Mohon tunggu...
Putri Samfiatunsalsabilla
Putri Samfiatunsalsabilla Mohon Tunggu... Mahasiswa - S1

Traveling

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

TEORI PERKEMBANGAN SOSIAL Lev Vygotsky dan Jet piaget

18 Oktober 2024   18:40 Diperbarui: 18 Oktober 2024   18:49 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Teori yang diutus dalam perkembangan sosial Lev Vygotsky berfokus pada interaksi sosial sebagai kunci utama dalam perkembangan kognitif anak.Menurutnya,perkembangan  anak tidak dapat dipisahkan dari lingkungan sosial dan budaya dimana mereka tumbuh.

Zona Perkembangan Proksimal (ZPD)

Adalah konsep inti dari teori Vygotsky,yang merujuk pada jarak antara apa yang dapat dilakukan anak secara mandiri dan apa yang bisa dilakukan anak secara mandiri dan apa yang bisa dilakukan tanpa bantuan orang lain yang lebih berpengalaman melalui scaffolding atau dukungan dari orang dewasa atau teman sebaya yang lebih terampil ,anak anak dapat mencapai potensi mereka yang lebih tinggi.

Beberapa poin penting dari teori vygotsky 1. peran sosial dan budaya perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh interaksi dengan orang lain terutama orang dewasa. 2.zona perkembangan proksimal  (ZPD)

Kemampuan anak berkembang lebih cepat dengan bantuan orang dewasa atau teman sebaya yang lebih terampil.

3.Bahasa dan komunikasi 

Bahasa bukan hanya alat komunikasi tetapi juga alat untuk berpikir dan belajar.

Teori piaget dengan empat perkembangan kognitif 

1.Tahap sensorimotor (0-2 tahun)

Anak belajar melalui pengalaman sensorik dan motorik dengan pemahaman dunia melalui tindakan langsung.

2.Tahap prapoerasional(2-7 tahun)

•Teori perkembangan sosial Lev Vygotsky dan Jean Piaget
teori Perkembangan Sosial Lev Vygotsky Vygotsky berfokus pada interaksi sosial sebagai kunci utama dalam perkembangan kognitif anak.Menurutnya,perkembangan anak tidak dapat dipisahkan dari lingkungan sosial dan budaya di mana mereka tumbuh.
•Zona Perkembangan Proksimal (ZPD)
adalah konsep inti dari teori Vygotsky, yang merujuk pada jarak antara apa yang dapat dilakukan anak secara mandiri dan apa yang bisa dilakukan dengan bantuan orang lain yang lebih berpengalaman melalui scaffolding atau dukungan dari orang dewasa atau teman sebaya yang lebih terampil,anak-anak dapat mencapai potensi mereka yang lebih tinggi.

~Teori Piaget terkenal dengan empat tahap perkembangan kognitif:

1. Tahap Sensorimotor (0-2 tahun):

Anak belajar melalui pengalaman sensorik dan motorik, dengan pemahaman dunia melalui tindakan langsung.

2. Tahap Praoperasional (2-7 tahun): Anak mulai menggunakan simbol, seperti kata-kata dan gambar, namun berpikirnya masih sangat egosentris dan intuitif.

 3. Tahap Operasional Konkret (7-11 tahun):

Anak mulai memahami konsep logis, seperti sebab-akibat dan klasifikasi, namun masih membutuhkan objek nyata untuk berpikir secara logis.

4. Tahap Operasional Formal (11 tahun ke atas):

 Anak mulai berpikir abstrak dan mampu mempertimbangkan hipotesis atau ide-ide teoretis.

-Beberapa poin penting dari teori Piaget: Tahap-tahap Perkembangan:

1.Pembelajar Aktif

2.Adaptasi dan Asimilasi

 ~Perbandingan Teori Vygotsky dan Piaget:
 1. Peran Sosial
 Vygotsky menekankan interaksi sosial sebagai faktor utama dalam perkembangan kognitif, sedangkan Piaget lebih menekankan pada interaksi anak dengan lingkungan fisik.
2. Tahap Perkembangan
Piaget percaya pada tahapan yang tetap dalam perkembangan kognitif, sedangkan Vygotsky melihat perkembangan sebagai proses yang lebih fleksibel dan tergantung pada interaksi sosial serta budaya.
3. Peran Bahasa
Bagi Vygotsky, bahasa adalah alat utama untuk perkembangan kognitif,sedangkan Piaget melihat bahasa sebagai hasil dari perkembangan kognitif, bukan pendorongnya.
 ~Kedua teori ini memberikan pemahaman yang berharga tentang bagaimana anak-anak belajar dan berkembang,meskipun dari perspektif yang berbeda.
Vygotsky melihat pembelajaran sebagai proses sosial, sementara Piaget fokus pada bagaimana anak-anak secara aktif membangun pemahaman mereka melalui eksplorasi dunia di sekitar mereka.
~interaksi sosial sangat berpengaruh dalam membantu anak mengembangkan kemampuan bahasa mereka. Interaksi sosial dengan orang-orang di sekitar anak, seperti teman, guru, atau orang tua, dapat membantu anak dalam:

1.Belajar menyusun kalimat

2.Meningkatkan kejelasan berbicara

3.Belajar memahami perspektif orang lain

4.Belajar memberikan respons yang sesuai

4.Belajar berbicara dengan hormat

Belajar berbagi

5.Belajar berkolaborasi

~Orang tua dapat membantu meningkatkan perkembangan bahasa anak dengan:

 1.Mengenalkan kata sapaan yang baik dan benar

2.Melatih pengucapan kalimat pendek atau sederhana

3.Memberikan model bahasa yang baik

4.Mendorong percakapan antara anak-anak

5.Menggunakan buku cerita atau media digital

teori Vygotsky dan Piaget memiliki perbedaan yang signifikan,keduanya memberikan kontribusi penting dalam pemahaman kita tentang perkembangan anak.
Vygotsky menyoroti pentingnya interaksi sosial.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun