KETERAMPILAN BERBAHSA INDONESIA
Randi1Â
1 Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu,Bengkulu,Indonesia
e-mail: jufrirandy@gmail.com
Putri siti Alia Miranti 2
1 Universita Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu,Bengkulu,Indonesia
e-mail: putrimiranti966@gmail.com
Ria Fitriani 3
1 Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
e-mail: riafitiani269@gmail.com
ABSTRACT. Language skills are the ability of speakers or writers to convey messages through sounds (letters) to listeners or speakers. Language skills involve four aspects, namely listening, speaking, reading, and writing skills.
Keywords: Indonesian language skills
ABSTRACT. Keterampilan berbahasa merupakan kemampuan pembicara atau penulis menyampaikan pesan melalui bunyi (huruf) kepada pendengar atau pembicara.Keterampilan berbahasa meyangkut empat aspek yaitu keterampilan menyimak,berbicara,membaca,dan menulis.
Kata kunci: Keterampilan berbahasa indonesia
PENDAHULUAN
Keterampilan berbahasa Indonesia yaitu kemampuan seseorang dalam berbicara dan menulis Bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk menyampaikan pesan kepada pendengar ataupun pembaca.Keterampilan berbahasa juga mengulas tentang kemampuan berbicara di muka umum,kecemasan berbicara,debat dan diskusi kelompok.
METODOLOGI
Metode penelitian ini bersumber dari buku Bahasa Indonesia akademik DRS.Isma Tantawin,M,A..Teknik penggambilan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa Teknik pustaka.
TEMUAN DAN PEMBAHASANÂ
TemuanÂ
Keterampilan berbahasa Indonesia sangat penting di pahami dan dipelajari oleh orang Indonesia terutama dalam kalangan pelajar dan mahasiswa,agar mampu menunjang pembelajaran di sekolah maupun di kampus.
PembahasanÂ
Keterampilan berbasaha pada umumnya adalah kemampuan pembicara maupun penulis menyampaikan pesan kepada pendengar maupun pembaca.Keterampilan berbahasa terdiri  dari empat aspek yaitu yang pertama keterampilan menyimak yang dimaksud menyimak disini bukan hanya sekedar mendengar tetapi memahami makna yang terdapat didalamnya.Ada dua situasi keterampilan menyimak yang pertama mendengarkan secara interaktif maksudnya adalah percakapan yang terjadi secara timbal balik antar pembicara dan pendengar serta aktivitas terjadi secara bergantian,yang kedua keterampilan menyimak secara noninteraktif maksudnya adalah percakapan yang terjadi satu arah saja.Yang kedua keterampilan berbicara adalah kemampuan seseorang untuk mengungkapkan pikiran secara langsung maupun tidak langsung.Menurut Mulyati ddk.(2007:11),situasi keterampilan perbicara ada tiga macam yaitu yang pertama keterampilan berbicara interaktif,yang kedua keterampilan berbicara semiinteraktif dan yang terakhir keterampilan berbicara noninteraktif.Yang ketiga keterampilan membaca adalah kemampuan memahami system tulisan dan memahami arti atau makna yang terkandung didalamnya.Keterampilan membaca terbagi menjadi dua macam yaitu membaca dalam hati dan membaca bersuara.Ada beberapa tujuan dari membaca yaitu seperti berikut ini,mencari informasi,memahami tentang suatu masalah,memberikan informasi,membuat ringkasan, dan menikmati karya sastra.Dan yang keempat keterampilan menulis adalah kemampuan seseorang untuk menggungkapkan pikiran dengan Bahasa tulis,sehingga tulisan itu menjadi sistematis dan dapat dipahami oleh pembaca.Jenis jenis tulisan menurut bentuknya tulisan itu dapat dibagi dua macam yaitu karya sastra dan karya ilmiah ,Persiapan menulis karya ilmiah harus melalui proses seperti berikut ini yang pertama perencanaan,menulis,revisi,dan hasil tulisan.Berikut ini manfaat keterampilan berbahasa terbagi menjadi empat yaitu yang pertama keterampilan menyimak dengan keterampilan menyimak ,kita akan dapat menerima pikian dari pembicara.Yang kedua keterampilan berbicara dengan keterampilan ini kita akan dapat menyampaikan pikiran kita kepada para pendengar.Yang ketiga keterampilan membaca dengan keterampilan ini kita akan dapat menerima pikiran utama maupun pikiran penjelas dari apa yang kita baca.Dan yang terakhir manfaat keterampilan menulis dengan keterampilan ini kita akan dapat mengungkapkan pikiran kita dengan Bahasa tulis,sehingga apa yang ada dalam pikirankita, dapat kita ungkapkan dan bermanfaat bagi pembaca.
Simpulan
Dari keterampilan berbahasa ini dapat disimpulkan bahwa kemapuan dalam keterampilan berbahasa sangan penting kita miliki dalam kehidupan sehari hari terutama dalam kegiatan belajar mengajar,keterampilan berbahasa ini sangat dibutuhkan agar kita dapat dengan mudah menyampaikan pikiran serta pendapat  kita kepada orang lain dan begitupun sebaliknya kita dapat dengan mudah menerima pikiran ataupun penjelasan dari orang lain.
Â
SaranÂ
Belajarlah memahami keterampilan berbahasa dengan baik dan benar karena itu sangat berguna dan  penting  terutama dikalangan Pendidikan.
REferensiÂ
Buku :Â
DRS.ISMA TANTAWI,M.A, 2019.Bahasa Indonesia Akademik. Jakarta: Prenadamedia Group.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H