Oleh : Putri Wahyuni
Universitas Palangka Raya
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
PASAR MONOPOLISTIK DAN OLIGOPOLISTIK
Pasar adalah kawasan Bertemunya Permintaan serta Penawaran. Pasar Monopolistik adalah Jenis Pasar Persaingan tidak tepat (Imperfect Competition Market) Sedangkan Pasar Oligopoli adalah Suatu Jenis Pasar Dimana Hanya terdapat Beberapa Produsen (Penjual) yang Menyediakan Keperluan barang untuk beberapa Pembeli yang ada Pasar. Dengan hal tersebut, Maka Barang yg Dijual menjadi Cenderung homogen serta Sulit Dibedakan. Dari kegiatan tersebut Pasar Monopoli maupun pasar Oligopoli, bisa Kita Jumpai di negara-negara lain yg Menganut Sistem pasar monopolistik dan oligopoli. Tentu saja mereka memilih sistem yang berpengaruh untuk negera.
APA ITU PASAR
Pasar artinya Sesuatu kegiatan yang Didalamnya terdapat Penjual dan Pembeli. Baik Itu Pasar Monopolistik juga Pasar Oligopoli. terdapat Beberapa Macam contoh Pasar, yang Dulu Hanya Kita Ketahui daerah Bertemunya Penjual dan Pembeli Secara eksklusif. dengan Berkembangnya Jaman, muncul Pasar yg tak Mengharuskan Si Penjual dan Pembeli Bertemu Secara langsung.
Struktur Pasar
Struktur Pasar memiliki Pengertian Penggolongan produsen dari Beberapa Bentuk Pasar sesuai pada karakteristik serta ciri-ciri seperti Jenis Produk yang didapatkan, banyaknya Perusahaan dalam Industri. pada Analisa Ekonomi Dibedakan menjadi Pasar Persaingan tepat serta Pasarpersaingan tidak sempurna (yang mencakup Monopoli, Oligopoli, Monopolistik Danmonopsoni).
PASAR MONOPOLISTIK
Pasar Monopolistik adalah Suatu Pasar yang ada banyak Penjual ,yg Memasarkan Produknya yg Hampir memiliki Fungsi yg Sama tapi berbeda Corak.. Produk yang dihasilkan pasti mempunyai Karakterstik Kelebihan dan Kekurangan Tersendiri yg Membedakannya dengan Produk-Produk Lainnya dan Saling Berlomba untuk  Memasaran Produknya dengan Caranya Sendiri Sendiri.
di Pasar Persaingan Monopolistik, Harga merupakan Faktor yg bisa Mendongkrak Nilai Penjualan. tapi Kemampuan produsen Atau Perusahaan membentuk gambaran yg Baik di dalam Benak Konsumen sehingga Mereka Ingin Membeli Produk tersebut Merupuakan Faktor utama Pendongrak Nilai Penjualan. Maka dari Itu , Perusahaan yg ada di Pasar Monopolistic wajib Selalu Akfif Mempromosikan Produknya untuk menaikkan Nilai Penjualan tetapi harus permanenuntuk menjadi Nama Baik dan citra Perusahaan yang Sedang Mereka Promosikan. waktu Produsen Baru yg Masuk Kedalam Pasar Monopoli umumnya Belum bisa Menyaingi penghasil lama . dengan Begitu Akan Terjadi Suatu Monopoli Murni di dalam Pasar yg Dikuasai oleh Satu penghasil.
sebagai model Produk yg terdapat pada Pasar Monopolistik seperti Shampo, Sikat Gigi, serta Dll. Walaupun seluruh Barang tadi mempunyai Fungsi Sama Akan tapi Setiap Produk yang didapatkan oleh Produsen yang tidak sama mempunyai disparitas di Setiap Produk, contoh Perbedaannya seperti warnnya , kemasan atau bungkus,Cara Penyajian, Bentuk Dll..
Ciri -Ciri Pasar Monopolistik:
1. Banyak Penjual dan Pembeli.
 Pasar Ini Memiiki banyak Produsen Atau Penjual yang Saling Bersaing Memasarkan Produknya Ke Masyaarakat Atau Konsumen Walaupun yg Mereka Jual Kemungkinan Produk yg Sama akan tetapi memiliki ciri yg tidak selaras Antara Satu Sama Lain.
2. Produsen dapat menentukan Harga produsen yg menghasilkan Produk Berkualitas serta Keistimewaan Tersendiri Akan membentuk pembuat Mematok Harga dengan Harga dari Mereka Sendiri.karena Produsen Mereka Pantas menentukan Harga.
3. Produsen bisa Keluar Masuk Pasar.
 Hal Ini dipengaruhi laba ekonomi ,yang Dimaksut dengan Hal Ini ialah Bila produsen Didalam Pasar banyak dan majemuk Maka Otomatis Konsumen memiliki banyak Pilihan dan untung Yang Ditrima lebih kecil. sebaliknya Jika Didalam Pasar Jumlah produsen Sedikit Maka bisa Dikatakaan laba yang Diterma Lebih besar
4. kenaikan pangkat Penjualan harus Aktif.
 Harga ialah Faktor Satu Pendongkrak Nilai Penjualan, tapi Faktor primer Pendongkrak Nilai Penjualan merupakan Kemampuan penghasil Atau Perusahaan buat membentuk gambaran yang Baik Dimata Para Konsumen, sehingga bisa menimbulkan Ketertarikan Terhadap Produk Konsumen. Jadi, Iklan Atau kenaikan pangkat mempunyai peran yg Sangat penting pada Memikat Daya Tarik Konsumen Terhadap Produk yang Hendak Kita Pasarkan
Kelebihan Dan Kelemahan Pasar Monopolistik
Kelebihan Pasar Monopolistic:
*Banyaknya Produsen di Pasar menyampaikan Sebuah keuntungan serta Kemudahan Bagi Konsumen yang Hendak Mecari Barang , Mereka mampu memilih Produk dengan Harga yang menurut Mereka Terbaik Baginya.
* produsen dapat Keluar Masuk Pasar, menghasilkan Produsen Ingin Melakukan Peningkatan pada Produknya ,Baik dari Segi Kualitas dan yang
* Pasar Monopolistik Ini banyak Menjual Kebutuhan utama Sehari Hari ,sampai Pasar Ini Sangat mudah Dijumpai Konsumen.
Kelemahan Pasar Monopolistik:
* dibutuhkan modal yang relatif besar buat Masuk Ke pada Pasar Monopolistik, karena Pemain Pasar pada Dalamnya mempunyai Skala hemat yg cukup Tinggi
Pasar Oligopoly Ini Sendiri adalah Pasar dengan Jumlah Konsumen yang sangat besar Sedangkan Didalamnya Hanya terdapat Beberapa produsen. sebagai akibatnya Bentuk Persaingan Antar produsen Sangat Ketat. Didalam Pasar Oligopoly Ini umumnya membentuk Produk Atau Jasa yang Sama Sehingga menyebabkan Keketatan Persaingan.
Didalam System Pasar Ini umumnya Terdiri dari Perusahaan-Perusahaan besar karena Mereka Kerap Kali Mengeluarkan Uang menggunakan Jumlah yg besar buat membuatkan Produknya. Mereka tidak Segan-Segan buat mengeluarkan modal dalam skala besar Demi penemuan terbaru untuk Memuaskan Para Konsumen, namun Bagi Kenbanyakam Konsumen tak Terlalu Mementingkan Produk tersebut Kecuali Produk tadi memiliki Nilai Guna yg Tinggi dan Tentunya Harga sinkron menggunakan dengan Kullitas Produk.
model Pasar Oligopoli yang ada seperti Perusahaan Otomotive, Perusahaan Semen, Perusahaan elektronika serta Lain-lain. Perusahaan Didalam Pasar Ini mempunyai modal porto yg besar sebagai akibatnya diperlukan kerja sama yg Baik, oleh sebab itu meraka sangat membutuhan Perusahaan lain dalam berkerjasama dengan Beberapa Perusahaan.
Ciri-Ciri Pasar Oligopoli :
1. Adanya kesepakatan darilPihak Pelaku perusahaan
2. Perusahaan memperoduksi barang yang Sama atau sejenis
3. Persetujuan bersama Sangat diperlukan menggunakan Maksud Mengendalikan Harga Barang Dagangan tertentu
4. Bila Para Anggota Kartel Melakukan Pelanggaran kesepakatan Maka Akan Dikenakan sanksi Atau Ancaman
5. Diberlakukan mekanisme Konpensasi Bagi Para Perusahaan yang sudah Melebihi sasaran dari Awal Perjanjian, Konpensasi yang Diberikan dapat Berupa Uang, Saham Ataupun Bentuk yang Lainnya
6. Melakukan Tindakan dalam memutuskan Harga Ataupun menetapkan Kuota Produksi.
Kelebihan Pasar Oligopoli:
1. Perusahaan seringkali Melakukan inovasi Baru dalam Pengembangan Produknya Dikarenaka Terjadinya Persaingan yang Ketat Antar Perusahaan.
2. Harga yg Diberikan mampu langsung Diterima Konsumen, sebab Terjadinya Keketatan Persaingan, sebagai akibatnya Produsen mempunyai Ketepatan Pemasaran yang Baik.
3. aktivitas Produksi di Pasar Ini berakibat Lebih Aktif sebab untuk Memuaskan PermintaanKonsumen
4. Produk yang dihasilkan Pastinya Lebih Berkuailtas dan Terjaminnya Perizinan Pemasaran berasal Pemerintah, karena Mereka adalah Perusahaan yang besar Pastinya juga Memerhatikan Pasar
5. Persaingan yang Terjadi Diantara pembuat bisa Menguntungkan Bagi Para Konsumen, karena Itu Konsumen dapat Memilih-Milih Sikiranya Produk yg sempurna untuk Dibeli.
Kekurangan Pasar Oligopoli :
1. Perusahaan Baru Akan Lebih Susah Masuk pada System Pasar Ini dan Sulit Berkembang.
2. Perusahaan yang telah lama Beroprasi Akan mudah Mengetahui Sistematika Pasar yang Akan Dituju, sehingga Perusahaan Baru Akan Lebih Susah untuk Menyaingi Mereka
3. karena Perusahaan yang telah usang Terjun Kemungkinan akbar mendapatkan Pelanggan yg permanen sehingga Akan Susah buat Berpaling Ke merk Dagang Lainnya
4. Seringnya Tejadi Perang Harga Antar pembuat buat Menarik Perhatian Konsumen.
5. sebab Perusahaan Perusahaan Ini sudah mempunyai Hak Paten, sebagai akibatnya membuat Kesulitan untuk Perusahaan Lain. sehingga saat terdapat yg Menyalahgunakan Hak Paten Ini Akan menerima Ancaman hukuman
6. acapkali Terjadinya Monopoli Dagang yg dapat Merugikan Konsumen
7. Membutuhkan modal yang besar sehingga dapat menimbulkan Pemborosan Produksi
kesimpulan:
Pasar Monopolistik ialah Pasar Persaingan tidak sempurna. Teori Pasar Monopolistik Dikembangkan Karena ketidakpuasan Terhadap Daya Analisis contoh Persaingan tepat juga Pasar Monopoli.efek Ekonomi Persaingan Monopolistik Merupakan keseluruhan Kerugian yg tidak Diinginkan dari Efisiensi Alokatif serta Produktif. Sedangkan Pasar Oligopoli, Pasar yang Terdiri dari Sedikit Perusahaan(Produsen). Setiap Perusahaan memiliki Kekuatan (cukup) besar agar bisa mempengaruhi Harga Pasar. Produk dapat berupa homogen Atau Terdiferensiasi. Setiap Perusahaan Akan mempengaruhi Perusahaan Lainnya dalam Industri
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H