Mohon tunggu...
Putri Nanda Ravina
Putri Nanda Ravina Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Lancang Kuning Provinsi Riau

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning di SMAN 7 Pekanbaru pada Matakuliah Pembelajaran Biologi Inovatif

31 Mei 2024   17:40 Diperbarui: 31 Mei 2024   17:41 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mahasiswa Universitas Lancang Kuning Fakultas Pendidikan dan Vokasi Jurusan Pendidikan Biologi yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMAN 7 Pekanbaru.

Pembelajaran biologi di tingkat SMA memerlukan pendekatan yang inovatif untuk membangun pemahaman yang mendalam dan keterampilan berpikir kritis siswa. Salah satu pendekatan yang efektif adalah model pembelajaran problem based learning (PBL). Artikel ini akan mengeksplorasi penerapan PBL dalam pembelajaran biologi di SMA pada materi Ekosistem.

Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan sebuah model pembelajaran yang diawali dengan masalah yang ditemukan dalam suatu lingkungan untuk mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan yang baru yang dikembangkan oleh siswa secara mandiri. 

Model pembelajaran problem based learning (PBL) menempatkan siswa dalam posisi aktif dalam proses pembelajaran. Guru berperan sebagai fasilitator yang membimbing siswa dalam memecahkan masalah biologi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari atau konteks ilmiah tertentu.

Model pembelajaran problem based learning telah terbukti menjadi model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep-konsep biologi di tingkat SMA. Dengan menempatkan siswa dalam situasi di mana mereka harus menghadapi masalah nyata dan mencari solusi, model ini tidak hanya memperdalam pemahaman konseptual, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan pemecahan masalah.

Secara keseluruhan, penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam pelajaran biologi di SMA dapat membantu siswa mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang konsep-konsep biologi serta keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah yang penting dalam ilmu pengetahuan. Dengan memberikan tantangan yang relevan dan menantang, pendidik dapat mempersiapkan siswa untuk menjadi pembelajaran yang mandiri dan inovatif dalam bidang biologi dan di luar kelas.

dokpri
dokpri

Di SMAN 7 Pekanbaru, siswa di kelas yang penulis terapkan sudah belajar menganai Ekosistem sebelumnya. Akan tetapi, kebanyakan siswa tidak mengingat apa yang sudah mereka pelajari. Oleh karena itu, dengan kedatangan kami yang menerapkan proses pembelajaran menggunakan model problem based learning akan meningkatkan daya ingat siswa mengenai materi Ekosistem. Dimana materi ini akan di jelaskan kembali dan dengan  adanya games membuat siswa lebih semangat dalam belajar.

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun