Menjelang tahun baru, mungkin perhatian kita akan tertuju pada liburan atau mungkin berburu diskon di berbagai department store atau marketplace. Apalagi jika cuti bersama akhir tahun tidak dipangkas karena kondisi penyebaran Covid-19 yang semakin meluas. Namun bagi beberapa pekerja kantoran, terutama akunting, akhir tahun juga akan dipadati berbagai pekerjaan yang menumpuk, biasanya seputar laporan akhir tahun. Tentu bukan hal yang mudah menyusun laporan akhir tahun, terutama jika data yang digunakan diragukan validitasnya. Proses rekonsiliasi data mungkin sudah sering dilakukan, tapi biasanya tetap saja muncul permasalahan validitas data saat penyusunan laporan.
Permasalahan terkait validitas data akan banyak terjadi jika pencatatan masih dilakukan secara manual karena beberapa faktor berikut:
- Format laporan setiap orang bisa saja berbeda, sehingga menyulitkan proses rekap data
- Human error yang sulit diminimalisir pada pencatatan manual
- Lamanya proses rekap data manual karena data tidak didapat secara real time
- Sangat memungkinkan adanya data yang tidak ter-rekap atau data susulan yang mengharuskan proses rekap data diulang
Hal-hal tersebut dapat diminimalisir dengan penggunaan aplikasi pencatatan transaksi, salah satunya adalah ERP (Enterprise Resource Planning) yang dapat mengintegrasikan semua transaksi menjadi laporan-laporan tertentu. Namun ada baiknya jika memulai implementasi ERP di saat yang tepat seperti pada akhir tahun atau menjelang tahun baru seperti sekarang ini karena:
- Cut off data akan lebih mudah jika dilakukan di awal tahun, karena akan mengoptimalkan data pada tahun berikutnya (data pada ERP dimulai dari Januari)
- Masih ada waktu untuk menyiapkan data yang akan digunakan sebagai data awal pada aplikasi ERP di awal tahun
- User masih memiliki waktu hingga awal tahun untuk beradaptasi dengan aplikasi ERP yang digunakan
Proses implementasi ERP biasanya dilakukan dalam jangka waktu yang tidak sebentar, namun jika kita memulainya di saat yang tepat, akan mendatangkan banyak keuntungan, salah satunya terkait dengan validitas dan kecepatan data pada laporan yang diperlukan, sehingga momen menjelang tahun baru tidak menjadi momen yang dipadati dengan aktifitas lembur menyusun laporan. Dengan aplikasi ERP, laporan terbentuk secara otomatis dari aktifitas transaksi.
Memilih aplikasi ERP yang tepat juga harus dipertimbangkan dengan baik, pilihlah aplikasi yang cocok dan sesuai dengan bisnis. Jika terdapat kenunikan proses bisnis, carilah aplikasi ERP yang customable, sehingga dapat mengakomodir proses tersebut seperti Sivensys ERP yang merupakan produk unggulan perushaan lokal asli Indonesia, yaitu PT Siven Teknologi Informasi.
Semoga bermanfaat.
erp manufaktur
aplikasi rumah potong ayam
mobile application, web application
e-commerce
erp tekstil, erp textile, erp garment
erp trading, erp distributor
multi branch erp
sivensys erp
sivensys.com
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H