Mohon tunggu...
Putri Samfiatunsalsabilla
Putri Samfiatunsalsabilla Mohon Tunggu... Mahasiswa - S1

Traveling

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Isu-isu Sosial Emosional di Sekolah dasar, seperti bullying, masalah disiplin atau interaksi sosial di kelas

20 Januari 2025   08:41 Diperbarui: 20 Januari 2025   08:41 25
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sekolah dasar adalah tempat anak-anak memulai pembentukan karakter, keterampilan sosial, dan kontrol emosi yang penting untuk kehidupan mereka di masa depan. Namun, lingkungan ini tidak terlepas dari berbagai isu sosial-emosional yang dapat memengaruhi perkembangan anak. Beberapa masalah utama yang sering dihadapi mencakup bullying, masalah disiplin, dan interaksi sosial di dalam kelas.

Isu-isu sosial emosional yang umum di sekolah dasar

Beberapa  isu sosial emosional sering ditemukan di sekolah dasar antara lain: 

1. Bullying adalah salah satu masalah yang paling sering terjadi di lingkungan sekolah dasar. Bentuk bullying dapat berupa fisik, verbal, sosial, atau bahkan digital (cyberbullying). Dalam konteks sekolah dasar, bullying sering kali muncul dalam bentuk ejekan, pengucilan dari kelompok teman, atau kekerasan fisik.

2. Masalah disiplin: Ketidak mampuan untuk mengikuti aturan sekolah, seperti melanggar peraturan kelas atau tidak mengerjakan tugas.

3. Kesulitan dalam berinteraksi sosial: Anak-anak mungkin mengalami kesulitan dalam membuat teman, mempertahankan persahabatan, atau memahami petunjuk sosial.

4. Masalah emosi: Anak-anak mungkin mengalami emosi yang kuat seperti marah, sedih, atau cemas yang sulit dikelola.

5. Kurangnya empati: Ketidak mampuan untuk memahami dan berbagi perasaan orang lain.

Penyebab isu-isu sosial emosional

 

Beberapa faktor yang dapat berkontribusi munculnya isu-isu sosial emosional di sekolah dasar antara lain 

1. Faktor keluarga: Gaya pengasuhan yang tidak konsisten, konflik keluarga, atau trauma masa kecil dapat memengaruhi perkembangan sosial emosional anak.

2. Faktor sekolah: Lingkungan sekolah yang tidak mendukung, seperti adanya diskriminasi atau bullying, dapat memperburuk masalah sosial emosional.

3. Faktor teman sebaya: Tekanan dari teman sebaya untuk berperilaku tertentu dapat mendorong anak untuk terlibat dalam perilaku yang tidak diinginkan.

4.Faktor individu: Perbedaan temperamen, kesulitan belajar, atau gangguan kesehatan mental dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah sosial emosional.

Dampak isu-isu sosial emosional 

Isu-isu sosial emosional di sekolah dasar dapat memiliki dampak jangka panjang pada perkembangan anak, seperti:

1. Prestasi akademik yang buruk: Anak-anak yang mengalami masalah sosial emosional seringkali kesulitan untuk berkonsentrasi di kelas dan menyelesaikan tugas.

2. Masalah kesehatan mental: Masalah sosial emosional yang tidak teratasi dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan kecemasan atau depresi.

3. Kesulitan dalam menjalin hubungan: Anak-anak yang mengalami kesulitan dalam berinteraksi sosial mungkin mengalami kesulitan dalam membangun hubungan yang sehat di masa dewasa.

Upaya Pencegahan dan Penanganan 

Untuk mengatasi isu-isu sosial emosional di sekolah dasar, diperlukan upaya yang komprehensif, melibatkan berbagai pihak, seperti:

1. Pendidikan: Memberikan pendidikan tentang keterampilan sosial emosional kepada siswa, guru, dan orang tua.

2. Program pencegahan bullying: Melaksanakan program-program yang bertujuan untuk mencegah dan mengatasi bullying di sekolah.

3. Konseling: Menyediakan layanan konseling bagi siswa yang mengalami kesulitan sosial emosional.

4. Kolaborasi dengan keluarga: Membangun kerjasama dengan keluarga untuk mendukung perkembangan sosial emosional anak di rumah.

5.Lingkungan sekolah yang positif: Menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif, menghormati perbedaan, dan mendorong perilaku positif.

Kesimpulan

Isu-isu sosial emosional di sekolah dasar merupakan masalah yang kompleks dan membutuhkan perhatian serius. Dengan upaya bersama dari semua pihak, kita dapat menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan mendukung bagi semua siswa, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.


Isu-isu sosial emosional di sekolah dasar adalah tantangan kompleks yang memerlukan perhatian serius. Dengan memahami akar penyebab masalah dan dampaknya, kita dapat mengambil langkah-langkah preventif yang efektif. Pencegahan bullying, peningkatan kesadaran akan kesehatan mental, dan penyediaan dukungan sosial yang memadai adalah kunci untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan kondusif bagi semua siswa.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun