Mohon tunggu...
Putri Rahayu Lestari
Putri Rahayu Lestari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Sastra Indonesia Unpam

Pecinta Seni Budaya dan Tari Tradisional

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Kesan Religi yang Mendalam Pada Puisi Emak dan Abah Karya E. Nurzaman AM

6 Desember 2023   19:59 Diperbarui: 7 Desember 2023   10:40 162
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(gambar diambil oleh Putri Rahayu Lestari)

Karya sastra diciptakan sebagai bentuk rekaman atau cerminan dari kehidupan pengarangnya. Karya sastra sangatlah beragam seperti halnya puisi. Pasti kalian juga sering mendengar bahkan menyukai salah satu jenis karya sastra ini. Puisi ini merupakan karya sastra yang terikat terhadp rima, irama, bait dan sebagainya yang diutarakan dalam bentuk gaya bahasa. Gaya bahasa yang digunakan dalam puisi mampu mengungkapkan isi pikiran dan hati pengarang.

Kita sebagai pembaca akan ikut merasakan pesan tersembunyi yang ada pada puisi tersebut. Hal tersebut dapat dirasakan pada tiap sentuhan bait puisi yang mengandung rima, irama serta gaya bahasa sehingga memberikan kesan ketika membacanya. Untuk mengetahui makna puisi dalam puisi Emak dan Abah. Puisi yang berjudul "Emak dan Abah" ini  merupakan puisi yang dikarang oleh E. Nurzaman AM. Beliau merupakan dosen di Universitas Pamulang Tangerang Selatan. 

berikut adalah puisi lengkapnya.

                                                                                 Emak Dan Abah

Atas kehendak dan takdir Yang Maha Kuasa 

Karena mereka kini aku berada di alam dunia 

Untuk mengisi kehidupan di alam yang fana 

Tempat mengabdi pada Yang Maha Pencipta 

 

Segalanya mereka pertaruhkan untuk ku 

Teriknya mentari tak membuat hatinya pilu

Dinginnya malam tak membuat raganya kaku 

Mereka telah mendidik bagi jalan kehidupan ku

 

Sudah begitu lama mereka tiada di alam fana 

Sungguh sangat menyesal setelah mereka tiada 

Doa yang tulus selalu kupanjatkan setiap masa 

Diiringi air mata penuh sesal kalau mengingat mereka 

 

Yaa Allah yang Maha Pengampun, ampuni mereka 

Berharap tentram dan damai mereka berada di alam sana 

Tahun berganti tahun usiaku bertambah dan semakin Menua 

Jika saatnya tiba ku berharap dalam ridho Allah yang Maha Esa

 

Pada puisi "Emak dan Abah" menceritakan tentang perjalanan hidup dengan kedua orang tuanya. Puisi ini mengandung unsur kegamaan yang melekat sebab banyak menggunakan diksi "Yang Maha Kuasa", "Yaa Allah", "Allah yang Maha Esa" dan sebagainya. Selain daripada itu puisi ini juga mengandung makna yang dalam untuk kedua orang tuanya yang telah pergi untuk selamanya.

Baris ke 1-4 menggambarkan tentang kelahirannya di dunia yang merupakan takdir Yang Maha Kuasa. Artinya, bagi yang beragama muslim mempercayai bahwa kelahiran kita sebagai manusia merupakan sebuah takdir yang sudah diatur oleh Allah SWT. Selain itu ada tujuan mengapa kita diciptakan atau dilahirkan di kehidupan ini. Pada baik baris ke-4 dijelaskan bahwa kita hidup di dunia ini untuk mengabdi kepada tuhan yang menciptakan kita yaitu Allah SWT.

Pada baris 5-8 ini menjelaskan perjuangan kedua orang tua untuk menghidupi dan mencukupi kebutuhan keluarga terutama anaknya. Pada hal ini dipertegas pada kata "pertaruhkan untuk ku", "Teriknya Mentari", "hatinya pilu ", "raganya kaku", "dinginnya malam" semua dilakukan oleh kedua orang tua untuk kebahagiaan dan kesuksesan anaknya.

Pada baris ke-9 sampai 12 menceritakan tentang kedua orang tuanya yang sudah tiada atau meninggal. Kehilangan kedua orang tuanya ini sungguh sangat membuat hatinya terpukul, menyiksa batin dan yang hanya bisa dilakukan adalah berdoa kepada Tuhan Yang Maha Pencipta yaitu Allah SWT.

Pada bait ke-13 sampai 16 berisi tentang doa yang merujuk kepada sang pencipta yaitu Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Doa ini ditunjukkan untuk kedua orang tuanya agar diampuni segala dosanya, tentram, damai di alam yang sudah berbeda dengannya. Ia berharap di usianya yang semakin menua jika waktunya telah tiba maka ia juga berharap agar bisa dalam keadaan khusnul khotimah.

Itulah isi dari puisi yang berjudul Emak Dan Abah yang sangat religius atau mengandung nilai agama di dalamnya semoga bermanfaat terima kasih

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun