Membangun sebuah image atau bahkan  identitas perusahaan  merupakan hal yang sangat penting khususnya jika ingin perusahaan tersebut dapat dikatakan sukses. Komunikasi yang berlangsung dalam sebuah perusahaan berpengaruh besar dalam mempertahankan dan menjaga eksistensi perusahaan terkhusus ditengah persaingan antar perusahaan.
Sebuah perusahaan tentunya diperlukan devisi khusus yang menjadi garda terdepan jika terjadi suatu problem, apalagi problem ini menyangkut citra sebuah perusahaan. Â Jika dalam sebuah negara diperlukan tentara untuk menjaga pertahanan apabila terjadi serangan dari negara lain, maka buah perusahaan memerlukan PR (public relations) untuk mempertahankan image dan identitas perusahaan tersebut.
Pengertian Public Relation
Public Relation merupakan fungsi khusus manajemen yang membantu membangun dan memelihara komunikasi bersama, serta kerjasama antara organisasi dan publik, melibatkan masalah manajemen, membantu manajemen untuk mengetahui dan merespon opini publik.
Seperti yang dikatakan Alan Harrington "Public-relations specialists make flower arrangements of the facts, placing them so the wilted and less attractive petals are hidden by sturdy blooms."
Seorang PR harus memiliki kemampuan komunikasi persuasif supaya bisa mempengaruhi pihak eksternal, terkhusus masyarakat. Seperti yang sudah dijelaskan di atas citra sebuah perusahaan sangat penting, begitupun bagaimana cara perusahaan tersebut membangun citra yang baik di masyarakat. Oh iya tentunya public relation officer juga harus memiliki kemampuan analitis dalam merespon opini publik.
Fungsi Public RelationÂ
Berbicara terkait fungsi PR, tentunya ada beberapa fungsi yang perlu kalian ketahui. Berikut merupakan beberapa fungsi PR:
1. Konseling
2. Riset
3. Management Isu
4. Penyelenggara Acara
5. Hubungan Media
Apa Saja yang Dikerjakan Public Relation?
Ada beberapa tugas dikerjakan PR yang belum banyak diketahui. Seorang public relation memiliki peran cukup banyak dalam perusahaan. Tak hanya berkaitan dengan hubungan masyarakat, PR juga menangani internal perusahaan.
Berikut merupakan beberapa tugas seorang public relation:
1. Preparing PR package kepada KOL
PR Package ini fungsinya untuk menjaga relations atau hubungan baik/positif dengan si penerimanya. Jadi misal brand A kirimin PR Package buat KOL B. Maka harapannya, KOL B akan ingat sama brand A, berasa dekat dengan brand A, dan dengan senang hati juga support campaign" yang diadakan brand A.
Atau biasanya saat sebuah brand launching produk, brand akan kirimkan PR Package ke influencer/creator yang sudah ada di list mereka. Dengan harapan si produk baru ini bisa hype lewat jalur viral marketing.
Saat brand mengirimkan PR Package, mereka mengharapkan si influencer ini untuk pakai produknya, dan jika influencer ini suka dan memosting di media social mereka maka hal ini dangat menguntungkan dari pihak brand sendiri. By the way ini siwatnya sukarela ya...
2. Menghadiri meeting Internasional
Cukup menantang bukan? sebagai seorang PR Â skill komunikasi sangat diperlukan karena tidak menutup kemungkinan klien yang akan kita hadapi berasal dari luar negeri. Hal ini juga yang menjadi keuntungan seorang PR, karena kita bisa mengetahui karakter meeting dari masing masing negara itu bagaimana. Seperti cara mereka berfikir seperti apa?, Cara mereka meeting dan menjawab meeting seperti apa? dan lain sebagainya.
3. Mempertahankan presepsi publik
Seorang PR bertanggung jawab dalam mempertahankan persepsi atau citra positif perusahaan di mata masyarakat. Persepsi positif tentunya akan membawa manfaat menguntungkan bagi perusahaan. Ada banyak metode yang dapat dilakukan oleh PR dalam hal ini. Nah oleh karenanya, seorang PR harus memiliki kreativitas serta daya inovasi yang tinggi pula.
Skill yang Harus Dimiliki Seorang Public Relation OfficerÂ
1. Komunikasi
2. Kemampuan Alanistis
3. Kreativitas
4. Daya inovasi yang tinggi
5. Menulis
6. Menguasi Media Sosial
Tantangan Seorang Public RelationÂ
tantangan dari profesi di bidang hubungan masyarakat ini salah satunya yaitu dimana kita  dituntut untuk tetap up to date dalam pemberitaan khusus yang terkait dengan bidang bisnis dan perusahaan.  Dinamika pemberitaan yang sangat cepat mengharuskan seorang PR juga harus dapat berpikir cepat dan tanggap dalam menyelesaikan masalah.Â
Namun kembali lagi tentunya setiap pekerjaan itu memiliki tantangannya sendiri-sendiri. Apakah kalian tertarik untuk menjadi seorang public relation?
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI