Mohon tunggu...
Sekar PutriDewanty
Sekar PutriDewanty Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi S1 Mercu Buana. NIM 43121120087

Universitas Mercu Buana Jakarta. Jurusan Manajemen, Mata Kuliah Kewirausahaan 1 Dosen Pengampu Prof. Dr, Apollo, M.Si.Ak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Cost-Volume-Profit Analysis

25 Oktober 2023   15:42 Diperbarui: 25 Oktober 2023   15:47 297
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hallo teman teman kompasiana sekalian, Kali ini saya akan menjelaskan tentang Cost-Volume-Profit Analysis yang akan saya kaitan dengan bisnis donat Monde de Donas .

Apa itu Cost-Volume-Profit Analysis ?

Analisis Cost-Volume-Profit (CVP) atau Analisis Biaya-Volume-Laba adalah metode yang digunakan oleh manajer bisnis untuk mengetahui bagaimana perubahan biaya (baik variabel maupun tetap) dan volume penjualan mempengaruhi laba Perusahaan. Dalam analisis ini, perusahaan mempertimbangkan berbagai variabel, seperti biaya tetap, biaya variabel, harga jual, dan volume penjualan, untuk mengidentifikasi titik impas (break-even point) dan mengukur potensi laba pada berbagai tingkat aktivitas.

Tujuan utama dari analisis CVP yaitu dapat membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih baik terkait dengan harga jual, volume penjualan, dan biaya produksi. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang hubungan antara variabel-variabel ini, manajer dapat mengidentifikasi strategi yang optimal untuk mencapai tujuan laba perusahaan. Analisis CVP juga dapat digunakan untuk mengukur risiko yang terkait dengan keputusan bisnis.

Analisis CVP sering digunakan dalam perencanaan bisnis, pengambilan keputusan tentang harga produk, pengendalian biaya, dan pemantauan kinerja perusahaan. Dalam analisis ini, biaya dikelompokkan menjadi biaya tetap (yang tidak berubah dengan volume penjualan) dan biaya variabel (yang berubah seiring dengan volume penjualan).

Cost-Volume-Profit Analysis juga memiliki komponen, komponen utama perhitungan analisis CVP antara lain yaitu :

  • Volume Penjualan: Merupakan jumlah unit yang diharapkan atau diperkirakan akan terjual dalam periode tertentu.
  • Harga Jual: Harga per unit dari produk atau layanan yang dijual oleh perusahaan.
  • Biaya Tetap (Fixed Costs): Biaya yang tidak berubah seiring dengan perubahan volume penjualan, seperti biaya sewa, gaji tetap, dan asuransi.
  • Biaya Variabel (Variable Costs): Biaya yang berubah sebanding dengan perubahan volume penjualan, seperti biaya bahan baku, biaya produksi, dan komisi penjualan.
  • Laba (Profit): Selisih antara pendapatan total dari penjualan dengan biaya total (biaya tetap dan biaya variabel).

Namun menghitung dengan menggunakan  CVP itu sendiri juga memilliki kelebihan dan kekurangan, kelebihan dan kekurangan itu antara lain :

Kelebihan

  • Membantu dalam pengambilan keputusan
  • Mencapai target keuntungan
  • Perencanaan laba
  • Pengendalian biaya

Kekurangan

  • Tidak mempertimbangkan semua jenis biaya
  • Asumsi sederhana
  • Penerapan terbatas
  • Tidak berlaku dalam jangka Panjang

Dalam menghitung CVP dapat menggunakan 2 cara yaitu dengan menggunakan rumus dasar CVP dan menggunakan rumus utama dalam menghitung analisis CVP. Untuk melakukan perhitungan dengan menggunakan rumus dasar dapat dilakukan dengan rumus sebagai berikut :

Rumus dasar CVP

  • Laba (Profit):
  • Profit = Pendapatan Total -- Biaya Total
  • Total Pendapatan (Total Revenue):
  • Total Pendapatan = Harga Jual per Unit Jumlah Unit yang Terjual
  • Biaya Total (Total Cost):
  • Biaya Total = Biaya Tetap + (Biaya Variabel per Unit Volume Penjualan)
  • Laba Bersih (Net Profit):
  • Laba Bersih = Total Pendapatan -- Biaya Total
  • Titik Impas Tingkat Penjualan (Break Even Sales Volume):
  • Break Even Sales = Biaya Tetap / Contribution Margin
  • Kontribusi Margin per Unit (Contribution Margin per Unit):
  • Kontribusi Margin per Unit = Harga Jual per Unit -- Biaya Variabel per Unit
  • Kontribusi Margin Rasio (Contribution Margin Ratio):
  • Kontribusi Margin Rasio = Kontribusi Margin per Unit / Harga Jual per Unit
  • Titik Impas (Break-Even Point):
  • BEP = Biaya Tetap / Kontribusi Margin per Unit
  • BEP = Harga Jual per Unit Volume Penjualan = Biaya Tetap + (Biaya Variabel per Unit Volume Penjualan)
  • Margin Keamanan (Margin of Safety):
  • Margin of Safety = Penjualan Aktual -- Break-even Sales
  • Tingkat Leverage Operasi (Degree of Operating Leverage):
  • DOL = Contribution Margin/ Penghasilan Bersih

Untuk menggunakan rumus utama terdapat 2 cara untuk menghitung CVP yaitu dengan menggunakan Equation Metode dan Contribution Margin. Penjelasan kedua cara tersebut ialah :

- Equation Metode

Metode equation menghitung analisis dengan berbasis pada laporan laba-rugi perusahaan.

Tujuan paling penting dalam metode ini adalah menemukan quantity atau jumlah target penjualan untuk mencapai target profit/keuntungan. Dengan rumus :

Profit = Unit Contribution Margin x Quantity -- Fixed Expenses

- Contribution Margin

Cara kedua yang bisa digunakan untuk menghitung CVP adalah dengan contribution margin. Contribution margin bisa dikatakan adalah selisih antara total penjualan dan total biaya variabel. Dengan begitu, CM harus melebihi total biaya tetap agar mendapat keuntungan. Rumusnya sebagai berikut :

Breakeven Sales (Rp) = Fixed Cost : Contribution Margin Ratio

Required Sales (Unit) = (Targeted Profit + Fixed Cost) : Contribution Margin Per Unit.

Analisis CVP adalah alat yang kuat untuk membantu perusahaan membuat keputusan finansial yang lebih cerdas dan strategis. Diskusi tentang topik ini dapat membantu pemahaman yang lebih baik tentang cara menerapkan analisis CVP dalam konteks bisnis yang berbeda. Dalam konteks bisnis donat, analisis CVP membantu pemilik atau manajer donat untuk memahami bagaimana perubahan dalam volume penjualan, harga jual donat, dan biaya produksi akan memengaruhi laba perusahaan. beberapa aspek yang relevan dalam analisis CVP pada usaha bisnis donat:

  • Volume Penjualan: Analisis CVP akan mempertimbangkan berapa banyak donat yang diharapkan terjual dalam periode tertentu.
  • Harga Jual: Harga jual per donat akan menjadi faktor penting dalam analisis CVP.

 

  • Biaya Produksi: Biaya produksi donat juga akan dianalisis. Biaya produksi ini dapat mencakup bahan baku, tenaga kerja, biaya overhead pabrik, dan lain-lain. Biaya produksi donat dapat dikelompokkan menjadi biaya tetap dan biaya variabel. Biaya variabel dapat termasuk bahan baku dan tenaga kerja yang berubah dengan volume produksi, sementara biaya tetap tetap konstan.
  • Titik Impas (Break-Even Point): Analisis CVP akan membantu menentukan titik impas di mana pendapatan dari penjualan donat sama dengan biaya produksi dan operasional.
  • Margin Laba Kontribusi: Margin laba kontribusi adalah selisih antara pendapatan dari penjualan dan biaya variabel.

Analisis CVP dapat membantu pemilik bisnis donat untuk membuat keputusan strategis seperti menentukan harga jual yang optimal, mengevaluasi dampak peningkatan atau penurunan produksi, dan merencanakan ekspansi bisnis. Analisis ini juga berguna untuk mengukur risiko dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana faktor-faktor tertentu dapat memengaruhi kinerja bisnis donat serta pemilik usaha donat dapat merencanakan penjualan, mengatur harga jual, dan mengendalikan biaya produksi untuk mencapai target laba yang diharapkan.

Contoh kasus yang menggunakan 2 rumus CVP pada bisnis donat Monde de Donas sebagai berikut :

Ruumus Dasar :

Laba (Profit):

Profit = Pendapatan Total -- Biaya Total

= Rp. 23,500,000 - Rp. 17,500,000

= Rp. 6,000,000

Total Pendapatan (Total Revenue):

Total Pendapatan = Harga Jual per Unit Jumlah Unit yang Terjual

= Rp. 10,000 25 pcs

= Rp. 250,000

Biaya Total (Total Cost):

Biaya Total = Biaya Tetap + (Biaya Variabel per Unit Volume Penjualan)

= Rp. 47,000,000 + ( Rp. 755,000 20 )

= Rp. 47,000,000 + Rp. 15,100,000

= Rp. 62,100,000

Laba Bersih (Net Profit):

Laba Bersih = Total Pendapatan -- Biaya Total

= Rp.23,500,000 -- Rp. 17,500,000

= Rp 6,000,000

Titik Impas Tingkat Penjualan (Break Even Sales Volume):

Break Even Sales = Biaya Tetap / Contribution Margin

= Rp. 47,000,000 / Rp. 14,999,990

=Rp. 3,133,333

Kontribusi Margin per Unit (Contribution Margin per Unit):

Kontribusi Margin per Unit = Harga Jual per Unit -- Biaya Variabel per Unit

= Rp. 10,000 -- Rp. 15,000,000

= Rp. 15,000,000 ( di bulatkan ke atas )

Kontribusi Margin Rasio (Contribution Margin Ratio):

Kontribusi Margin Rasio = Kontribusi Margin per Unit / Harga Jual per Unit

= RP. 15,000,000 / Rp. 10,000

= Rp. 14,900,000

Titik Impas (Break-Even Point):

BEP = Biaya Tetap / Kontribusi Margin per Unit

BEP = Harga Jual per Unit Volume Penjualan = Biaya Tetap + (Biaya Variabel per Unit Volume Penjualan)

BEP = Rp. 47,000,000 / Rp. 15,000,000 = Rp. 3,133,333

BEP = Rp. 10,000 20 = Rp. 200,000

= Rp. 47,000,000 + ( Rp. 755,000 20 )

= Rp. 47,000,000 + Rp. 15,100,000

= Rp. 62,100,000

Margin Keamanan (Margin of Safety):

Margin of Safety = Penjualan Aktual -- Break-even Sales

= Rp. 70,500,000 - Rp. 62,100,000

= Rp. 8,400,000

Tingkat Leverage Operasi (Degree of Operating Leverage):

=DOL = Contribution Margin/ Penghasilan Bersih

= Rp. 14,900,000 / Rp. 23,500,000

= 63,40 %

Rumus Utama

Equation Metode

Profit = Unit Contribution Margin x Quantity -- Fixed Expenses

= Rp. 15,000,000 265 pcs - Rp. 47,000,000

= Rp. 3,975,000,000 -- Rp. 47,000,000

= Rp. 3,928,000,000

Contribution Margin

Breakeven Sales (Rp) = Fixed Cost : Contribution Margin Ratio

= Rp. 47,000,000 / Rp. 15,000,000

= Rp. 3,133,333

Required Sales (Unit) = (Targeted Profit + Fixed Cost) : Contribution Margin Per Unit

= ( Rp. 17,500,000 + Rp. 47,000,000 ) / Rp. 3,133,333

= Rp. 64,500,000 / Rp. 3,133,333

= Rp. 20,585,108

Semua perhitungan di atas dihitung / bulan, karena donat yang di jual memiliki beberapa variasi dan beberapa menu yang di perjualkan di Monde de Donas.

Terima Kasih.

Daftar Pustaka

https://www.jurnal.id/id/blog/cost-volume-profit-cvp/

https://supplychainindonesia.com/analisis-cost-volume-profit-cvp/

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun