Pembelajaran berbasis digital adalah hal yang sangat hakiki untuk diimplementasikan dalam dunia Pendidikan di era revolusi industri 4.0, sebagaimana industri 4.0 menitikberatkan terhadap digital. Guru sebagai pendidik mau tidak mau harus peka terhadap teknologi. Pendidik harus siap untuk mengupgrade skill mengajar mereka dengan mempelajari kecanggihan- kecanggihan yang sudah tersedia melalui teknologi informasi, sehingga tidak gagap terhadap perkembangan teknologi. Untuk itu, media pembelajaran berbasis digital dapat menjadi salah satu alternatif bagi guru untuk mengemas materi pembelajaran agar lebih menarik. Pembelajaran menggunakan media digital dapat memfasilitasi peserta didik untuk dapat belajar lebih luas, lebih banyak, dan bervariasi. Adapun beberapa contoh media pembelajaran berbasisis digital yang dapat diterapkan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia ialah sebagai berikut.
1. Wordwall
Pembelajaran berbasis digital berupa Wordwall berperan sebagai digital game-based learning. Wordwall merupakan salah satu media yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran sekaligus alat penilaian. Sebagai platform game edukasi, Wordwall menyediakan layanan pengembangan media pembelajaran gratis untuk para pendidik. (Latifah, 2022). Guru bebas memilih dari berbagai jenis permainan dengan template untuk memasukkan kunci tanya jawab dengan mudah. Permainan edukatif jenis media dipergunakan untuk menyampaikan pedagogi melalui permainan menggunakan tujuan merangsang berpikir serta menaikkan konsentrasi melalui media yang unik dan menarik. Wordwall bisa dipergunakan untuk membuat game edukasi sebagai media pembelajaran seperti kuis, matchmaking, pairing, anagram, pengacakan istilah, pencarian kata, pengelompokan serta lainnya. Berikut ini merupakan tahapan yang dilakukan untuk membuat game digital berbasis Wordwall:
1) Klik link game https://wordwall.net/
2) Klik Sign Up atau daftar lalu isikan nama, alamat email, kata sandi dan lokasi.
3) Klik Create Activity lalu pilih salah satu template yang diinginkan.
4) Masukan judul dan deskripsi permainan.
5) Ketikkan isi konten yang sesuai dengan tipe permainannya. Pada beberapa tipe, akan diperkenankan mengunggah gambar.
6) Klik Done jika telah usai.
2. Canva
Salah satu dari banyaknya aplikasi yang telah hadir dalam dunia teknologi ialah Canva. Canva adalah program desain online yang menyediakan bermacam peralatan seperti presentasi, resume, poster, pamflet, brosur, grafik, infografis, spanduk, penanda buku, bulletin, dan lain sebagainya yang disediakan dalam aplikasi canva. Adapun jenis-jenis presentasi yang ada pada Canva seperti presentasi kreatif, pendidikan, bisnis, periklanan, teknologi, dan lain sebagainya. Adapun kelebihan dalam aplikasi canva dapat dilihat sebagai berikut.
1. Memiliki beragam desain yang menarik
2. Mampu meningkatkan kreativitas guru dan siswa dalam mendesain media pembelajaran karena banyak fitur yang telah disediakan.
3. Menghemat waktu dalam media pembelajaran secara praktis.
4. Dalam mendesain, tidak harus memakai laptop, tetapi dapat dilakukan melalui gawai.
Selain kelebihan yang didapat dalam aplikasi Canva ini, ada juga kekurangan mendasar yang di dapat pada aplikasi ini, yaitu bila ingin menggunakan Canva, setiap pemakai harus mempunyai paket data agar bisa tersambung dan dapat menggunakan Canva, selain itu juga desain yang disajikan dalam aplikasi Canva ada beberapa template yang berbayar, tetapi hal ini tidak menjadi masalah, dikarenakan banyak template yang bagus tetapi gratis saat dipakai.
Cara mendapatkan akses ke Canva ialah dengan mengikuti langkah berikut ini:
- Klik www.canva.com
- Login dengan akun gmail Anda
- Dan Anda sudah berhasil terdaftar di Canva
- Siapkan materi pembelajaran, lalu pilih design presentasi yang diinginkan
- Setelah itu, lakukan pengeditan di Canva.
Daftar Pustaka :
Amaluddin, Machali. 2022. Pemanfaatan Media Digital Sebagai Sarana Pembelajaran di SMA Babussalam Pekanbaru. Proceeding Annual Conference on Madrasah Teacher, 275-286. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Faatin, Rusnilawati. 2022. Pengembangan Media Digital Wordwall Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Materi Operasi Bilangan Kelas VI. Jurnal Teknologi Pendidikan 10 (2), 221-235.
Lubis Syamsidah. 2022. Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan dan Pengelolaan Pendidikan, 2 (12), 1121-1126. STIT Hidayatullah Batam, Indonesia.
Pelangi. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam 8 (2), 79-96. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H