Mohon tunggu...
Anida Putri Pausia
Anida Putri Pausia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya mempunyai hobi bermain Volly,dan saya senang Membuat Konten dance tiktok

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dasar-dasar Pemasaran

22 Maret 2024   10:22 Diperbarui: 22 Maret 2024   10:36 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1.*Pentingnya pemasaran*

          Pemasaran sangat penting karena merupakan proses untuk mempromosikan dan menjual produk atau jasa kepada konsumen. Pemasaran juga membantu bisnis untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan.

    Pemasaran juga memainkan peran penting dalam membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan menciptakan loyalitas merek.

2. * Ruang lingkup pemasaran

     Ruang lingkup pemasaran mencangkup berbagai aktivitas dan strategi yang dilakukan untuk mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan produk atau jasa kepada konsumen. Ini meliputi penelitian pasar, pengembangan produk ,penetapan harga, promosi, distribusi, dan pelayanan pelanggan. Jadi ruang lingkup pemasaran sangat luas dan mencakup berbagai aspek untuk mencapai tujuan pemasaran suatu perusahaan.

3. * Konsep-konsep dasar dalam pemasaran

         

  kebutuhan, keinginan, dan permintaan :

     Kebutuhan adalah keadaan ketika seseorang merasa kurang atau membutuhkan sesuatu, Keinginan adalah keinginan untuk memenuhi kebutuhan tertentu, sedangkan permintaan adalah keinginan untuk memiliki produk atau jasa tertentu dan bersedia membayar untuk mendapatkannya.

produk : 

   Ini mengacu pada apa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada konsumen termasuk fitur, kualitas, desain, merek ,dan lainnya.

nilai ,manfaat, dan kepuasan:

Mematikan produk atau jasa memberikan nilai dan manfaat yang memuaskan bagi konsumen.

pertukaran dan transaksi:

Pemasaran melibatkan pertukaran produk atau jasa antara perusahaan dan konsumen

pasar dan segmentasi pasar:

 Memahami pasar dan membaginya ke dalam segmen-segmen berdasarkan karakteristik konsumen

posisi dan pemosisian

 Menentukan bagaimana produk atau jasa diposisikan di benak konsumen dibandingkan dengan pesaing

bauran pemasaran ( marketing mix) :

Mengelola empat elemen utama pemasaran, yaitu produk (product) , harga (price), distribusi (place) , dan promosi ( promotion)

hubungan dan pemasaran relasional :

Membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen untuk meningkatkan loyalitas dan retensi

pemasaran sosial dan tanggung jawab sosial :

Mengaplikasikan prinsip pemasaran untuk mempromosikan perubahan sosial atau perilaku yang lebih baik

4.*manajemen perusahaan berubah

   Manajemen perusahaan berubah melalui:

  teknologi :

Adopsi teknologi informasi dan digitalisasi

globalisasi :

Strategi bisnis yang lebih internasional

kepemimpinan :

Gaya kepemimpinan kolaboratif dan inklusif

fokus pelanggan : perusahaan kini lebih berfokus pada kebutuhan dan keinginan pelanggan, dengan memprioritaskan pengalaman pelanggan dan retensi

keberlanjutan dan tanggung jawab sosial :

Peningkatan kesadaran tentang pentingnya praktik bisnis yang berkelanjutan dan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/ CSR)

struktur organisasi :

Struktur yang lebih fleksibel dan terdesentralisasi

analisis data :

Keputusan berbasis data dan big data

inovasi :

Dorongan untuk berinovasi dan adaptasi

manajemen risiko :

Strategi manajemen risiko yang efektif

Perubahan-perubahan ini menekankan pentingnya adaptabilitas, inovasi, dan responsivitas dalam manajemen perusahaan modern.

5.* Tugas yang diperlukan untuk manajemen perusahaan berhasil.

penelitian pasar:

Mengidentifikasi kebutuhan dan preferensi pelanggan serta analisis pesaing

perencanaan strategis : menetapkan tujuan, target pasar, dan strategi pemasaran .

penciptaan produk atau jasa :

 Mengembangkan produk atau jasa yang memenuhi kebutuhan pelanggan

penetapan harga :

Menentukan strategi harga yang tepat berdasarkan analisis biaya, permintaan, dan posisi pasar.

distribusi atau penyaluran :

Menentukan saluran distribusi yang efisien untuk mencapai target pasar

promosi dan komunikasi :

Mengembangkan dan melaksanakan kampanye promosi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran dan penjualan.

pengukuran dan analisis kinerja :

Mengukur efektivitas strategi pemasaran dan melakukan penyesuaian berdasarkan hasil analisis.

Dengan menjalankan tugas-tugas ini dengan baik manajemen pemasaran dapat mencapai keberhasilan dalam mencapai target penjualan dan pertumbuhan bisnis.

      

    

      

   

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun