diperbarui: 27 Juli 2022   22:43 186
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

SINGARAJA- Ketika membicarakan online shop pastinya sudah banyak orang yang sudah mengetahuinya. Pada daerah singaraja sangat banyak terdapat orang-orang yang sudah menjalankan usaha online shop, salah satu contohnya yakni usah penjualan snack buket.

Produk buket snack ini memiliki prospek pemasaran yang luas karena jika dilihat dari harganya yang membuatnya mudah untuk menjangkau berbagai kelompok orang dan menawarkan berbagai peluang pemasaran. Produk buket sama dan ada banyak buket hari ini. 

Oleh karena itu, dengan inovasi karangan bunga jajanan, maka peluang pasarnya sangat besar, karena masih banyak orang yang belum mengetahui tentang karangan bunga jajanan. Saat ini, persaingan dengan produk snack buket milik Singaraja masih  sedikit. 

 Ini merupakan peluang pasar yang cukup menarik dan dapat bersaing dengan produk snack  buket lainnya. 

Dilihat dari situasi dan keadaan  yang  semakin akrab, mendorong saya untuk memudahkan orang-orang seperti mencari-cari barang sebagai hadiah, dapatkan dengan mudah  dengan harga  murah dan hemat waktu. adalah salah satu faktor internal dalam situasi pandemi ini, mendorong pesaing .

Dalam penjualan snack buket ini banyak sekali peluang- peluang dan cara pemasaran yang tidak terbilang setabil apalagi kondisi seperti ini, jika kita liat kalo harga yang mulai menurun pasti para konsumen atau para pembeli banyak yang mengoder atau memesan produk sepeti ini , 

apalagi produk usaha yang di buat sebagai bentuk hadiah atau kado yang diberikan kepada pasangan atau kepada orang yang sedang merayakan ultah mereka sehigga produk ini dalam lingkungan internal terlihat tidak stabil sebab, 

pemesan perdok ini terkadang menurun dan terkadang meningkat apalgi umkm atau usaha kecil yang dibuat pada masa pandemi saat ini. Namun pada saat ini bucket masuk dalam pemasaran yang saling bersaing ketika lihat melalui nilai ekonomi dalam faktor internal, banyak para pesaing yang ikut.

Untuk membuat usaha seperti ini. Produk buket snack ini memiliki prospek pemasaran yang luas karena jika dilihat dari harganya yang terbilang murah sehingga mudah untuk dijangkau berbagai kalangan masyarakat. Produk buket yang identik dan sudah banyak saat ini, yaitu buket bunga. Sehingga dengan adanya inovasi buket snack ini, 

peluang pasarnya akan cukup besar dikarenakan belum banyak masyarakat yang mengetahui buket snack. Untuk saat ini persaingan dari produk buket snack di Singaraja masih dibilang sedikit.  yang ada di daerah kabupaten buleleng bali yang letaknya desa Bukti kecamatan kubutambahan.

Pada saat ini banyak orang yang menjalankan usaha umkm yang dimana hal ini menjadi persaingan antar usaha umkm, maka dari itu kita sebagai pelaku usaha umkm harus pintar-pintar dalam menjalankan strategi usaha umkm yang kita jalankan agar kita bisa mencapai sebuah target yang kita inginkan. 

Seperti yang kita ketahui, ketika kita menjalankan usaha umkm orang lain ada juga orang lain melakukan hal tersebut, maka dari itu tidak hanya kita saja yang ingin mencapai suatu target yang dinginkan, orang lain yang menjalankan usaha umkm tersebut akan melakukan yang terbaik untuk mencapai target yang di inginkan. 

Ketika target usaha umkm yang dijalankan dicapai, maka pelaku usaha tersebut sudah menjalankan usahanya dengan sangat baik.

Hal ini merupakan suatu pencapaian yang sangat bagus dalam melakukan usaha umkm, pencapaian ini menjadi suatu capaian bagi seluruh usaha umkm, apalagi pada masa pandemi ini, semua aktivitas di batasi oleh pemerintah yang dimana hal ini dapat menyulitkan pengusaha umkm, 

agar tetap berjalannya usaha umkm yang sedang kita jalankan kita harus bisa mempertahankan dan lebih berkembang lagi agar target yang ingin kita capai dapat terpenuhi. Ketika target yang kita inginkan sudah terpenuhi, itu akan membuat kita sebagai pengusaha umkm menjadi lebih bersemangat.

Ketika kita terus bersemangat dalam membangun usaha umkm yang sedang kita jalankan, maka semakin banyak peluang dan kesempatan untuk mencapai suatu target yang ingin kita capai  yang kita miliki dalam menjalankan usaha umkm yang sedang kita jalankan. 

Meskipun begitu kita sebagai pengusaha umkm diharuskan juga bisa menggunakan media sosial, karena pada masa pandemi ini semua pelaku usaha umkm juga menjual produknya pada media sosial seperti instagram, wa, tiktok, dan media sosial lainnya.

Dengan menggunakan media sosial menjadi lebih banyak persaingan dalam melakukan usaha umkm pada masa pandemi ini. Jadi kita juga harus melakuakan hal tersebut, yang dimana menyabar merek produk yang kita jual pada flatform media sosial yang akan memudahkan kita dalam menjual produk usaha umkm yang sedang kita jalankan. 

Karena pada masa pandemi ini target yang ingin di capai oleh pelaku usaha umkm yakni orang-orang yang menggunakan media sosial pada saat melakukan pemesanan sebuah produk. 

Mengapa demikiana karena pada masa pandemi covid ini, kalau ingin melakukan perjalanan keluar rumah banyak protokol kesehatan yang harus di terapakan, sehingga hal tersebut menjadi suatu permasalahan bagi orang-orang yang malas untuk ribet.

Jika dengan menggunakan flatform media sosial orang-orang yang males akan ribetnya protokol kesehatan akan gampang untuk melakukan pemesanan suatu produk yang ingin dia beli tanpa harus datang ke pemjualnya. Dan juga pada flatform media sosial pembeli juga bisa untuk memilih snack buket yang sesuai dengan keinginan si pembeli, kalau pun kita detang kepenjualnya secara langsung kita tidak akan bisa memakan makan tersebut, 

karena pada masa pandemi covid ini semua aktivitas di luar ruangan sudah di batasi dan ketika kita habis membeli makanan harus langsung dibawa pulang, agar dapat mengurangi penyebaran virus covid ini.

 "Putu budar", saya sebagai orang yang mageran dan tidak suka ribet merasa sangat senang dengan adanya oline shop ini, karena selain gampang untuk berbelaja saya saya juga tidak perlu repot-repot untuk memakai masker dan pelindung lainnya yang harus di terapkan ketika ingin bepergian keluar ruangan.

Pandemi Covid saat ini  mengancam sektor ekonomi Indonesia, sehingga mendorong sebagian masyarakat untuk tetap online dan bekerja dari rumah. Begitu pula dengan mahasiswa yang harus menyelesaikan seluruh kegiatan akademik dan non-akademik secara online. 

Di era online ini, orang pasti akan menemukan ide bisnis  yang  menguntungkan. Ini memberikan berbagai cara untuk memulai atau menjalankan kegiatan bisnis, seperti: Sistem untuk membuat produk unik yang dijual. 

Melakukan bisnis dengan memproduksi atau menjual produk Anda sendiri memiliki banyak kelebihan dan keunggulan dibandingkan sistem atau cara berbisnis yang lain. Tentunya metode ini memudahkan interpretasi atau pencocokan keuntungan dengan totalproduk yang dijual ke konsumen, selain membuat produk yang dijual lebih menarik. 

Dalam hal ini, saya terdorong untuk membuat produk bisnis yaitu "snack bouquet". Saat ini sedang menjadi tren. Lain halnya dengan karangan bunga yang mudah layu, dan mungkin bisa dibilang mahal. Mudah dibuat, bahan mudah didapat, dan murah, direvolusi untuk membuat buket baru dengan camilan.

Terlebih lagi, snack bouquet ini dibandrol dengan harga dan  sangat terjangkau untuk dijadikan oleh-oleh atau gift sehingga cocok untuk semua orang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun