Mohon tunggu...
Putri Insani Chaniago
Putri Insani Chaniago Mohon Tunggu... Guru - ESSAI

Ade Aisah Putri Insani Chaniago. Tanggal 8 November 1996 adalah pertama kalinya saya menghirup udara di bumi. Tepatnya di salah satu sudut kota Jayapura, Papua. kota paling timur Republik Indonesia. Di kota inilah saya lahir dan besar, menghabiskan sebagian besar masa hidup saya dari timur Indonesia. Saya mengaku orang Papua, meski saya bukan berasal dari salah satu suku asli pulau Papua. Kulit dan rambut saya pun sama sekali berbeda dengan mereka yang adalah orang asli Papua. Tapi, saya lahir dan besar di tanah Papua sehingga saya merasa, Papua adalah tanah tumpah darah saya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Impian Dari Timur Indonesia

26 Mei 2020   14:09 Diperbarui: 26 Mei 2020   16:55 237
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Saat ini mayoritas anak-anak Indonesia, terlebih di Papua, semakin tidak berdaya dengan sistem pendidikan, lingkungan pergaulan yang kurang kondusif untuk mengembangkan diri, minimnya motivasi, dan kurangnya arahan yang jelas terhadap pembangunan karakter sebagai pemimpin masa depan.

Berangkat dari kondisi memprihatinkan ini, perlulah lahirya sebuah gagasan untuk menghadirkan edukasi dan filosofi kehidupan kepada anak-anak melalui “Mimpi Anak Papua”. Papua merupakan daerah yang tertinggal di Indonesia, tetapi tidak menjadi suatu alasan untuk tidak membangun suatu perubahan di Papua khususnya dI ujung timur Indonesia.

Hal ini yang harus diperhatikan, mengapa kita harus memerhatikan Indonesia Timur ? Sebab matahari terbit dari timur, sehingga ada cahaya yang bersinar sebenarnya dari masyarakat Indonesia Timur yaitu Papua. Sebab ada mimpi dari timur Indonesia.

Mimpi merupakan suatu keadaan di mana manusia mengalami suatu kejadian yang memberikan gambaran kehidupan lain yang terkadang yang bisa memberikan makna dalam kehidupan sesungguhnya.  Untuk membangun mimpi itu perlu adanya pendidikan yang berkualitas.

papua-5eccc056d541df1656052ed2.jpg
papua-5eccc056d541df1656052ed2.jpg
Menghadirkan kemajuan di Papua harus dimulai dari kemajuan kualitas pendidikannya. Sebab, tidak ada satu pun Negara maju yang kualitas pendidikannya rendah. Semua tinggi dan semua berkualitas. Artinya, jika ingin memajukan Indonesia, khususnya Papua, maka konstruksi pendidikan yang berkualitas wajib ada dan bisa dinikmati setiap warganya.

Saat ini pendidikan menjadi instrumen penting yang paling dibutuhkan Papua, khususnya di wilayah perkampungan dan pedalaman. Sebab disanalah akar masalah pendidikan Papua yang sebenarnya.

Di kota-kota besar Papua seperti Kota Jayapura, fasilitas sekolah yang memadai dan pendidikan yang berkualitas mulai bisa didapati. Tetapi tidak di kampung-kampung dan wilayah pedalaman Papua. Di sana, fasilitas sekolah yang memadai dan guru-guru berkualitas adalah dua hal yang sama-sama sulit didapati.

Dimana-mana saat kualiatas pendidikan rendah maka akan diikuti dengan tingkat kemiskinan yang tinggi. Ini pula yang terjadi pada Papua. Output dari proses belajar dan yang mengajar tidak optimal membuat peserta didik juga tidak benar-benar terbekali ilmu pengetahuan yang mempuni. Alhasil, daya kognitifitas dari peserta didik akan sangat sulit untuk mencapai level pemahaman, penerapan, analisa, sintesa, hingga evaluasi. Akibatnya ketika memasuki dunia persaingan kerja, mereka akan hanya mengisi level-level yang mengutamakan kekuatan fisik, bukan daya pikir. Sehingga tidak heran jika sampai saat ini, sumber daya alam Papua masih dikuasai korporasi.

Mereka mengupayakan solusi untuk menambal kekurangan guru di kampung-kampung dan pedalaman Papua. Solusi pertama yang dihadirkan adalah merekrut guru-guru lokal, dan yang kedua adalah menghadirkan guru-guru dari program SM3T (Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal) dan GGD (Guru Garis Depan). Namun keduanya menghadapi masalahnya masing-masing.

Rekrutmen guru-guru lokal menghadapi masalah kualitas. Sebab guru-guru yang direkrut mayoritas bertitel di bawah strata satu (S1). Sehingga tidak heran jika persentase pendidik bertitel di bawah S1 sangat besar di Papua. Data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2018 mencatat sebanyak 41,11 persen guru sekolah dasar di Papua masih bertitel di bawah S1, padahal rata-rata nasionalnya hanya 14,01 persen.

Solusi ini memang bisa membantu kekurangan tenaga guru di kampung dan pedalaman Papua, tetapi tidak mampu menghadirkan kualitas pendidikan yang mumpuni. Sehingga sampai saat ini, di kampung-kampung dan pedalaman Papua masih mengalami kelangkaan pendidik berkualitas.

Inilah sebabnya Papua butuh solusi khusus dan serius. Membangun pendidikan di Papua harus dimulai dengan melahirkan pendidik berkualitas yang memahami bahasa dan budaya lokal Papua. Oleh karena itu, satu-satunya jalan adalah memberdayakan pemuda-pemuda lokal yang berkulitas untuk dididik menjadi seorang pendidik.

Untuk mewujudkan itu, maka perlu dan wajib bagi pemerintah membangun universitas besar yang memproduksi guru-guru berkualitas di Papua. Lahirnya universitas ini adalah cikal bakal untuk memproduksi guru-guru berkualitas dalam jumlah banyak, yang paham budaya lokal dan siap mengabdi hingga di pedalaman Papua sekalipun.

Jika kampus ini digarap serius, niscaya kekurangan guru di pedalaman Papua bisa teratasi. Terlebih di kampus inilah pemuda lokal bisa berdaya untuk memberdayakan Papua. Implikasinya, anak-anak pedalaman Papua bisa tercerdaskan dengan budaya yang tetap terjaga.

Dalam implementasinya, memang kampus ini bisa menelan biaya yang cukup besar, dan waktu yang tidak sebentar untuk membangun budaya akademiknya. Tetapi itulah harga yang harus dibayar untuk membumikan pendidikan berkualitas di pedalaman Papua.

Jika masih bertahan pada pola yang sama, niscaya Papua akan semakin tertinggal dan terus berada di bawah bayang-bayang korporasi. Lalu muncul perasaan terdzalimi. Semakin lama semakin memuncak dan akan menjadi bom waktu yang bisa meledak kapan pun.

 Selanjutnya yang tak kalah penting adalah menjamin kesejahteraan guru yang mengabdi di pedalaman Papua. Selama ini guru yang mengajar di pedalaman Papua dipaksa mentalnya lebih tinggi dari pengetahuannya. Dengan akses yang serba sulit, mereka kerap diupahi dengan nominal yang kurang layak, padahal resikonya jauh lebih besar dari guru-guru di perkotaan. Tetapi guru di perkotaan justru diupahi lebih layak.

Oleh karena itu, setelah terbangun universitas khusus guru ini, lulusanya harus benar-benar dijamin oleh pemerintah dengan upah yang sesuai dan tempat tinggal yang layak. Kalau tidak, hijrah masif para guru-guru ke perkotaan akan terjadi lagi dan lagi. Pada akhirnya jika guru di pedalaman Papua telah sejahterah dan diikuti kualitas pendidikan yang mumpuni, maka menghadirkan Papua yang maju bukan lagi mimpi di siang bolong.

Sebab dari proses itulah kelak akan lahir petani-petani terdidik yang kaya inovasi; dokter-dokter yang sigap mengobati; para teknisi yang bisa mengaliri listrik hingga ke rumah-rumah honai; dan ribuan jenis profesi lain yang juga turut memajukan Papua. Lalu yang terpenting, orang-orang Papua bisa menjadi tuan rumah di tanahnya sendiri. Sehingga mengahdirkan generasi-generasi bangsa yang terbaik dan mewujudkan mimpi anak-anak Papua. Karna ada Impian dari Timur Indonesia.

whatsapp-image-2020-05-25-at-23-45-44-5eccc1f9097f362c21161c13.jpeg
whatsapp-image-2020-05-25-at-23-45-44-5eccc1f9097f362c21161c13.jpeg

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun