Perkembangan teknologi yang semakin pesat, membuat aktivitas manusia menjadi lebih mudah. Salah satunya pada bidang bisnis. Beberapa tren bisnis digital berikut ini bisa kamu manfaatkan untuk memasarkan produkmu. Berikut tren bisnis digital yang menjanjikan di Indonesia.
1. Influencer Marketing
Kamu bisa bekerja sama dengan influencer yang dirasa cocok bidangnya dengan produkmu. Cara ini sangat efektif untuk menjangkau audiens baru bahkan mampu meningkatkan penjualan produk.
2. Marketplace
Tren masyarakat Indonesia saat ini lebih senang melakukan transaksi jual beli secara daring. Pastikan kamu bisa mengoptimalkan penggunaan marketplace dengan baik.
3. Fintech
Pembayaran dan transaksi kini lebih sering dikenal dengan cashless menggunakan layanan pembayaran digital. Selain praktis, terkadang penyedia layanan keuangan digital memberikan banyak promo untuk penggunanya.
4. Pelatihan Daring
Kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pengembangan diri juga didukung dengan
menjamurnya kehadiran pelatihan daring. Tidak hanya untuk bidang ilmu tertentu, pelatihan seputar keterampilan untuk bekal saat bekerja juga mudah ditemukan. Pelatihan daring ini bisa diakses di manapun dan kapan pun olehmu.
5. Pemasaran Konten
Dengan cara ini, kamu bisa terfokus untuk memproduksi berbagai konten berupa foto atau
video. Menggunakan cara pemasaran konten, kamu bisa berkreasi untuk menghasilkan konten yang informatif. Semakin baik konten yang kamu buat, semakin besar juga jangkauan yang akan kamu raih.
Selaku pelaku bisnis, kamu bisa memanfaatkan tren digital berikut ini untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Pahamilah tren yang berlaku untuk terus berinovasi memanfaatkan teknologi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H