Mohon tunggu...
Steve DharmaSandika
Steve DharmaSandika Mohon Tunggu... Operator - Jr.Order processing Executive

Hanya seseorang karyawan swasta yang memiliki hobi untuk berbagi pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Brand Awareness dan Cara Meningkatkannya

8 Desember 2022   17:13 Diperbarui: 14 Desember 2022   13:37 161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Seiring berkembang pesatnya dunia E-Commerce dan online marketing di seluruh dunia, kini seluruh lapisan masyarakat dapat melakukan transaksi jual-beli dimanapun dan kapanpun dengan mudah dan aman. 

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan fasilitas aplikasi Marketplace. Dengan Marketplace, kini masyarakat dapat menjual produknya dengan mudah dan efisien tanpa membutuhkan modal usaha yang besar seperti berjualan secara offline atau konvensional.

Tapi, apakah semudah itu berjualan secara online?

Dengan semakin mudahnya akses masyarakat untuk melakukan penjualan secara online, maka muncul advantage dan tantangan bagi para new joiner yang mulai mencoba berjualan secara online pada Marketplace. salah satunya adalah semakin ketatnya persaingan usaha pada pasar produk yang sama. Persaingan ini tidak dapat dihindari tapi dapat kita mengatasi hal ini dengan meningkatkan Brand Awareness produk kita di pasar yang kita tuju.

Apa itu Brand Awareness?

Brand Awareness merujuk kepada keakraban calon konsumen kepada produk atau layanan tertentu. Maka, Brand Awareness Campaign atau kampanye kesadaran merek adalah kegiatan untuk memperkenalkan produk kita kepada masyarakat luas dengan tujuan memberikan pengetahuan dasar mengenai produk kita dan menciptakan hubungan informatif kepada calon konsumen.

Produk dengan Brand Awareness yang baik berpeluang besar untuk menguasai sebagian besar pasar untuk produk tersebut dan memberikan peluang lebih untuk menciptakan advantage bagi company/pengusaha tersebut  mendapatkan kepercayaan masyarakat untuk produk lainnya di pasar yang berbeda. Sebagai Contoh : Indofood dengan indomienya, danone dengan aquanya.

Lalu, Bagaimana cara meningkatkan Brand Awareness bagi produk yang ingin kita pasarkan?

Meningkatkan Brand Awareness merupakan salah satu strategi usaha untuk meningkatkan penjualan dan menciptakan Public Trust (Kepercayaan Masyarakat) kepada usaha kita dan produk-produk yang kita pasarkan, untuk meningkatkan Brand Awareness, Kita dapat melakukan beberapa strategi berikut ini :

1. Fokus Pada Produk

Strategi Brand Awareness yang baik berkisar pada produk yang kuat. Kita perlu memastikan bahwa produk yang kita pasarkan merupakan jawaban atas apa yang pasar butuhkan, dan masyarakat bisa mendapatkannya dengan lebih mudah dibandingkan produk milik kompetitor.
Fokus pada membuat nilai produk yang menarik,unik, dan merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh pasar.

2. Fokus Pada Positioning dan Personalitas

Brand Image merupakan salah satu hal yang penting untuk meningkatkan Brand Awareness  bagi produk yang akan kita pasarkan,. Sehingga Brand Image harus melekat kepada Produk yang akan kita pasarkan untuk menjadi keyword bagi calon konsumen yang sedang membutuhkan produk kita. 

Sebagai contoh : "Aqua" memposisikan dirinya sebagai brand air mineral terbaik di Indonesia dengan kualitas air pegunungan yang murni. Ini menciptakan Positive Image di masyarakat dan menarik sebagian besar konsumen pasar untuk membeli "Aqua" sebagai air mineral utama mereka.

3. Memberikan Giveaway dan Promo Menarik

Memberikan "Produk" kita secara gratis tidak serta merta menurunkan tingkat penjualan kita dengan berkurangnya persediaan barang dagang kita. Tetapi, memberikan Produk secara cuma-cuma bisa menjadi dorongan emosional yang kuat bagi calon konsumen untuk mencoba produk yang kita berikan meskipun produk tersebut bukanlah yang konsumen butuhkan. 

Memberikan Giveaway secara terbatas memberikan kesadaran masyarakat bahwa produk tersebut bernilai tinggi dan langka, sehingga memacu calon konsumen untuk mengikuti program tersebut. Di sisi lain, program giveaway juga salah satu cara untuk memberikan Product Knowledge kepada calon konsumen.

4. Melakukan Colaboration Dengan Merek Yang Lebih Terkenal

Melakukan kerjasama dengan Merek yang lebih terkenal memberikan Exposure yang baik bagi produk yang kita pasarkan, Karena Merek yang lebih terkenal memiliki jumlah potensi pembeli yang lebih besar dan lebih luas dibandingkan produk kita. maka, dengan bekerja sama dalam bentuk pembuatan produk gabungan, promosi bersama, dan melakukan Bundling Product dapat meninghkatkan exposure dan mendatangkan calon konsumen baru bagi produk kita.

5. Melakukan Digital Advertising

Dengan masifnya penggunaan Media Sosial di seluruh dunia, kita dapat mengambil kesempatan untuk melakukan Promosi dan memberikan Product Knowledge kepada masyarakat yang lebih luas lagi. Berinvestasi dengan membuat video promosi yang proper, dan membuat akun bisnis pada tiap media sosial adalah salah satu hal yang membantu kita untuk menciptakan Brand Image yang baik di dalam pasar.

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan Brand Awareness  yang baik bagi produk kita. Brand Awareness menjadi salah satu alat untuk memenangi persaingan didalam pasar.  Tapi, Konsistensi dan Manajemen yang baik juga adalah hal yang Vital bagi kelangsungan hidup Usaha kita.

Ditulis Oleh :
Steve Dharma Sandika
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Prodi S1 Akuntansi
Universitas Pamulang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun