Teori yang diutus dalam perkembangan sosial Lev Vygotsky berfokus pada interaksi sosial sebagai kunci utama dalam perkembangan kognitif anak.Menurutnya,perkembangan  anak tidak dapat dipisahkan dari lingkungan sosial dan budaya dimana mereka tumbuh.
Zona Perkembangan Proksimal (ZPD)
Adalah konsep inti dari teori Vygotsky,yang merujuk pada jarak antara apa yang dapat dilakukan anak secara mandiri dan apa yang bisa dilakukan anak secara mandiri dan apa yang bisa dilakukan tanpa bantuan orang lain yang lebih berpengalaman melalui scaffolding atau dukungan dari orang dewasa atau teman sebaya yang lebih terampil ,anak anak dapat mencapai potensi mereka yang lebih tinggi.
Beberapa poin penting dari teori vygotsky 1. peran sosial dan budaya perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh interaksi dengan orang lain terutama orang dewasa. 2.zona perkembangan proksimal  (ZPD)
Kemampuan anak berkembang lebih cepat dengan bantuan orang dewasa atau teman sebaya yang lebih terampil.
3.Bahasa dan komunikasiÂ
Bahasa bukan hanya alat komunikasi tetapi juga alat untuk berpikir dan belajar.
Teori piaget dengan empat perkembangan kognitifÂ
1.Tahap sensorimotor (0-2 tahun)
Anak belajar melalui pengalaman sensorik dan motorik dengan pemahaman dunia melalui tindakan langsung.
2.Tahap prapoerasional(2-7 tahun)