Mohon tunggu...
Sekar PutriDewanty
Sekar PutriDewanty Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi S1 Mercu Buana. NIM 43121120087

Universitas Mercu Buana Jakarta. Jurusan Manajemen, Mata Kuliah Kewirausahaan 1 Dosen Pengampu Prof. Dr, Apollo, M.Si.Ak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Cost-Volume-Profit Analysis

25 Oktober 2023   15:42 Diperbarui: 25 Oktober 2023   15:47 297
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Hallo teman teman kompasiana sekalian, Kali ini saya akan menjelaskan tentang Cost-Volume-Profit Analysis yang akan saya kaitan dengan bisnis donat Monde de Donas .

Apa itu Cost-Volume-Profit Analysis ?

Analisis Cost-Volume-Profit (CVP) atau Analisis Biaya-Volume-Laba adalah metode yang digunakan oleh manajer bisnis untuk mengetahui bagaimana perubahan biaya (baik variabel maupun tetap) dan volume penjualan mempengaruhi laba Perusahaan. Dalam analisis ini, perusahaan mempertimbangkan berbagai variabel, seperti biaya tetap, biaya variabel, harga jual, dan volume penjualan, untuk mengidentifikasi titik impas (break-even point) dan mengukur potensi laba pada berbagai tingkat aktivitas.

Tujuan utama dari analisis CVP yaitu dapat membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih baik terkait dengan harga jual, volume penjualan, dan biaya produksi. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang hubungan antara variabel-variabel ini, manajer dapat mengidentifikasi strategi yang optimal untuk mencapai tujuan laba perusahaan. Analisis CVP juga dapat digunakan untuk mengukur risiko yang terkait dengan keputusan bisnis.

Analisis CVP sering digunakan dalam perencanaan bisnis, pengambilan keputusan tentang harga produk, pengendalian biaya, dan pemantauan kinerja perusahaan. Dalam analisis ini, biaya dikelompokkan menjadi biaya tetap (yang tidak berubah dengan volume penjualan) dan biaya variabel (yang berubah seiring dengan volume penjualan).

Cost-Volume-Profit Analysis juga memiliki komponen, komponen utama perhitungan analisis CVP antara lain yaitu :

  • Volume Penjualan: Merupakan jumlah unit yang diharapkan atau diperkirakan akan terjual dalam periode tertentu.
  • Harga Jual: Harga per unit dari produk atau layanan yang dijual oleh perusahaan.
  • Biaya Tetap (Fixed Costs): Biaya yang tidak berubah seiring dengan perubahan volume penjualan, seperti biaya sewa, gaji tetap, dan asuransi.
  • Biaya Variabel (Variable Costs): Biaya yang berubah sebanding dengan perubahan volume penjualan, seperti biaya bahan baku, biaya produksi, dan komisi penjualan.
  • Laba (Profit): Selisih antara pendapatan total dari penjualan dengan biaya total (biaya tetap dan biaya variabel).

Namun menghitung dengan menggunakan  CVP itu sendiri juga memilliki kelebihan dan kekurangan, kelebihan dan kekurangan itu antara lain :

Kelebihan

  • Membantu dalam pengambilan keputusan
  • Mencapai target keuntungan
  • Perencanaan laba
  • Pengendalian biaya

Kekurangan

  • Tidak mempertimbangkan semua jenis biaya
  • Asumsi sederhana
  • Penerapan terbatas
  • Tidak berlaku dalam jangka Panjang

Dalam menghitung CVP dapat menggunakan 2 cara yaitu dengan menggunakan rumus dasar CVP dan menggunakan rumus utama dalam menghitung analisis CVP. Untuk melakukan perhitungan dengan menggunakan rumus dasar dapat dilakukan dengan rumus sebagai berikut :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun