Mohon tunggu...
Putri Setya Diningrum
Putri Setya Diningrum Mohon Tunggu... Mahasiswa - I'm Putri, currently studying at Brawijaya University. I am a Content Writer who can write articles for press releases, reviews, ear stories.

Intern : Public Relations Specialist - PT. Solusi Digital Branding

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Mengenal Tugas Public Relation yang Belum Banyak Diketahui dalam Perusahaan

24 Januari 2023   08:54 Diperbarui: 24 Januari 2023   09:06 266
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Membangun sebuah image atau bahkan  identitas perusahaan  merupakan hal yang sangat penting khususnya jika ingin perusahaan tersebut dapat dikatakan sukses. Komunikasi yang berlangsung dalam sebuah perusahaan berpengaruh besar dalam mempertahankan dan menjaga eksistensi perusahaan terkhusus ditengah persaingan antar perusahaan.

Sebuah perusahaan tentunya diperlukan devisi khusus yang menjadi garda terdepan jika terjadi suatu problem, apalagi problem ini menyangkut citra sebuah perusahaan.  Jika dalam sebuah negara diperlukan tentara untuk menjaga pertahanan apabila terjadi serangan dari negara lain, maka buah perusahaan memerlukan PR (public relations) untuk mempertahankan image dan identitas perusahaan tersebut.

Pengertian Public Relation

Public Relation merupakan fungsi khusus manajemen yang membantu membangun dan memelihara komunikasi bersama, serta kerjasama antara organisasi dan publik, melibatkan masalah manajemen, membantu manajemen untuk mengetahui dan merespon opini publik.

Seperti yang dikatakan Alan Harrington "Public-relations specialists make flower arrangements of the facts, placing them so the wilted and less attractive petals are hidden by sturdy blooms."

Seorang PR harus memiliki kemampuan komunikasi persuasif supaya bisa mempengaruhi pihak eksternal, terkhusus masyarakat. Seperti yang sudah dijelaskan di atas citra sebuah perusahaan sangat penting, begitupun bagaimana cara perusahaan tersebut membangun citra yang baik di masyarakat. Oh iya tentunya public relation officer juga harus memiliki kemampuan analitis dalam merespon opini publik.

Fungsi Public Relation 

Berbicara terkait fungsi PR, tentunya ada beberapa fungsi yang perlu kalian ketahui. Berikut merupakan beberapa fungsi PR:

1. Konseling

2. Riset

3. Management Isu

4. Penyelenggara Acara

5. Hubungan Media

Apa Saja yang Dikerjakan Public Relation?

Ada beberapa tugas dikerjakan PR yang belum banyak diketahui. Seorang public relation memiliki peran cukup banyak dalam perusahaan. Tak hanya berkaitan dengan hubungan masyarakat, PR juga menangani internal perusahaan.

Berikut merupakan beberapa tugas seorang public relation:

1. Preparing PR package kepada KOL

PR Package ini fungsinya untuk menjaga relations atau hubungan baik/positif dengan si penerimanya. Jadi misal brand A kirimin PR Package buat KOL B. Maka harapannya, KOL B akan ingat sama brand A, berasa dekat dengan brand A, dan dengan senang hati juga support campaign" yang diadakan brand A.
Atau biasanya saat sebuah brand launching produk, brand akan kirimkan PR Package ke influencer/creator yang sudah ada di list mereka. Dengan harapan si produk baru ini bisa hype lewat jalur viral marketing.

Saat brand mengirimkan PR Package, mereka mengharapkan si influencer ini untuk pakai produknya, dan jika influencer ini suka dan memosting di media social mereka maka hal ini dangat menguntungkan dari pihak brand sendiri. By the way ini siwatnya sukarela ya...

2. Menghadiri meeting Internasional

Cukup menantang bukan? sebagai seorang PR  skill komunikasi sangat diperlukan karena tidak menutup kemungkinan klien yang akan kita hadapi berasal dari luar negeri. Hal ini juga yang menjadi keuntungan seorang PR, karena kita bisa mengetahui karakter meeting dari masing masing negara itu bagaimana. Seperti cara mereka berfikir seperti apa?, Cara mereka meeting dan menjawab meeting seperti apa? dan lain sebagainya.

3. Mempertahankan presepsi publik

Seorang PR bertanggung jawab dalam mempertahankan persepsi atau citra positif perusahaan di mata masyarakat. Persepsi positif tentunya akan membawa manfaat menguntungkan bagi perusahaan. Ada banyak metode yang dapat dilakukan oleh PR dalam hal ini. Nah oleh karenanya, seorang PR harus memiliki kreativitas serta daya inovasi yang tinggi pula.

Skill yang Harus Dimiliki Seorang Public Relation Officer 

1. Komunikasi

2. Kemampuan Alanistis

3. Kreativitas

4. Daya inovasi yang tinggi

5. Menulis

6. Menguasi Media Sosial

Tantangan Seorang Public Relation 

tantangan dari profesi di bidang hubungan masyarakat ini salah satunya yaitu dimana kita  dituntut untuk tetap up to date dalam pemberitaan khusus yang terkait dengan bidang bisnis dan perusahaan.  Dinamika pemberitaan yang sangat cepat mengharuskan seorang PR juga harus dapat berpikir cepat dan tanggap dalam menyelesaikan masalah. 

Namun kembali lagi tentunya setiap pekerjaan itu memiliki tantangannya sendiri-sendiri. Apakah kalian tertarik untuk menjadi seorang public relation?

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun